Printer merupakan alat cetak baik itu dokumen, gambar, dan lainnya. Printer ini sendiri banyak ditemukan pada perkantoran yang memang membutuhkan banyak dokumen kertas untuk diberikan kepada klien. Biasanya printer ini sendiri disharing untuk beberapa komputer. Tapi, printer ini sendiri tidak hanya ada pada perkantoran, tapi juga ada untuk pengguna peroranga yang menggunakan komputer di rumah.

Walaupun printern ini memiliki banyak sekali manfaat, tapi tentunya tidak lepas juga dari beberapa masalah umum. Salah satu masalah yang banyak dikeluhkan oleh para pengguna printer yang akan Saya bahas kali ini adalah, munculnya pesan error ‘Port in use, please wait’. Pada pesan itu memang tertulis ‘Please wait’, tapi berapa lama pun Anda menunggu, tetap tidak ada hasil dan printer pun tetap tidak bisa digunakan sama sekali. Namun, untuk smartphone yang terhubung dengan printer via wireless tetap bisa mencetak.

Kalau Anda mengalami masalah serupa, itu berarti ada masalah antara printer dengan komputer yang Anda gunakan.

Cara mengatasi pesan error printer ‘Port in use, please wait’

Untuk langkah awal dalam menangani masalah ini, Anda bisa mencoba menggunakan fitur Printer Troubleshooter. Tapi, kalau langkah awal ini tidak memberikan hasil terbaik, maka Anda bisa mencoba cara-cara di bawah ini:

  • Silahkan Anda melakukan pengaturan atau konfigurasi pada Port yang tepat untuk printer di komputer Anda. Untuk melakukan konfigurasi ini dengan cepat, maka silahkan Anda uninstall driver printer, lalu install kembali driver printer yang telah Anda download dari situs resmi vendor printernya.
  • Kalau cara di atas masih belum bisa berhasil, maka silahkan Anda memilih port tersebut secara manual melalu pengaturan komputer Windows 10 Anda. Silahkan Anda buka Start Menu, lalu ketikkan Driver dan Printer. Selanjutnya, silahkan Anda klik kanan nama dari Printer yang ada pada daftar tersebut, lalu pilih Properties.

  • Setelah halaman Properties sudah terbuka, silahkan Anda klik pada tab Ports, dan lihat daftar port tersebut apakah sudah sesuai dengan konektivitas yang Anda gunakan di komputer.

  • Kalau komputer Anda terhubung dengan printer menggunakan USB, maka seharusnya akan tercentang pada port yang bernama USB or DOT 4 yang bisa Anda lihat pada kolom Description.
  • Di sisi lain, jika printer menggunakan koneksi jaringan, port memiliki keterangan, WSD, Network, atau IP.
  • Untuk menetapkan ke port yang tepat, silahkan Anda berikan tanda centang pada port yagn tepat, lalu klik tombol ‘OK’ untuk menerapkan perubahan.

Kalau cara-cara di atas memang belum bisa berhasil, maka silahkan Anda lakukan update driver melalui menu Device Manager.

Akhir kata

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah printer tidak bisa mencetak dengna pesan error ‘Port in use, please wait’ di Windows 10. Kalau Anda memiliki tambahan, pendapat, atau pertanyaan seputar artikel di atas, silahkan Anda untuk menuliskannya pada kolom komentar yang ada di bawah ya!

Semoga bisa membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY