CD/DVD Drive merupakan perangkat komputer yang terbilang umum untuk digunakan. Rata-rata komputer desktop (PC) atau pun laptop pasti memiliki perangkat yang satu ini. Perangkat ini sendiri biasanya digunakan untuk menginstal software atau driver dari komputer. Di samping itu pula, perangkat ini juga digunakan untuk membuat atau menyimpan file ke dalam piringan (CD/DVD). Sebelum kemunculan flashdisk atau hardisk eksternal, perangkat ini sangatlah populer dan penting untuk digunakan.

Tapi, seiring perkembangan jaman saat ini, DVD/CD Drive tersebut sepertinya sudah semakin jarang penggunaannya. Pasalnya, rata-rata software atau pun driver kini sudah dengan mudah didapatkan melalui internet, dan memindahkannya dengan menggunakan perangkat USB seperti flashdisk atau hardisk eksternal. Di mana perangkat USB jauh lebih cepat dalam proses copy file tersebut.

Memperbaiki masalah CD/DVD drive yang tidak muncul di Windows 10

Bagi Anda yang memang dulunya sempat menyimpan banyak file pada DVD/CD , maka Anda tentunya masih membutuhkan perangkat DVD drive ini. Akan tetapi, kalau ternyata perangkat CD/DVD Drive ini tiba-tiba tidak muncul pada komputer Windows 10 Anda, maka itu tentunya menjadi masalah.

Banyak dari pengguna Windows 10 memang melaporkan masalah serupa saat menggunakan CD/DVD Drive ini. Di mana ikon dari perangkat tersebut tidak muncul pada halaman Explorer.

Kalau Anda memang mengalami masalah serupa, maka Anda bisa mengikuti solusinya di bawah ini:

1. Gunakan Registry Editor (Regedit)

  • Silahkan Anda tekan tombol Win + R pada keyboard, lalu ketikkan regedit, pada kolom RUN dan tekan tombol Enter untuk membuka halaman Registry Editor (regedit).
  • Pada halaman regedit yang telah terbuka tersebut, silahkan Anda buka folder berikut:

HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\Class\{4D36E965-E325-11CE-BFC1-08002BE10318}

  • Selanjutnya, silahkan Anda cari nama file DWORD UpperFilters dan LowerFilters.
  • Kalau sudah ketemu, klik kanan pada file tersebut dan pilih Delete.
  • Untuk menerapkan perubahan yang telah Anda lakukan pada regedit ini, maka Anda perlu melakukan restart pada komputer.

2. Update, hapus atau rollback driver

Langkah kedua yang perlu untuk Anda lakukan adalah dengan mengecek driver dari CD/DVD Drive tersebut. Kemungkinan driver tersebut perlu di update, atau Anda hapus dan install kembali. Tapi, kalau ternyata driver sudah Anda updte, dan mengalami masalah ini, maka Anda sebaiknya kembalikan versi dari driver tersebut ke versi sebelumnya (Rollback).

Silahkan Anda buka Device Manager, lalu cari IDE/ATAPI Controllers, atau DVD/CD-Rom yang drives. Di sana nantinya akan muncul nama CD/DVD Drive yang Anda gunakan. Klik kanan pada nama perangkat tersebut, dan pilih opsi Update, Uninstall, atau pun Rollback driver, sesuai dengan kebutuhan Anda.

3. Membuat entri baru di Regedit

Kembali lagi ke halaman Registry Editor, di mana di sini kita akan menambahkan entri baru.

  • Silahkan Anda buka halaman regedit seperti pada cara pertama sebelumnya. Lalu langsung menuju ke folder berikut:

HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\atapi

  • Klik kanan pada atapi, dan pilih New > Key.
  • Beri nama sebagai Controller0.
  • Sekarang klik kanan pada subkey dan pilih New > DWORD (32-bit) Value.
  • Beri nama sebagai EnumDevice1.
  • Klik dua kali DWORD baru tersebut dan tetapkan Value Data menjadi 1.
  • Klik OK.
  • Restart komputer Anda agar perubahan diterapkan.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY