Penggunaan perangkat atau media penyimpanan eksternal memang sangatlah dibutuhkan saat ini. Pasalnya, dengan adanya media penyimpanan eksternal tersebut, kita dengan mudah untuk memindahkan data dari komputer satu ke komputer lainnya dengan cepat. Hanya saja, perangkat media penyimpanan eksternal seperti ini memang terbilang cukup rentan mengalami kerusakan.

Salah satu masalah yang sering dialami oleh para pengguna media penyimpanan eksternal ini adalah munculnya pesan ‘This device is currently in use’, saat Anda ingin melepaskannya (Eject) dari komputer. Untuk bisa mengatasi masalah tersebut, maka artikel kali ini bisa membantu Anda dalam memperbaikinya.

Problem ejecting USB Mass Storage – This device is currently in use, close any programs or windows that might be using this device, and then try again.

Cara mengatasi pesan error flashdisk ‘This device is currently in use’

Munculnya pesan error saat ingin melepaskan flashdisk seperti ini disebabkan oleh adanya aplikasi atau program yang berjalan dengan menggunakan perangkat flashdisk. Untuk memperbaiki masalah ini, maka Anda bisa menggunakan beberapa cara di bawah ini:

  1. Gunakan DISKPART

Diskpart ini merupakan tool yang dijalankan di dalam Command Prompt (CMD) Windows, yang bisa diakses dengan perintah. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Silahkan Anda bukan CMD (Admin), lalu ketikkan perintah diskpart, dan tekan tombol Enter.
  • Setelah itu, ketikkang perintah list disk, dan Enter lagi.
  • Dari daftar disk yang muncul, silahkan Anda pilih yang menurut Anda merupakan flashdisk, yang tentunya melihat dari segi kapasitas (Size).

  • Selanjutnya, ketikkan perintah select disk nomorurutflashdisk, dan, tekan tombol Enter untuk memilih flashdisk.
  • Kemudian, ketikkan lagi perintah offline disk nomorflashdisk.

Sampai pada tahapan ini, biasanya flashdisk Anda sudah tidak terlihat dalam daftar Windows Explorer, silahkan Anda cek. Kalau sudah hilang, silahkan Anda cabut flashdisk, lalu pasang kembali, dan buka kembali halaman CMD pada tool diskpart tersebut.

Silahkan Anda ikuti langkah pertama sampai 3 di atas, kemudian Anda ketikkan perintah online disk nomorurutflashdisk, dan tekan tombol Enter.

  1. Menggunakan Disk Management Utility

Silahkan Anda tekan tombol Win + R, lalu ketikkan perintah diskmgmt.msc, pada kolom yang tersedia, lalu tekan tombol Enter. Selanjutnya adalah dengan klik kanan pada bagian flashdisk Anda, dan pilih opsi Offline.

Setelah itu, silahkan Anda cabut flashdisk dari komputer. Untukk memasangnya kembali, silahkan Anda masuk kembali ke dalam halaman Disk Management Utility tersebut, lalu pilih opsi Online pada flashdisk Anda.

  1. Gunakan Task Manager

Sesuai dengan penyebabnya, di mana ada sebuah program yang masih berjalan pada flashdisk Anda, maka Anda tentunya perlu mematikan program tersebut. Untuk itu, coba Anda cek setiap program yang terbuka di komputer Anda. Kemungkinan saja, ada program yang sedang membuka file yang ada di dalam flashdisk Anda, seperti Microsoft Word, musik (mp3), video, gambar, atau pun lainnya. Kalau ternyata programnya bekerja dibackground, seperti antivirus atau pun lainnya, maka Anda bisa menggunakan task manager untuk mematikannya.

Anda juga bisa mencoba me -restart Explorer.exe.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY