Saat Anda sedang melakukan upgrade Windows, maka sejumlah komponen tentunya akan ikut serta dalam proses ini. Mulai dari Jaringan, CPU, Disk, dan bahkan lebih banyak lagi. Dengan demikian, itu membuat proses upgrade Windows 10 lebih intensif. Namun, jika ada halangan dalam proses upgrade ini, maka biasanya akan muncul kode error 0x800701E3 .

Munculnya kode error tersebut biasanya disebabkan karena, disk dari keseluruhan proses ini menimbulkan konflik pada penyimpanan komputer. Pesan lengkap dari error tersebut adalah:

“Windows cannot install required files. Make sure all files required for installation are available, and restart the installation. Error code: 0x800701e3.”

Kalau Anda mengalami kejadian serupa, maka untuk cara perbaikannya itu bisa Anda lihat pada artikel kali ini.

Cara mengatasi error 0x800701E3 saat Windows Setup

Untuk bisa mengatasi error 0x800701E3, maka silahkan Anda restart komputer dan lakukan booting secara normal ke Windows Anda. Setelah itu, silahkan Anda ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Hapus File Sistem yang terkait

Beberapa dari pengguna biasanya tidak terlalu memperhatikan file-file sampah yang ada di dalam komputernya, seperti file Cache, baik dari driver atau pun software lainnya. Padahal, file-file tersebut bisa menjadi penyebab terblokirnya proses update di komputer Anda. Maka dari itu, untuk melakukan pembersihan dengan cepat, Anda bisa menjalankan Disk Cleanup untuk menghapus file dan juga data dengan aman. File penting dan utama yang perlu Anda hapus di sini adalah file instalasi Windows sebelumnya. Anda bisa memberikan centang pada semua opsi yang ada di dalam halaman Disk Cleanup tersebut. Atau Anda bisa menggunakan software pihak ketiga seperti Ccleaner.

  1. Gunakan tool System File Checker (SFC) dan DISM
  • Silahkan Anda tekan tombol Win + X pada keyboard, lalu pilih pada opsi Command Prompt (Admin). Setelah itu, silahkan Anda ketikkan perintah sfc /scannow, dan tekan tombol Enter.
  • Restart komptuer Anda jika proses scanning sudah selesai.
  • Setelah komputer kembali login, lakukan perbaikan file Update Windows menggunkaan perintah DISM, dengan membuka kembali halaman Command Prompt Anda. Setelah itu, masukkan perintah berikut ini perbaris, yang masing-masing setiap baris diakhiri dengan menekan tombol Enter:

Dism /Online /Cleanup-Image /CheckHealth

Dism /Online /Cleanup-Image /ScanHealth

Dism /Online /Cleanup-Image /RestoreHealth

Biarkan proses tersebut berjalan dengan sendiri hingga selesai. Jika setiap perintah sudah selesai, silahkan Anda restart komputer Anda, lalu ketikkan kembali perintah selanjutnya.

  1. Gunakan CHKDSK

CHKDSK digunakan untuk melakukan pengecekan dan perbaikan pada media penyimpanan (Hardisk) komputer yang mengalami masalah. Untuk menjalankan tool ini, silahkan Anda ikuti langkah-langkahnya di bawah:

  • Silahkan Anda buka hlaman Windows Explorer Anda. Setelah itu, silahkan Anda klik kanan pada drive C: (System), dan pilih pada opsi Properies.
  • Selanjutnya, silahkan Anda arahkan ke tab dengan label Tools. Pada bagian bawahnya silahkan Anda klik pada opsi Error Checking, lalu lanjut mengklik tombol Check.

  • Setelah terbuka halaman baru, klik pada tombol Scan Drive.
  • Biarkan proses pemeriksaan tersebut berlanjut hingga selesai dengan sendirinya. Setelah itu, silahkan Anda restart komputer Anda untuk menerapkan perubahan yang dilakukan.

Jika semua langkah-langkah di atas sudah Anda lakukan, coba Anda kembali jalankan proses Windows Setup untuk melanjutkan upgrade Windows 10 Anda.

Semoga membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY