Sistem operasi Windows sendiri memang memiliki batasan kapasitas file untuk melakukan transfer (Copy/Cut) ke media eksternal atau pun dari media eksternal ke media internal. Dengan adanya batasan tersebut, tentunya Anda akan kesulitan saat ingin memindahkan file-file yang memiliki kapasitas besar. Berbeda halnya jika kapasitas dari media penyimpanan yang memang tidak mencukupi untuk menampung file yang ingin dikirim tersebut.

Gambar 1

Cara mengatasi file berukuran besar yang tidak bisa dikirim di Windows 10

Untuk file-file berukuran kecil tentunya akan tetap bisa dikirim dengan mudah dan lancar. Yang menjadi biasanya itu adalah pada file single (1 file) yang memiliki ukuran besar. Sebenarnya ada solusi simpel dan mudah dalam mengatasi masalah tersebut, yaitu dengan memecah ukuran file tersebut menjadi beberapa bagian. Anda bisa menggunakan software khusus kalau memang itu adalah file utuh. Hanya saja, cara ini bisa membuat beberapa file menjadi corrupt, yang menyebabkan file tidak dapat digunakan lagi nantinya.

Berikut ini adalah solusi yang bisa Anda lakukan dalam mengatasi masalah file berukuran besar yang tidak bisa ditransfer.

Solusi 1: Mengubah pengaturan regedit

  • Silahkan Anda buka menu RUN dengan menekan tombol Win + R pada keyboard secara bersamaan, lalu silahkan Anda ketik regedit pada kolom RUN, tekan tombol Enter.

  • Pada jendela regedit yang terbuka tersebut, silahkan Anda menuju ke halaman berikut ini: HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\WebClient\Parameters
  • Langkah selanjutnya adalah dengan mengklik kanan pada FileSizeLimitInBytes yang ada pada panel kanan halaman Parameters tersebut, dan pilih opsi Modify.

  • Pada menu Base, Anda ubah opsinya menjadi Decimal, lalu pada kolom Value data, silahkan Anda isi dengan angka 4294967295 (Nilai defautl biasanya 5000000).

  • Klik OK untuk menyimpan pengaturan, lalu silahkan Anda restart komputer untuk menerapkan pengaturan.

Solusi 2: Mengubah file system media eskternal

Sebelum kita melanjutkan cara ini, yang perlu Anda ketahui disini yaitu, cara ini mengharuskan Anda untuk melakukan format pada perangkat eksternal. Hal ini tentunya akan menghapus semua data di dalamnya. Untuk itu, ada baiknya Anda membackup semua data yang ada di perangkat eksternal Anda sebelumnya.

Cara ini akan mengubah file system perangkat eksternal Anda menjadi NTFS yang defaultnya itu adalah FAT32 yang memang memiliki batasan ukuran transfer file. Hal ini biasanya berlaku untuk flashdisk saja, yang langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Klik kanan pada flashdisk Anda dan pilih Format.
  • Pada menu File System, silahkan Anda ubah menjadi NTFS.

  • Terakhir, silahkan Anda klik pada tombol Start untuk melakukan proses format dan perubahan file system ke NTFS.

Coba Anda lakukan proses trasnfer file, dan lihat apakah sudah berhasil atau belum.

Akhir kata

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah tidak bisa men-transfer file besar ke media eksternal di Windows 10. Semoga dari langkah-langkah di atas, masalah Anda bisa teratasi.

Selamat mencoba.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY