Tombol spasi dan juga tombol Enter adalah 2 tombol yang ada di keyboard, yang tentunya paling sering kita gunakan, baik itu saat mengerjakan dokumen atau pun saat bermain game. Bagaimana kalau tombol tersebut, tiba-tiba mengalami error atau tidak berfungsi sama sekali? Hal ini tentunya akan membuat Anda bingung, apalagi kalau Anda tidak memiliki cadangan keyboard lain.

Mengatasi tombol spasi atau Enter yang tidak berfungsi

Masalah seperti ini memang kerap kali dialami oleh para pengguna komputer. Di mana hal ini bisa terjadi karena dua hal. Yaitu, adanya masalah pada keyboard itu sendiri (hardware), atau adanya masalah pada software. Kalau memang ini disebabkan oleh software, maka tentunya pemeriksaan perlu kita lakukan pada konfigurasi Windows dan juga driver. Maka dari itu, Anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut:

1. Cek pada pengaturan Sticky Keys dan Filter Keys

Pengecekan pertama untuk perbaikan software ini bisa Anda lakukan pada konfigurasi Sticky Key dan Filter Keys pada aplikasi Settings Windows 10. Cara ini memang terbilang cukup efektif untuk mengatasi masalah ini. Karena, saat fitur Sticky Keys atau Filter Keys ini diaktifkan, biasanya akan mematikan beberapa tombol pada keyboard.

Untuk mengecek pengaturan ini, silahkan Anda buka halaman Settings (Win + i), lalu pilih Ease of access > Keyboard. Pada menu Sticky Keys, silahkan Anda pastikan switch-nya berada dalam kondisi off.

Selanjutnya, pada bagian Filter Keys, silahkan Anda ubah switch pada opsi yang bertuliskan Ignore brief or repeated keystrokes and change keyboard repeat rates.

2. Gunakan keyboard troubleshooter

Silahkan Anda klik tombol Start, lalu ketikkan Troubleshoot. Setelah itu, silahkan Anda cari opsi Keyboard, dan klik pada tombol Run troubleshoot.

3. Uninstall, rollback , atau update driver keyboard

Sistem operasi Windows 10 sendiri sudah sering mendapatkan update terbaru. Maka dari itu, Anda perlu melakukan update driver. Kalau Anda memang baru melakukan update, dan masalah ini baru muncul, maka Anda perlu melakukan rollback driver.

Anda bisa melakukan update tersebut, dengan cara menekan tombol Win + X pada keyboard, lalu pilih pada opsi Device Manager. Setelah itu, silahkan Anda pilih driver Keyboards. Klik kanan pada nama driver keyboard, lalu pilih Update atau Rollback.

4. Cek keyboard secara fisik

Selain dari permasalahan software, Anda juga sebaiknya melakukan pengecekan pada fisik keyboard. Anda bisa mencoba menggunakan keyboard tersebut ke komputer lainnya, atau Anda bisa mencoba keyboard baru ke komputer Anda.

Kalau ternyata keyboard baru tersebut berfungsi dengan baik pada komputer Anda, maka silahkan Anda gunakan keyboard baru tersebut.

Akhir kata

Itulah beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk mencoba mengatasi masalah tombol Spasi atau Enter yang tidak berfungsi di Windows 10. Kalau Anda memiliki cara lainnya atau pertanyaan seputar artikel di atas, silahkan Anda tuliskan pada kolom komentar yang ada di bawah.

Semoga bisa membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY