Masing-masing laptop dengan sistem operasi Windows tentu sudah dilengkapi dengan fitur atau mode sleep. Fitur tersebut bisa sangat membantu dalam menghemat baterai laptop saat Anda sedang tidak menggunakannya, tapi juga tidak ingin mematikannya. Karena, saat laptop dalam mode sleep, Anda tidak butuh menunggu waktu yang lama untuk menunggu laptop tersebut kembali menyala. Berbeda dengan melakukan shutdown, di mana laptop harus melewati tahapan booting terlebih dulu.

Namun, tidak sedikit dari pengguna laptop dengan sistem operasi Windows 10 saat ini mengalami keluhan mengenai mode sleep tersebut. Keluhan ini pun dianggap cukup mengganggu, sehingga perlu dilakukan penanganan untuk mengatasinya dengan segera.

Masalah mode sleep pada Laptop Windows 10 yang acak

Jika laptop atau komputer Windows 10 Anda selalu dalam mode sleep walaupun saat sedang digunakan, maka ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar bisa menyelesaikan masalah ini. Bahkan, ada beberapa pengguna yang mengeluhkan sesaat setelah dia meninggalkan laptopnya, laptop tersebut langsung masuk dalam mode sleep. Di samping itu pula, ada pengguna yang bahkan setelah laptopnya baru saja selesai booting, dan laptopnya pun langsung masuk dalam mode sleep.

Ternyata, beberapa pengguna mengeluhkan ciri-ciri mode sleep yang sama, di mana kondisi layar berubah menjadi sleep (off), tapi lampu power serta lampu keyboard masih menyala. Saat disentuh pun, laptop tersebut masih dalam kondisi hangat atau seperti sedang bekerja. Padahal, laptop dalam mode sleep seharusnya tidak ada lagi perangkat yang aktif.

Cara mengatasi masalah error pada mode sleep laptop

Dari hasil pengecekan masalah tersebut, Saya bisa memberikan beberapa tindakan penanganan sederhana yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Sehingga, laptop Anda pun nantinya bisa kembali bekerja dengan lancar.

  1. Edit pengaturan Power Plan melalui Control Panel

Silahkan Anda buka terlebih dulu halaman Control Panel, dengan mencarinya melalui start menu. Setelah halaman Control Panel ini terbuka, silahkan Anda klik pada menu Power Option. Selanjutnya, Anda klik pada opsi Edit Plan Settings. Pada bagian yang berlabel Put the computer to sleep, silahkan Anda ganti opsi ke Never.

  1. Edit Power Option melalui halaman Settings

Silahkan Anda buka halaman Settings di Windows 10 dengan menekan tombol Win + I pada keyboard, atau mencarinya melalui start menu. Selanjutnya, silahkan Anda pilih pada menu System. Pada panel bagian kiri halaman System tersebut, Anda pilih lagi pada menu Power & Sleep. Di panel bagian kanan, silahkan Anda ubah semua opsi menjadi Never, baik itu untuk tab Screen maupun untuk Sleep. Setelah itu, silahkan Anda restart laptop dan lihat apakah masalah tersebut masih berkelanjutan.

  1. Jalankan Power Troubleshooter

Cara selanjutnya yang bisa Anda tempuh di sini adalah dengan menjalankan Power Troubleshooter. Sistem operasi Windows 10 sudah dilengkapi dengan fitur troubleshooting yang bisa membantu dalam mengatasi permasalahan system yang sederhana. Anda cukup mencari power troubleshooting pada kolom pencarian di start menu. Selanjutnya, Anda ikuti saja instruksi yang ada pada halaman tersebut hingga selesai.

  1. Periksa program yang terinstall dan lakukan clean boot

Cara yang berikutnya untuk bisa Anda coba adalah dengan mengecek setiap program yang terinstall. Kemungkinan ada program yang sudah Anda install yang mengganggu pengaturan mode sleep di laptop Anda. Di samping itu, Anda juga bisa melakukan clean boot, sehingga laptop Anda nantinya hanya melakukan load untuk program yang berhubungan dengan driver saja.

  1. Menggunakan program pihak ketiga

Kalau Anda ingin mencegah komputer Anda agar tidak masuk dalam mode sleep, maka Anda bisa menggunakan program yang bernama Caffein. Ini adalah program gratisan yang bisa Anda dapatkan melalui halaman zhornsoftware.co.uk/caffeine/index.html.

  1. Periksa bagian Sleep Advanced Settings

Untuk mengecek bagian ini, silahkan Anda klik pada start menu, lalu langsung ketikkan Control Panel. Dari hasil pencarian yang muncul, silahkan Anda klik Control Panel tersebut. Selanjutnya, pada halaman Control Panel ini, silahkan Anda klik pada menu Power Options. Setelah berada pada halaman ini, silahkan Anda lanjut dengan mengklik opsi Change Plan Settings.

Di halaman yang baru terbuka tersebut, silahkan Anda lanjut klik pada opsi yang berlabel Change advanced power settings, yang letaknya biasa ada pada bagian bawah. Setelah muncul sebuah halaman pop up, silahkan Anda klik pada menu Sleep untuk memunculkan semua opsi-opsi yang ada di bawahnya. Pada salah satu opsi tersebut Anda klik pada opsi Allow hybrid sleep, dan pastikan semua opsinya dalam mode Off. Selanjutnya, silahkan Anda klik tombol OK dan tutup semua halaman yang sedang terbuka.

Lakukan restart pada laptop Anda, dan lihat apakah masalah ini sudah teratasi atau belum. Kalau memang belum teratasi, silahkan Anda ganti Allow hybrid sleep tersebut dalam kondisi ON.

  1. Instal Intel Management Engine Interface (MEI) V9 atau V10

Untuk cara yang satu ini hanya bisa digunakan untuk Anda pengguna laptop dengan brand HP. Kalau ternyata laptop Anda tersebut tidak mendukung Hybrid Sleep, maka silahkan Anda ganti MEI ke veri 9 atau 10. Caranya itu cukup mudah, Anda cukup membuka halaman website HP Drivers & Downloads. Selanjutnya, silahkan Anda ketikkan driver MEI versi 9 pada bagian Chipset Driver dari halaman situs tersebut.

Anda bisa memilih versi 9.5.24.1790 1.5M, karena memang versi ini dianggap cocok untuk semua model dari laptop HP. Download driver tersebut lalu install pada laptop Anda seperti biasa.

Akhir kata

Itulah beberapa cara yang bisa Anda tempuh untuk bisa mengatasi masalah mode sleep pada laptop yang terjadi secara otomatis dan acak. Kalau Anda memiliki cara lain yang lebih efektif dan cepat, atau pertanyaan seputar artikel di atas, jangan ragu untuk menyampaikannya pada kolom komentar yang ada di bawah.

Semoga bisa membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY