Menonton video di internet (Streaming) memang salah satu aktivitas yang banyak dilakukan anak-anak saat ini. Apalagi, akses internet sudah semakin mudah dan cukup dengan bermodalkan smartphone serta kuota internet, maka Anda pun bisa lancar menonton video-video di Youtube dengan mudah.

Namun, untuk para pengguna perangkat komputer, baik itu PC atau pun laptop biasanya akan mengalami beberapa masalah saat menonton video secara streaming, apalagi untuk yang menggunakan sistem operasi Windows 10 terbaru. Salah satu masalahnya itu adalah melihat tampilan layar yang berwarna hijau.

Layar hanya berwarna hijau saat menonton video

Permasalahan seperti ini memang lebih banyak terjadi yang disebabkan oleh proses rendering GPU yang tidak kompatibel dengan hardware lainny atau pun sistem operasi komputer yang Anda gunakan, dalam hal ini adalah Windows 10. Selain itu pula, masalah ini juga bisa saja disebabkan oleh driver VGA (GPU) yang Anda gunakan tersebut rusak atau tidak update. Untuk proses penyelesaian masalah ini ada 2 metode yang bisa Anda lakukan, yaitu dengan menonaktifkan proses rendering GPU untuk setiap browser yang Anda gunakan dan juga mengupdate driver VGA Anda.

Karena, masing-masing browser memiliki cara atau pengaturan yang berbeda-beda satu dengan yang lainnya, maka akan Saya uraikan satu persatu berdasarkan browser yang umum dipakai saat ini:

1. Menonaktifkan rendering GPU

Browser yang Anda gunakan pada komputer tentunya membutuhkan juga akses dari GPU yang Anda gunakan untuk memproses tampilan, berupa video, animasi, dan lainnya di sebuah halaman website. Kalau GPU Anda tidak terhubung ke browser, maka fitur rendering-nya pun tentu tidak bisa memproses video atau animasi yang muncul pada sebuah website. Alhasil, hanya akan menampilkan layar berwarna hijau atau pun blank.

Untuk itu, Anda perlu mengaktifkan fitur rendering GPU tersebut untuk masing-masing browser yang Anda guankan, sebagai berikut:

Untuk Anda yang menggunakan browser Google Chrome :

  • Langkah pertama yang harus Anda lakukan di sini adalah dengan membuka browser Google Chrome. Setelah terbuka, silahkan Anda klik pada ikon tiga titik yang bersusun vertikal, yang letaknya itu di sudut kanan atas layar. Kemudian, pilih Settings (pengaturan).
  • Jika halaman Settings sudah terbuka, silahkan Anda scroll ke bawah untuk menemukan tombol dengan label Advance lalu klik pada bagian atasnya.
  • Pada opsi bagian bawah System yang bernama Use hardware acceleration when available, silahkan Anda ubah switch menjadi Off.
  • Setelah itu, silahkan Anda tutup halaman Settings tersebut dan juga browser Chrome Anda.
  • Buka kembali browser Chrome Anda, dan ketikkan pada kolom url-nya alamat chrome: //gpu/, dan tekan tombol Enter. Di halaman inilah Anda bisa melihat apakah Hardware Acceleration atau GPU Rendering di browser Chrome Anda sudah dimatikan atau tetap aktif.

Untuk Anda yang menggunkaan browse Mozilla Firefox:

  • Untuk bisa menonaktifkan Hardware Acceleration di Mozilla Firefox ini, maka silahkan Anda buka terlebih dulu browser Firefox Anda dan klik pada bagian Options.
  • Sekarang pada tab General, silahkan Anda scroll ke bawah sedikit sampai ketemu menu Performance. Silahkan Anda hapus centang pada opsi Use hardware acceleration when available.
  • Setelah semua langkah di atas selesai, silahkan Anda tutup dan buka kembali browser Mozilla Firefox Anda.

Untuk Anda yang menggunakan browser Internet Explorer:

  • Silahkan Anda buka browser Internet Explorer Anda terlebih dulu, lalu ketikkan inetcpl .cpl pada kolom url browser tersebut, lalu tekan tombol Enter. Setelah menu Properties Internet Explorer terbuka, silahkan Anda langsung menuju ke tab Advanced .
  • Di menu Accelerated Graphics, silahkan Anda klik pada tombol yang bertuliskan “Use software rendering instead of GPU rendering“.
  • Selanjutnya, Anda klik pada tombol Ok. Untuk menerapkan pengaturan tersebut, maka Anda perlu untuk melakukan restart komputer terlebih dulu.

Setelah semua langkah-langkah di atas telah Anda terapkan dengan baik, maka silahkan Anda coba periksa, apakah video yang Anda tonton ini masih berlayar hijau. Kalau memang masih mengalami masalah yang sama, maka silahkan Anda lanjut pada metode kedua di bawah ini.

2. Update driver VGA Anda

Metode kedua ini memang bisa dikatakan yang paling sering berhasil untuk menangani masalah tampilan komputer (VGA). Karena, driver hardware, khususnya VGA ini memang sering sekali mendapatkan update dari vendor. Misalnya saja nVidia, yang biasanya akan mengeluarkan update driver dengan rutin, setiap ada game-game, software terbaru, dan juga mengikuti update dari sistem operasi Anda sendiri, khususnya Windows 10 saat ini.

Untuk proses update driver VGA ini, bisa Anda simak langkah-langkah singkatnya di bawah ini:

  • Silahkan Anda buka terlebih dulu start menu, dan cari Device Manager. Atau Anda bisa juga menekan tombol Windows + Pause|Break di keyboard, lalu klik pada Device Manager di panel kanan halaman System Information Windows 10 Anda tersebut.
  • Setelah Anda masuk ke dalam halaman Device Manager, silahkan Anda klik menu dropdown Display Adapters.
  • Klik kanan pada tipe VGA Anda dan pilih opsi Enable.
  • Selanjutnya, klik kanan lagi pada opsi Update Driver Software.
  • Sampai pada tahapan ini, Anda pun akan melihat adanya jendela baru yang terbuka. Selanjutnya, silahkan Anda klik pada opsi Search automatically for updated driver software.
  • Kalau sampai pada tahapan ini, Windows Anda sudah mendeteksi adanya update dari driver VGA terbaru Anda, maka silahkan Anda lanjut ke tahap berikutnya.
  • Sekarang, silahkan Anda klik kanan lagi dan klik pada opsi Update Driver Software.
  • Selanjutnya, silahkan Anda klik pada opsi yang bertuliskan Browse my computer for driver software.
  • Setelah itu, Anda cukup mengklik pada opsi yang bertuliskan “Let me pick from a list of device drivers on my computer“.
  • Langkah berikutnya, silahkan Anda pilih software driver yang memang kompatibel dengan komputer Anda, kalau misalnya Anda menggunakan nVidia, maka silahkan Anda pilih nVidia Graphic Card.
  • Untuk langkah terakhir, Anda biarkan saja semua prosesnya berjalan sampai selesai dengan sendirinya. Lalu, Anda coba restart komputer Anda agar pengaturan yang baru saja Anda lakukan bisa diterapkan. Dan, kini driver VGA di komputer Anda pun pasti sudah diperbarui (up to date).

Nah, jika semua langkah-langkah di atas sudah Anda lakukan dengan tepat, maka masalah layar yang berwarna hijau saat menonton video di komputer Windows 10, baik itu melalui streaming internet atau pun offline dengan software pemutar video offile, pasti sudah bisa teratasi.

Tapi, kalau cara di atas memang belum menyelesaikan masalah Anda, maka coba Anda lakukan pengetesan pada VGA Anda tersebut di komputer lain. Kalau memang masalah tersebut masih terjadi, maka kemungkinan besar VGA Anda mengalami kerusakan.

Selamat mencoba!

Loading...

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY