Berbicara masalah gangguna pada sistem operasi Windows, salah satunya itu adalah penggunaan processor (CPU) yang terlalu tinggi. Hal ini tentunya akan mempengaruhi kinerja dari komputer yang menjadi lebih lambat, komputer mengeluarkan suara yang kencang karena putaran kipas (fan) yang lebih kencang, dan suhu panas yang berlebihan.

Berbicara mengenai penggunaan CPU tinggi (CPU Usage) seperti ini, maka salah satu proses yang banyak dikeluhkan oleh para pengguna adalah Windows Image Acquisition.

Windows Image Acquisition merupakan model dari driver yang memiliki tanggung jawab untuk proses komunikasi antara sistem dan hardware output. Terjadinya peningkatan penggunaan CPU dan juga disk yang tinggi pada proses tersebut, banyak dialami oleh para pengguna sistem operasi Windows 10. Kalau Anda termasuk sebagai salah satu pengguna yang mengalami masalah tersebut, maka silahkan Anda ikuti beberapa tips di bawah ini untuk mengatasinya.

Penggunaan CPU dan Disk yang tinggi pada Windows Image Acquisition

Seperti yang telah kami jelaskan di atas, penyebab atau alasan dari masalah ini umumnya karena hardware komputer atau pun driver. Untuk menyelesaikan masalah tersebut, maka Anda bisa melihat beberapa caranya di bawah ini:

  1. Restart service Windows Image Acquisition

  • Silahkan Anda tekan Win + R, lalu ketikkan services.msc pada kolom RUN, dan tekan Enter untuk membuka jendela Windows Services.
  • Kemudian cari Windows Image Acquisition Services dan klik kanan pada services tersebut, lalu pilih opsi Restart.
  1. Jalankan scan SFC

Pada beberapa artikel sebelumnya, Saya sudah banyak menjelaskan mengenai fungsi dan juga cara kerja dari scan SFC ini. Jadi, untuk permasalahan ini Anda juga sebaiknya menjalankan juga scan SFC tersebut untuk memeriksa file-file yang mungkin mengalami kerusakan.

  1. Cabut dan pasang kembali hardware output, lalu update atau install kembali drivernya

Kemungkinan masalah ini ada pada hardware yang membuat sistem operasi Windows 10 Anda tidak bisa membacanya, sehingga menyebabkan masalah pula pada service Windows Image Acqusition tersebut. Maka dari itu, Anda bisa mencabut hardware output seperti printer, scanner, webcam atau pun lainnya, yang terpasang lalu pasang kembali setelah beberapa saat.

Di samping itu pula, Anda sebaiknya melakukan update atau install kembali driver dari semua perangkat tersebut. Pastikan driver yang Anda install itu adalah driver asli bawaan dari hardware, atau Anda bisa mengunjungi web resmi dari hardware tersebut untuk mendapatkan versi aslinya.

  1. Update driver VGA

Kalau dengan melakukan langkah ketiga di atas, masih juga belum bisa menyelesaikan masalah Anda, maka Anda perlu melakukan update driver VGA juga. Untuk update driver VGA ini, silahkan Anda baca artikel Saya sebelumnya yang berjudul, cara update driver VGA Card di Windows 10.

Akhir kata

Nah, itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi penggunaan CPU yang tinggi pada Windows Image Acquisition.

Selamat mencoba dan semoga bisa membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY