Sistem restore merupakan salah satu fitur yang ada di Windows 10 yang memang sangatlah penting untuk digunakan. Fitur ini sendiri memiliki fungsi untuk mengembalikan pengaturan atau aktivitas pada kondisi sebelumnya, atau saat menetapkan waktu system restore tersebut. Bisa dikatakan, system restore ini adalah pertolongan pertama jika sistem operasi Windows Anda mengalami masalah, seperti tidak dapat login ke Windows dan masalah sistem lainnya.

Nah, jika sistem restore ini mengalami masalah, seperti hang saat digunakan, maka ini tentunya tidak dapat mengembalikan pengaturan Anda sebelumnya. Kalau ternyata memang Anda mengalami masalah demikian, maka Anda bisa mengikuti beberapa cara di bawah ini.

Mengatasi masalah sistem restore yang hang

Kalau terjadi masalah seperti ini pada saat Anda mengalami melakukan sistem restore, sebaiknya jangan langsung mematikan komputer Anda. Biarkan dulu selam 5 menit, kalau mengalami hang. Kalau masih juga mengalami hang, maka Anda tunggu lagi sampai kira-kira 1 jam. Karena, kalau Anda menutup atau mematikan komputer, maka itu bisa merusak sistem secara kesuluruhan.

Jika sistem restore pada komputer Anda mengalami hang, maka Anda bisa mencoba beberapa cara berikut ini untuk menjaga sistem operasi tetap aman.

1. Tekan tombol power selama 10 detik

Kalau Anda sudah menunggu dalam waktu yang sangat lama, tapi sistem restore masih tetap stuck atua hang, maka Anda perlu melakukan hard shutdown, atau mematikan paksa komputer. Caranya itu adalah dengan menekan tombol power selama 10 detik. Setelah komputer mati, silahkan Anda ikuti langkah-langkah berikut ini:

Langkah pertama: Komputer tidak disertai dengan disk Instalasi Windows, itu berarti Windows 10 Anda memiliki backup sistem sendiri. Berikut adalah cara-cara mengembalikan backup sistem tersebut.

  • Setelah melakukan hard shutdown, tekan tombol F12 untuk boot ke menu Boot Priority.
  • Selanjutnya, pilih System Recovery wizard.
  • Dari System Recovery wizard tersebut, silahkan Anda lakukan system restore.

Langkah 2: Anda memiliki file instalasi Windows 10, tapi hilang. Untuk itu, Anda bisa membuat file instalasi baru ke DVD atau flashdisk menggunakan komputer lainnya. Setelah itu, silahkan booting dengan menggunakan file instalasi Windows 10 tersebut, lalu masuk ke Advance Recovery Mode. Pada halaman ini, Anda bisa memilih system restore, atau melakukan reset Windows 10.

2. Melakukan Automatic Repair

Kalau Anda sudah menunggu dalam waktu yang cukup lama untuk system restore yang hang, maka Anda bisa melakukan hards shutdown pada sistem seperti pada cara pertama di atas. Saat Anda kembali menghidupkan komputer, maka Anda akan langsung masuk ke dalam Automatic Startup Repair. Sistem operasi pun akan mulai mendeteksi file yang mengalami kerusakan, dan melakukan perbaikan secara otomatis.

3. System Restore di Safe Mode

Sistem restore ini bisa juga Anda lakukan melalui halaman Safe Mode. Untuk bisa booting ke safe mode Windows 10, maka Anda bisa membaca artikel Saya sebelumnya yang berjudul ‘3 cara mudah masuk ke safe mode Windows 10’.

Setelah berada di dalam safe mode, silahkan Anda cari tool system restore di start menu, lalu jalankan.

Semoga bisa membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY