Storport.sys ini merupakan file sistem yang terkait dengan penyimpanan data pada unit penyimpanan komputer. File ini sendiri dibuat oleh driver port untuk Microsoft Storage. Akan tetapi, terkadang bagian ini memang menimbulkan masalah blue screen pada Windows 10. Ada berbagai macam alasan munculnya masalah tersebut adalah akrena adanya konflik masalah hardware, firmware yang tidak kompatibel, driver yang mengalami corrupt, dan lain sebagainya.

Microsoft Windows sudah menyediakan Storport (storport.sys), yang merupakan port driver untuk penyimpanan yang cocok untuk digunakan dengan jalur dengan kinerja tinggi, misalnya RAID dan lainnya. Keuntungan menggunakan Storport dari pada driver SCSI, menurtu Microsoft adalah sebagai berikut:

  1. Peningkatan kinerja, baik dalam hal kinerja yang tinggi maupun penggunaan sumber daya sistem.
  2. Peningkatan pada interface driver miniport yang memenuhi kebutuhan vendor media penyimpanan kelas atas, khususnya untuk RAID dengan basis host atau pun fiber.

Kalau file ini sampai mengalami kerusakan, maka ini pun bisa membuat komputer mengalami blue screen. Pesan error yang biasanya menyertai blue screen Storport.sys ini, adalah sebagai berikut:

  • KMODE EXCEPTION NOT HANDLED.
  • KERNEL DATA INPAGE.
  • PAGE FAULT IN A NONPAGED AREA.
  • SYSTEM THREAD EXCEPTION NOT HANDLED.
  • IRQL NOT LESS OR EQUAL.
  • SYSTEM SERVICE EXCEPTION.

Cara memperbaiki blue screen Storport.sys pada Windows 10

Kalau Anda memang pengguna Windows yang memperhatikan keamanan komputer, maka Anda pasti sudah membuat restore point pada komputer Anda. Untuk itu, Anda bisa melakukn system restore sebagai langkah awal dalam mengatasi masalah ini. Tapi, kalau memang Anda belum membuat restore point, maka Anda bisa mengikuti beberapa cara di bawah ini:

  1. Mengembalikan versi driver atau melakukan update

Driver yang mengalami masalah yang terkait dengan storport.sys ini adalah driver media penyimpanan, seperti driver IDE ATA/ATAPI atau pun driver penyimpanan lainnya di dalam Device Manager. Jadi, kalau Anda memang baru saja melakukan update untuk driver tersebut, maka sebaiknya Anda melakukan rollback atau mengembalikan versi driver ke sebelumnya. Tapi, kalau belum melakukan update dan masalah ini terjadi, maka sebaiknya Anda melakukan update.

  1. Downlod driver dari situs web vendornya

Pastikan driver yang Anda gunakan itu langsung Anda download dari halaman website penyedia atau vendornya. Misalnya saja, Anda baru menggunakan perangkat SSD dan error tersebut muncul, maka Anda ini kemungkinan masalah pada driver penyimpanan yang tidak kompatibel dengan SSD tersebut. Untuk itu, silahkan Anda download updatenya melalui Intel.com. Sedangkan untuk pengguna bisa mendownload menggunakan software AMD Driver AutoDetect.

  1. Jalankan System File Checker (SFC)

Untuk cara ini, silahkan Anda buka halaman Command Prompt (CMD) dengan menekan tombol Win+X. Lalu dari daftar yang muncul, silahkan Anda pilih pada menu Command Prompt (Admin). Setelah halaman CMD muncul, silahkan Anda ketikkan perintah sfc /scannow, lalu tekan tombol Enter. Jika sudah selesai melakukan scanning, silahkan Anda restart komputer Anda.

Akhir kata

Nah, itulah beberapa cara yang bisa Anda tempuh dalam melakukan perbaikan pada masalah blue screen storport.sys di Windows 10. Kalau Anda memiliki cara lain atau pertanyaan seputar artikel tersebut, silahkan Anda tuliskan pada kolom komentar yang ada di bawah.

Semoga bisa membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY