Menggunakan komputer, seperti PC atau laptop untuk berinternet memang lebih menyenangkan dibandingkan dengan smartphone. Pasalnya, ukuran layar atau monitor yang lebih lebar tentunya bisa memberikan pengalaman lebih baik saat berinternet. Akan tetapi, untuk pengguna sistem operasi Windows 10 memang terkadang mengalami beberapa masalah saat mencoba mengakses internet. Di mana adapter jaringan, khususnya untuk pengguna kabel jaringan.

Cara mengatasi masalah Network Adapter yang hilang di Windows 10

Beberapa pengguna sistem operasi Windows 10 menemukan masalah, pada saat ingin terhubung ke jaringan menggunakan kabel, tapi Network Adapter tidak muncul atau hilang. Sebagai langkah awal penanganan, Anda bisa mengecek kabel jaringan (LAN) yang terhubung ke komputer dan router, apakah sudah terpasang dengan benar. Anda juga bisa mencoba untuk mengganti kabel jaringan yang Anda gunakan tersebut. Coba juga untuk melakukan reboot pada router dan komputer Anda.

Jika langkah-langkah sederhana di atas belum menyelesaikan masalah, maka Anda bisa mencoba beberpa metode di bawah ini.

Cara 1: Update driver jaringan

Masalah ini mungkin terjadi, karena driver jaringan yang Anda gunakan sudah tidak kompatibel dengan update-update terbaru dari sistem operasi Windows 10 saat ini. Untuk itu, Anda bisa melakukan update driver jaringan dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Tekan tombol Windows + R untuk membuka kolom RUN, lalu ketikkan devmgmt.msc dan tekan tombol Enter untuk membuka Device Manager. Atau Anda bisa juga menekan tombol Windows + X, lalu pilih Device Manager dari daftar yang muncul.
  • Di halaman Device Manager ini, silahkan Anda cari Network Adapters dari daftar. Selanjutnya, silahkan Anda klik kanan pada nama driver jaringan Ethernet yang Anda gunakan, lalu pilih opsi Update driver.
  • Akan muncul halaman pop up dengan pertanyaan How do you want search for the drivers?, maka Anda lanjut saja memilih opsi Search automatically for updated driver software.

Dari sini, proses update dan instalasi driver pun akan berjalan secara otomatis, Anda cukup mengikuti perintah yang muncul jika driver terbaru yang kompatibel sudah ditemukan.

Setelah itu, pastikan untuk melakukan restart pada komputer Anda.

Cara 2: Rollback driver

Kalau masalah ini muncul setelah Anda melakukan update, maka Anda perlu melakukan rollback driver atau mengembalikan versi driver ke versi sebelumnya. Langkah-langkahnya bisa Anda ikuti di bawah ini:

  • Silahkan Anda buka Device Manager kembali seperti pada cara pertama di atas.
  • Pada halaman Device Manager ini, silahkan Anda klik Network Adapters, lalu klik dua kali pada nama driver Ethernet jaringan Anda untuk membuka halaman Properties.
  • Pada halaman Properties, Anda lanjut dengan mengklik Driver. Kemudian, klik pada Roll Back Driver, lalu klik OK. Dari sini, Anda tinggal mengikuti petunjuk yang muncul, maka driver Anda pun akan dikembalikan ke versi sebelumnya.
  • Setelah selesai, silahkan Anda tutup halaman Device Manger, dan pastikan untuk melakukan restart pada komputer.

Cara 3: Uninstall dan install kembali driver jaringan

Masalah ini juga bisa terjadi kalau driver sudah mengalami kerusakan file. Untuk memperbaiki file-file yang rusak tersebut, cara terbaik adalah dengan melakukan uninstall driver lalu menginstall kembali. Langkah-langkah melakukan uninstal dan install kembali driver jaringan bisa Anda lihat di bawah:

  • Masuk kembali ke Device Manager seperti pada langkah-langkah di atas.
  • Kemudian, klik pada Network Adapter, lalu klik pada nama driver Adapter jaringan yang Anda gunakan. Kemudian, Anda pilih pada opsi Uninstall device.
  • Setelah pproses uninstall driver selesai, silahkan Anda restart komputer Anda restart dulu komputer Anda. Pada saat proses login kembali, biasanya komputer Windows 10 akan mencari dan menginstall kembali driver yang tidak lengkap dengan sendirinya.
  • Tapi, kalau setelah restart, driver belum terinstall, maka Anda lakukan secara manual, dengan masuk ke dalam Device Manager kembali, lalu klik pada menu Action yang ada dibagian atas. Lalu pilih pada opsi Scan for hardware changes.
  • Maka proses ini akan mencari driver yang tidak lengkap dan melakukan proses instalasi kembali.
  • Kalau masih belum terinstall juga, maka klik menu View pada halaman Device Manager, lalu pilih pada opsi Show hidden device, untuk menampilkan driver yang tersembunyi.
  • Silahkan Anda cari driver jaringan Anda, yang akan muncul tanpa nama tapi dengan tanda seru segitiga berwarna kuning. Klik kanan pada driver tersebut, lalu pilih pada opsi Update driver software.
  • Pada halaman pop up How do you want search for the drivers?, Anda tinggal memilih opsi Search automatically for updated driver software.
  • Proses ini akan bekerja secara otomatis mencari driver yang kompatibel. Kalau driver sudah ditemukan, maka Anda tinggal mengikuti proses yang diberikan.
  • Jika sudah, maka pastikan untuk melakukan restart pada komputer Anda.

Cara 4: Jalankan System Restore

Jika Anda pernah membuat system restore point sebelum masalah ini terjadi, maka Anda bisa memanfaatkan titik restore tersebut untuk mengembalikan semua pengaturan sebelum masalah ini terjadi. Langkah-langkah menjalankan system restore point adalah sebagai berikut:

  • Tekan Windows + R untuk membuka halaman RUN, dan ketik sysdm.cpl dan tekan Enter.
  • Klik pada System Protection, dan kemudian klik System Restore. Lalu, klik lagi pada opsi Choose a different restore point, dan klik Next.
  • Langkah selanjutnya, silahkan Anda pilih tanggal dari system restore yang Anda inginkan, lalu klik tombol Next.
  • Klik pada tombol Finish untuk menyelesaikan proses, maka komputer Anda pun akan direstart, yang nantinya saat login kembali, akan masuk ke titik restore yang Anda pilih. Proses ini sendiri memang terbilang cukup lama, jadi Anda pastikan komputer Anda tidak dimatikan (shutdown) saat proses ini berjalan.

Akhir kata

Itulah beberapa cara atau metode yang bisa Anda lakukan jika Network Adapter di komputer Windows 10 Anda hilang. Kalau Anda memiliki metode lain atau pertanyaan seputar artikel di atas, maka Anda bisa menuliskannya pada kolom komentar yang telah kami sediakan di bawah.

Semoga membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY