Saat Anda mencoba untuk menginstall ulang komputer dengan Windows 10 dengan booting melalui USB atau flashdisk, tapi ternyata muncul notifikasi yang bertuliskan “System doesn’t have any USB boot option, Please select other boot option in Boot Manager Menu”. Notifikasi tersebut memberitahukan kalau ternyata komputer Anda tidak bisa mendeteksi boot melalui USB. Masalah seperti ini sendiri memang biasa dialami oleh beberapa komputer.

Penyebab dari masalah ini pun ada beberapa, seperti opsi Boot Secure yang aktif, Lecagy Support dimatikan, Lenove Service Engine, atau USB Bootable yang Anda miliki tidak dibuat dengan baik dan benar, dan masih banyak lagi penyebab lainnya.

Cara mengatasi masalah komputer tidak memiliki opsi boot USB

Kalau Anda termasuk pengguna komputer yang ingin menginstall ulang menggunakan flashdisk, tapi ternyata mendapati masalah seperti yang telah dijelaskan di atas, maka Anda bisa mengatasinya dengan mengikuti cara-caranya hingga selesai di bawah ini.

1. Nonaktifkan Boot Secure

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan mengecek boot secure pada pengaturan BIOS komputer Anda. Caranya itu adalah dengan masuk ke dalam Windows 10 terlebih dulu. Setelah itu, silahkan Anda buka menu Settings > Windows Update, dan periksa apakah ada opsi Update, yang kemungkinan driver atau untuk sistem operasi langsung.

Kalau tidak ada, silahkan Anda buka kembali menu Settings > Update & Security > Advanced Startup options. Kemudian Anda klik pada tombol Restart Now, dan Anda akan masuk ke dalam halaman Advance Startup Options nantinya. Di dalam halaman tersebut, silahkan Anda pilih menu Troubleshoot > Advanced Options. Di dalam halaman tersebut akan muncul beberapa menu, yaitu System restore, Startup repair, Go back to the previous version, Command Prompt, System Image Recovery, and UEFI Firmware Settings.

Langsung saja Anda pilih opsi UEFI Firmware Settings, dan Anda pun akan dibawa ke BIOS.

Masing-masing komputer biasanya memiliki opsi tersendiri untuk pengaturan BIOSnya. Tapi, umunya, opsi Boot Secure ini bisa Anda cari pada menu Secure > Boot> Authentication Tab, dan ubah ke Disable.

2. Reset BIOS atau UEFI ke default

Anda juga bisa melakukan reset BIOS atau UEFI. Kalau Anda tidak tahu caranya, silahkan Anda cek artikel yang berjudul “cara aman reset BIOS komputer”.

3. Bikin ulang USB Bootable dengan benar

Coba Anda ikuti petunjuk yang sesuai untuk membuat USB Bootable. Atau Anda bisa mengikut artikel Saya sebelumnya yang berjudul “cara membuat Windows 10 USB Bootable”.

4. Nonaktifkan Lenovo Service Engine

Kalau Anda memiliki komputer dari brand Lenovo, maka Anda bisa mencoba cara ini. Pertama-tama, silahkan Anda restart komputer Anda, dan tekan tombol F1 pada saat masih dalam kondisi booting, untuk masuk ke dalam BIOS.

Selanjutnya, silahkan Anda klik pada tab Security.

Pada bagian tersebut, silahkan Anda ubah pengaturan Lenovo Sevice Engine menjadi Disable. Tekan tombol F10 dan pilih Save and Exit untuk menyimpan perubahan dan merestart komputer Anda.

Akhir kata

Itulah beberapa cara yang bisa Anda coba lakukan untuk mengatasi masalah USB tidak terdeteksi saat ingin menginstall Windows 10 di komputer.

Semoga bisa membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY