USB merupakan salah satu bagian dari PC atau laptop yang sangatlah berguna. Pasalnya, hampir semua perangkat eksternal yang terhubung ke PC atau laptop itu akan melalui port tersebut. Sebut saja salah satunya adalah media penyimpanan eksternal seperti hardisk eksternal dan juga flashdisk. Di jaman sekarang ini, port USB ini pun dimanfaatkan untuk menghubungkan perangkat smartphone dengan PC atau laptop. Di mana hal ini biasanya ditujukan untuk berbagi file, atau pun untuk proses tethering internet.

Namun, beberapa pengguna komputer dengan sistem operasi Windows 10 terkadang mengalami masalah saat tethering melalui USB Smartphone. Di mana komputer tidak dapat mengakses komputer.

Mengatasi masalah tethering USB tidak berfungsi di Windows 10

Ada banyak sekali penyebab masalah USB tethering yang tidak berfungsi pada komputer dengan sistem operasi Windows 10 tersebut. Seperti, driver USB yang tidak berfungsi, kuota internet di smarpthone tidak memadai, dan berbagai hal lainnya yang tentunya perlu untuk dilakukan pengamatan lebih detail lagi.

Kalau Anda termasuk sebagai salah satu pengguna komputer dengan sistem operasi Windows 10, dan mengalami masalah tersebut saat ingin melakukan tethering USB di smarpthone, maka Anda bisa mencoba beberapa cara di bawah ini untuk mengatasinya:

1. Instal/update Adaptor RNDIS USB

Remote Network Driver Interface Specification atau lebih disingkat dengan RNDIS driver, kemungkinan menjadi salah satu penyebab proses USB tethering tidak berfungsi pada komputer. Untuk itu, Anda perlu melakukan penginstall kembali driver atau melakukan update driver. Langkah-langkah update driver RNDIS USB, bisa Anda simak di bawah ini:

  • Tekan tombol Win + X pada keyboard, lalu pilih pada opsi Device Manager dari daftar yang muncul. Setelah halaman Device Manager terbuka, silahkan Anda lanjut dengan mengklik opsi Network adapters, kemudian klik kanan pada Remote NDIS based Internet Sharing Device dan pilih Update driver.
  • Secara umum, opsi ini muncul sebagai Remote NDIS based Internet Sharing Device’. Namun, jika Anda menggunakan smartphone bermerek Samsung, maka nama driver tersebut mungkin akan ditambahkan embel-embel ‘Samsung’.
  • Setelah itu, lanjut dengan memilih opsi Browse my computer for software driver, lalu pilih lagi opsi Let me pick from a list of available drivers on my computer. Kemudian, hilangkah tanda centang pada opsi yang bertuliskan Show compatible hardware.
  • Selanjutnya, klik pada opsi Microsoft dari daftar yang muncul di panel bagian kiri, dan pilih opsi Remote NDIS based Internet Sharing Device, yang ada pada panel bagian kanan. Kemudian, klik pada tombol yang bertuliskan Next.
  • Jika ada popup yang muncul, maka silahkan Anda klik tombol Yes, dan proses penginstalan driver pun akan berjalan dengan sendirinya. Jika, sudah selesai, pastikan untuk me-restart komputer Anda, lalu cek apakah cara ini bisa mengatasi masalah tersebut.

2. Jalankan fitur Internet Connections and Network Adapter troubleshooters

Pada komputer dengan sistem operasi Windows 10, terdapat fitur yang bernama troubleshoot, yang memang sangat membantu dalam mengatasi permasalahan sistem di komputer dengan cepat dan otomatis. Untuk itu, Anda perlu mencoba menggunakan fitur yang bernama Internet Connections and Network Adapter troubleshooters, dengan cara sebagai berikut:

  • Silahkan Anda tekan tombol Win + I pada keyboard, untuk membuka halaman Settings.
  • Kemudian, silahkan Anda klik pada menu Update & Security.
  • Di dalam halaman menu Update & Security tersebut, Anda lanjut dengan mengklik pada menu Internet Connections > Network Adapter.
  • Selanjutnya, Anda tinggal mengklik pada tombol Run troubleshooter.
  • Setelah itu, Anda hanya tinggal mengikuti petunjuk yang muncul pada layar komputer Anda untuk menyelesaikan proses troubleshoot tersebut hingga selesi.

3. Nonaktifkan adapter/koneksi jaringan yang tidak perlu

Kalau ternyata permasalah ini membuat koneksi internet Anda dalam kondisi tidak stabil atau ping yang loss, maka Anda perlu mengecek koneksi jaringan yang Anda gunakan. Karena, di sini Anda menggunakan koneksi USB tethering dari smarpthone, maka Anda sebaiknya mematikan atau disable fungsi Ethernet dari komputer Anda.

  • Untuk mematikan atau disable koneksi ethernet sebenarnya cukup mudah, silahkan Anda tekan tombol Win + R pada keyboard.
  • Kemudian, ketikkan ncpa.cpl pada kolom RUN, dan tekan tombol Enter.
  • Jika sudah, solahkan Anda coba lakukan pengecekan, apakah Anda sudah bisa mengakses halaman website atau belum.

4. Alternatif lainnya

Kalau dari beberapa cara di atas, Anda belum bisa menyelesaikan masalah-masalah tersebut, maka silahkan Anda ikuti beberapa alternatif cara di bawah ini:

  • Cek pada opsi tethering USB di smartphone Anda, kemungkinan Anda lupa untuk mengaktifkan opsi USB tethering tersebut di smarpthone Anda.
  • Cek paket atau kuota internet pada smartphone, melalui aplikasi atau shorcut code provider jaringan yang Anda gunkaan.
  • Aktifkan lalu non-aktifkan lagi Airplane Mode di smartphone Anda. Cara ini memang terkadang bisa membantu dalam mengatasi masalah jaringan yang tidak stabil pada smartphone.

Akhir kata

Itulah beberapa solusi yang bisa Anda coba lakukan saat proses USB tethering internet tidak bisa berfungsi pada komputer Windows 10 Anda. Kalau Anda memiliki cara lainnya yang lebih mudah, atau pertanyaan seputar artikel di atas, silahkan Anda tuliskan pada kolom komentar yang telah kami sediakan di bawah.

Semoga bisa membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY