Sering kali admin IT atau yang bekerja pada dunia jaringan, perlu mengatur beberapa alamat IP ke adaptor jaringan yang sama atau ke satu komputer. Biasanya hal ini ditujukan untuk bisa mengatasi lalu lintas jaringan yang cukup padat atau banyaknya pengguna pada satu gateway. Sehingga komputer Anda tidak mengalami konflik IP dengan pengguna lain, tidak terdeteksi sebagai spam atau lainnya. Untuk itu, menetapkan beberapa alamat IP pada sebuah komputer memang perlu untuk dilakukan.

Cara menambahkan banyak alamat IP ke satu komputer

Beberapa dari Anda mungkin hanya tahu kalau satu komputer itu hanya bisa menggunakan satu alamat IP saja. Sebenarnya sih, memang seperti itu. Tapi, Anda bisa memberikan tambahan beberapa IP cadangan jika sewaktu-sewaktu alamat IP Anda sebelumnya ternyata digunakan oleh komputer lain. Cara ini sangat cocok digunakan pada kantor atau tempat umum yang memang memiliki jumlah pengguna jaringan yang cukup padat setiap harinya.

Langkah-langkah untuk menambahkan lebih dari satu alamat IP di komputer bisa Anda lihat di bawah ini:

1. Pengaturan pada Network Adapter

  • Silahkan Anda tekan tombol Windows + i pada keyboard untuk membuka halaman Settings. Setelah itu, silahkan Anda lanjut mengklik menu Network & Internet, dan klik Change adapter.
  • Kemudian, silahkan Anda klik dua kali pada adapter ethernet yang aktif untuk membuka halaman Properties.
  • Pada halaman Properties tersebut, silahkan Anda klik pada TCP/IPv4 atau TCP/IPv6 (kalau Anda menggunakan), lalu klik tombol Properties. Pada halaman IP ini, silahkan Anda ubah opsi menjadi “Use the following IP address”. Kemudian, silahkan Anda isi alamat IP, Subnetmask, dan Default gateway seperti biasanya pada kolom-kolom yang ada. Untuk mengisi alamat IP, silahkan Anda baca artikelnya di sini.
  • Setelah itu, silahkan Kemudian klik tombol Advanced, untuk membuka pengaturan lanjutan TCP/IP. Lalu, klik pada tombol Add untuk menambahkan alamat IP. Silahkan Anda tambahkan beberapa alamat IP, gateway, dan DNS sesuai dengan keinginan Anda.

Jika sudah, Anda bisa mengecek beberapa IP sekunder atau cadangan yang telah Anda buat tadi, melalui perintah ipconfig di CMD.

2. Menggunakan perintah Netsh

Selain melalui pengaturan Windows, Anda bisa juga menggunakan perintah Command Prompt untuk menambahkan banyak IP ke satu komputer. Cara ini pun bisa dikatakan lebih cepat dibandingkan dengan cara di atas.

  • Silahkan Anda buka Command Prompt (CMD) sebagai Administrator.
  • Di dalam halaman CMD ini, silahkan Anda ketikkan perintah berikut:

Netsh int ipv4 add address name=”Local Area Connection” 192.168.100.100 255.255.255.0 SkipAsSource=True

  • Silahkan Anda mengatur sendiri alamat IP sesuai yang Anda ingin gunakan.

Akhir kata

Itulah beberapa langkah yang bisa Anda coba lakukan untuk menambahkan banyak alamat IP ke satu komputer. Kalau Anda ingin mengiroksi, menambahkan atau bertanya seputar artikel di atas, jangan ragu untuk menuliskannya pada kolom komentar yang ada di bawah.

Semoga membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY