Rata-rata mouse untuk komputer memiliki 3 tombol secara default. Adapun untuk hanya 2 tombol saja biasanya untuk perangkat Mac (Apple), sedangkan untuk mouse yang lebih dari 3 tombol itu biasanya adalah mouse gaming. Mouse dengan 3 tombol ini umumnya memiliki tombol pada bagian kiri, kanan, dan juga tombol scroll pada bagian tengah. Saat kita mengklik tombol scroll tersebut, maka Anda tidak perlu lagi menggoyakan jari untuk melakukan scroll atas dan bawah. Anda cukup menggoyangkan mouse ke atas dan bawah untuk menscroll halaman.

Nah, kalau tombol tersebut mengalami kerusakan, maka Anda pasti akan kesulitan untuk melakukan scroll tersebut. Di samping itu pula, untuk para gamer yang suka bermain game tembak-tembakan, tentunya akan kesulitan untuk membidik target yang jauh, karena tombol scroll tersebut, biasanya digunakan untuk mengaturan jarak scope pada game.

Cara memperbaiki tombol tengah mouse yang berfungsi

Masalah pada tombol tengah mouse seperti ini umumnya disebabkan oleh software, tapi bisa juga karena hardware itu sendiri. Untuk itu, Anda bisa mencoba menyambungkan mouse Anda ke komputer yang lain, untuk melihat apakah itu bisa berfungsi dengan baik. Kalau memang berfungsi di komputer lain dengan baik, berarti kesalahan ada pada software atau sistem komputer Anda. Untuk itu, silahkan Anda coba beberapa cara berikut ini untuk memperbaikinya.

1. Jalankan Hardware troubleshooter

  • Tekan tombol Win + i pada keybord untuk membuka halaman Settings, lalu pilih menu Update & Security > Troubleshoot.
  • Selanjutnya pilih menu Hardware troubleshoot, dan klik pada tombol Run troubleshoot.
  •  Restart komputer Anda jika sudah selesai.Mulai ulang sistem setelah selesai.

2. Update driver mouse

Masing-masing produsen dari hardware komputer tentunya bisa mengubah atau memberikan update driver sesuai dengan perkembangan teknologi yang berjalan. Kemungkinan masalah tombol tengah pada mouse yang tidak berfungsi tersebut juga disebabkan oleh update driver yang belum Anda lakukan.

  • Tekan tombol Win + R pada keyboard, lalu ketikkan devmgmt.msc pada kolom RUN, dan tekan tombol Enter untuk membuka halaman Device Manager.
  • Selanjutnya, klik pada opsi Mice and other pointing devices.
  • Kemudian klik kanan pada nama driver mouse, dan pilih opsi Update driver.
  • Terakhir, restart komputer Anda.

4. Edit halaman Registry Editor (Regedit)

Kalau ternyata Anda baru saja melakukan update Windows 10, maka kemungkinan ada update juga pada halaman regedit tersebut. Sehingga, klik atau tombol tengah mouse Anda tidak berfungsi.

  • Buka kembali halaman RUN, lalu ketikkan regedit, dan tekan tombol Enter untuk membuka halaman Registry Editor.
  • Kemudian, silahkan Anda menuju ke halaman HKEY_CURRENT_USER\Control Panel\Desktop.
  • Pada panel kanan, klik dua kali pada entri WheelScrollLines , lalu ubah nilai Value Data menjadi 3.
  • Tutup halaman regedit, dan restart komputer Anda untuk menerapkan pengaturan.

Akhir kata

Kalau ternyata cara-cara di atas tidak membantu, Anda mungkin perlu melakukan install ulang sistem operasi Windows, atau ganti mouse yang baru.

Semoga bisa membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY