Flashdisk merupakan perangkat media penyimpanan eksternal yang sangat praktis untuk digunakan dan dibawa kemana-mana dengan ukurannya yang tidak lebih besar dari sebuah korek api. Kapasitas atau daya tampungnya pun beragam, mulai dari 2 GB hingga saat ini sudah ada yang mencapai 128GB. Para teknisi pun lebih banyak menggunakan sebuah flashdisk untuk melakukan proses instalasi sistem operasi, dibandingkan harus menggunakan CD/DVD.

Namun, terkadang flashdisk ini juga mengalami masalah saat ingin digunakan. Salah satu masalah yang banyak dikeluhkan oleh pengguna, khususnya untuk pengguna komputer Windows 10 adalah flashdisk yang connect dan reconnect terus menerus.

Cara mengatasi masalah flashdisk yang selalu connect – reconnect

Jika masalah ini memang Anda alami pada komputer Windows 10 Anda, maka itu bisa saja ada masalah pada hardware atau pun driver komputer Anda. Untuk langkah awal dalam memastikan kalau flashdisk masih dalam kondisi adalah, dengan mencobanya pada perangkat atau komputer lainnya. Kalau ternyata pada komputer lain, flashdisk Anda bisa berfungsi dengan baik, maka masalahnya ada pada komputer Anda sendiri.

Untuk itu, beberapa cara di bawah ini bisa Anda coba lakukan untuk mengatasi masalah-masalah tersebut:

  1. Instal ulang driver USB

Masalah driver adalah yang paling pertama untuk dilakukan pengecekan. Untuk itu, silahkan Anda coba uninstall lalu install kembali driver USB komputer Windows 10 Anda dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Silahkan Anda tekan tombol Win + X, lalu pilih Device Manager. Setelah itu, klik tombol panah kecil di menu Universal Serial Bus controllers.

  • Selanjutnya, silahkan Anda cari nama yang terkait dengan driver USB Anda. Kalau ini adalah USB biasa, maka namanya itu adalah USB Mass Storage Device. Tapi, kalau ini adalah USB 3.0, maka namanya itu adalah USB 3.0 Extensible Host Controller.
  • Klik kanan pada driver tersebut, dan pilih Uninstall device.
  • Setelah selesai, silahkan Anda restart komputer Anda. Saat komputer dalam kondisi booting, silahkan Anda langsung tancapkan flashdisk Anda, dan Windows pun akan menginstall driver secara otomatis.
  1. Matikan fitur Hemat Daya (Power Saving Option)

Masih di dalam Device Manager, silahkan Anda klik kanan pada nama driver USB Anda tersebut, dan pilih Properties. Setelah itu, silahkan Anda lanjut klik pada tab Power Management. Di dalam halaman tersebut, silahkan Anda berikan tanda centang pada kotak yang bertuliskan “Allow the computer to turn off the device to save power”.

  1. Instal ulang Universal Serial Bus controllers dalam Compatibility mode

Untuk cara ketiga ini untuk flashdisk atau pun USB umum. Cara ini hanya untuk perangkat hardisk eksternal saja.

  • Silahkan Anda download driver Unduh driver Universal Serial Bus controllers terlebih dulu dari situs resmi vendor motherboard Anda.
  • Klik kanan pada file Setup driver tersebut, lalu pilih Properties.
  • Pilih tab Compatibility, dan pilih Windows 7 atau mungkin versi di bawah dari Windows 10 yang Anda pakai sekaran. Setelah itu, klik Apply dan OK.
  • Kemudian install driver seperti biasanya.

Jika proses instalasi sudah selesai, silahkan Anda restart komputer dan lihat apakah flashdisk Anda sekarang sudah berfungsi.

Akhir kata

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah flashdisk yang terus menerus reconnect. Kalau Anda memiliki cara lainnya, maka silahkan Anda tinggalkan pada kolom komentar yang telah kami sediakan di bawah.

Semoga membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY