Sistem operasi Windows 10 memang bisa dikatakan sistem operasi yang sudah sangat kompleks. Pasalnya, sistem operasi ini tidak hanya digunakan untuk perangkat komputer desktop (PC/Laptop) saja, tapi sistem operasi ini juga telah digunakan untuk perangkat mobile seperti smartphone. Di samping itu pula, fitur-fitur yang ada di Windows 10 ini sudah terbilang lengkap, baik untuk digunakan pada perangkat smartphone atau pun untuk desktop.

Salah satu fitur menarik pada sistem operasi Windows 10 yang tidak ada pada pendahulunya itu adalah, Mobile Hotspot. Fitur ini sendiri digunakan untuk bisa berbagi koneksi internet melalui sinyal WiFi yang terpasang pada perangkat. Sehingga, orang-orang di sekitar Anda bisa menikmati koneksi internet hasil sharing dari perangkat Windows 10 Anda.

Mengatasi masalah Mobile Hotspot Windows 10 yang tidak terdeteksi

Fitur berbagi koneksi internet ini memang sangat berguna jika ada teman Anda yang membutuhkan koneksi internet di perangkatnya, tanpa harus meminjamkan perangkat Anda untuk digunakan. Akan tetapi, beberapa pengguna sempat melaporkan adanya masalah mengenai fitur Mobile Hotspot di perangkat Windows 10 yang ternyata tidak terdeteksi di perangkat lain. Masalah seperti ini memang kerap kali terjadi, dan bisa disebabkan oleh beberapa hal,

Pada sistem operasi Windows 10, hanya menyediakan dua frekuensi jaringan untuk bisa dideteksi oleh perangkat lainnya, yaitu 2,4Ghz dan 5GHz. Untuk frekuensi 5GHz sendiri memang sangat jarang digunakan untuk perangkat sehari-hari, karena ini biasanya digunakan untuk perangkat khusus dengan teknologi terbaru. Tapi, untuk frekuensi 2,4GHz sendiri sudah secara umum digunakan pada berbagai macam perangkat sehari-hari yang memiliki gelombang mikro.

Nah, frekuensi 2,4GHz inilah yang terkadang mengalami gangguan akibat dari perangkat-perangkat lain tersebut. Untuk itu, Anda bisa mencoba beberapa cara berikut ini untuk bisa mengatasi masalah tersebut.

  • Silahkan Anda buka halaman Settings di perangkat Windows 10.
  • Selanjutnya, silahkan Anda menuju ke menu Network & Internet > Mobile hotspot.
  • Klik pada tombol Edit untuk melakukan konfigurasi pada halaman Mobile Hotspot tersebut.
  • Setelah itu, akan muncul halaman yang di dalamnya terdapat beberapa opsi, yaitu Network name, Network password, dan Network band.
  • Silahkan Anda fokus kepada opsi Network band, lalu ubah frekuensi menjadi 2,4 GHz.
  • Jika sudah selesai, silahkan Anda klik tombol Save.
  • Untuk menerapkan perubahan yang telah Anda lakukan, silahkan Anda restart fitur Mobile Hotspot di perangkat Anda dan juga refresh WiFi yang mendeteksi Mobile Hotspot tersebut.

Akhir kata

Itulah beberapa langkah yang bisa Anda coba lakukan untuk mengatasi masalah Mobile Hotspot Windows 10 yang tidak bisa terdeteksi di perangkat lain. Kalau Anda memiliki cara lain atau pertanyaan seputar artikel di atas, silahkan Anda tuliskan pada kolom komentar yang telah kami sediakan di bawah.

Semoga membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY