Windows 10 memang bisa dikatakan sebagai sistem operasi terbaik untuk komputer yang pernah dibuat oleh Microsoft dibandingkan dengan sistem operasi Windows versi sebelumnya. Semua yang dibutuhkan di dalam Windows 10 ini bisa dikatakan cukup komplit. Perbaikan terhadap sistem pun bisa dilakukan dengan mudah, walaupun tanpa harus berkonsultasi dengan teknisi atau ahli.

Karena, memang di dalam Windows 10 ini sendiri akan menampilkan pesan error dari aplikasi tersebut, serta penyebab dari masalahnya. Terdapat pula fitur troubleshooting yang bisa dengan mudah untuk digunakan para penggunanya saat ingin mengatasi masalah pada Windows 10 secara otomatis.

Memperbaiki error 0x80071AC3 saat mengcopy file

Salah satu keluhan dari para pengguna sistem operasi Windows 10 adalah error 0x80071AC3 saat mencoba mengcopy file dari media penyimpanan. Error ini bisa menunjukkan kalau pada media penyimpanan Anda mengalami masalah, mulai dari data termasuk pula file system yang corrupt, ada malware yang menyerang, proses instalasi software yang tidak normal, dan beberapa permasalah file-file lainnya.

Pada gambar di atas, pesan error tersebut sudah menjelaskan mengenai penyebab dari masalah tersebut, serta saran untuk melakukan proses cek disk (CHKDSK). Untuk itu, mari kita memecahkan masalah tersebut dengan beberapa cara di bawah ini.

1. Menggunkan fitur cek disk (CHKDSK)

Karena pada gambar atau pesan error tersebut sudah menampilkan perintah atau saran untuk melakukan CHKDSK, maka kita akan melakukan proses tersebut. Akan tetapi, perintah chkdsk yang akan kita gunakan di sini adalah untuk mengecek semua aplikasi yang berjalan di background dan juga saat booting.

  • Silahkan Anda tekan tombol Win + X pada keyboard, lalu pilih menu Command Prompt (Admin).
  • Setelah halaman CMD tersebut, silahkan Anda masukkan perintah chkdsk /r /f partisi yang error.
  • Misalnya, error tersebut terjadi pada saat Anda ingin mengcopy file dari partisi (drive) D:, maka perintah yang Anda masukkan adalah chkdsk /r /f d:, lalu tekan tombol Enter.

Tunggu hingga proses selesai, dan silahkan Anda coba kembali untuk mengcopy file dari partisi tersebut.

2. Mengecek partisi yang error tersebut

  • Silahkan Anda buka kembali halaman Command Prompt (Admin) seperti pada cara pertama di atas.
  • Selanjutnya ketikkan perintah fsutil dirty query huruf partisi, lalu tekan tombol Enter. Perintah ini untuk melakukan pengecekan terhadap partisi yang mengalami masalah sesuai keterangan error tersebut.
  • Misalnya saja, partisi yang error tersebut adalah D:, maka perintah yang Anda masukkan adalah fsutil dirty query d: dan tekan tombol Enter.

Setelah Anda memasukkan perintah tersebut, maka hasilnya itu bisa salah dari yang ada di bawah ini:

  • Volume <PARTITION LETTER> is dirty.
  • Volume <PARTITION LETTER> is not dirty.

Kalau ternyata hasilnya adalah opsi yang pertama, maka Anda masukkan perintah chkntfs /x d:.

Cara ini sendiri sebenarnya hanya untuk membuat pesan error tersebut muncul lagi. Akan tetapi, Anda tentunya perlu melakukan perbaikan terhadap error file sistem yang di hardisk tersebut dengan menggunakan perintah chkdsk lain atau software perbaikan hardisk lainnya.

Semoga bisa membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY