Mode sleep pada sistem operasi Windows memang sangat membantu untuk mengemat daya komputer, khususnya untuk pengguna laptop. Selain itu pula, ini akan mengamankan komputer Anda dari tangan-tangan jahil saat Anda sedang tidak di depan komputer dengan mengaktifkan mode lock screen saat sleep. Rata-rata komputer yang menggunakan sistem operasi Windows sudah dilengkapi dengan fitur atau mode sleep yang sudah diset secara default.

Akan tetapi, tidak sedikit dari para pengguna Windows 10 ternyata mengeluhkan adanya masalah saat mengaktifkan mode sleep tersebut. Di mana saat komputernya mau digunakan, komputer tersebut tidak mau menyala atau aktif kembali dari mode sleep. Kalau Anda termasuk salah satu pengguna sistem operasi Windows 10 yang mengalami masalah serupa, maka Anda bisa mengikuti beberapa tips untuk mengatasinya di bawah ini.

Tips mengatasi komputer yang tidak menyala lagi dari mode sleep

Seperti yang telah Saya jelaskan pada awal artikel, di mana mode sleep ini bisa membantu untuk menghemat daya pada komputer, khususnya laptop. Tapi, saat komputer ingin digunakan kembali, ternyata komputer tidak menyala atau tidak aktif, walaupun sudah menggerakkan mouse dan menekan tombol-tombol pada keyboard.

Kalau dalam kondisi seperti ini, maka Anda tentunya akan khawatir dengan pekerjaan yang sedang Anda kerjakan. Karena, kalau sudah seperti ini, maka biasanya para pengguna akan melakukan hard shutdown pada komputernya. Sehingga, pekerjaan yang sedang dikerjakan tadi ikuti hilang. Untuk beberapa tips agar Anda tidak mengalami masalah seperti ini, silahkan Anda lihat berikut ini:

1. Pastikan driver komputer Anda sudah terupdate. Kalau belum, silahkan Anda update terlebih dulu.

2. Gunakan fitur Power troubleshooter untuk melakukan pengecekan dan perbaikan masalah secara otomatis.

3. Lakukan clean boot.

4. Pastikan pengaturan Allow this device to wake the computer pada keyboard dan mouse sudah dicentang (aktif). Pengaturan ini ada di dalam halaman Power Management pada kolom Properties.

5. Buka halaman Command Prompt (Admin), lalu ketikkan perintah berikut ini yang diakhiri dengan menekan tombol Enter:

powercfg -devicequery wake_armed

Jika sudah, silahkan Anda jalankan lagi perintah berikut:

powercfg -lastwake

6. Kalau Anda mengaktifkan mode Hybrid Sleep, maka masalah ini memang bisa terjadi. Untuk menonaktifkan Hybrid Sleep ini, maka silahkan Anda buka halaman Control Panel, lalu pilih Power Options, kemudian klik pada Change Plan Settings. Di dalam halaman Change plan settings tersebut, Anda klik lagi opsi Change advanced power settings, lalu lakukan pengaturan seperti pada gambar d bawah ini:

Akhir kata

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah komputer yang sleep dan tidak menyala lagi. Kalau Anda memiliki solusi lain atau pertanyaan seputar artikel di atas, silahkan Anda tuliskan pada kolom komentar yang ada di bawah.

Semoga bisa membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY