Sistem operasi Windows memang jauh lebih mudah dibandingkan dengan sistem operasi lainnya. Ini karena banyaknya tombol shortcut, yang bisa digunakan untuk mempermudah dan mempercepat saat membuka aplikasi, seperti aplikasi Task Manager dengan tombol Ctrl + Shift + Esc. Tombol-tombol tersebut tentunya memiliki peranan sangat penting untuk komputer. Jadi, bagaimana jika tombol tersebut tidak berfungsi?

Pada artikel kali ini, Saya mendapati kasus dari pengguna sistem operasi Windows 10 yang mengalami masalah tombol Shift yang tidak berfungsi. Padahal, tombol shift ini sangatlah penting digunakan saat sedang mengetik dokumen atau tugas.

Cara memperbaiki tombol Shift tidak berfungsi di Windows 10

Kalau Anda termasuk salah satu pengguna komputer sistem operasi Windows dan mengalami masalah serupa, maka Anda bisa memperbaikinya dengan cara-cara sebagai berikut:

1. Membersihkan keyboard

Permasalahan seperti ini biasanya disebabkan oleh keyboard yang kotor, karena jarang dibersihkan. Untuk itu, Anda bisa memperbaiki masalah tersebut membersihkan keyboard Anda dengan kuas atau vakum cleaner khusus keyboard.

2. Nonaktifkan fitur stick keys

Tekan tombol Win + I untuk membuka halaman Settings, lalu klik pada menu Access > Keyboard.

Pada bagian Sticky Keys, matikan switch pada opsi yang bertuliskan Press one key at a time for keyboard shortcuts.

3. Update, Instal ulang atau Rollback driver keyboard

Cara berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah melakukan update driver jika memang tersedia agar bisa lebih kompatibel dengan update sistem operasi Windows 10 terbaru. Atau Anda bisa juga melakukan install ulang driver, yang mungkin mengalami kerusakan file. Tapi, kalau masalah ini muncul setelah Anda melakukan update driver, maka silahkan Anda install kembali versi driver keyboard sebelumnya.

4. Tes keyboard pada komputer lain

Cara ini bisa sangat membantu untuk mengetahui, apakah masalah ini terjadi pada fisik keyboard Anda. Kalau memang iya, maka silahkan Anda ganti dengan keyboard baru.

5. Jalankan fitur hardware troubleshooter

Pada Windows 10, terdapat fitur troubleshoot yang telah disempurnakan. Untuk itu, Anda bisa mencoba untuk mengatasi masalah tombol Shift tidak berfungsi ini dengan menjalankan fitur Hardware troubleshooter tersebut.

6. Lakukan clean boot

Kemungkinan masalah ini disebabkan oleh aplikasi atau software yang berjalan di background. Untuk itu, Anda bisa mencoba melakukan clean boot Windows 10. Cara ini akan meminimalkan jumlah aplikasi yang berjalan saat booting. Aplikasi yang bisa berjalan hanya aplikasi driver penting saja. Setelah Anda login dalam kondisi clean boot, Anda mengaktifkan satu persatu proses, dan perhatikan proses atau aplikasi mana yang membuat tombol Shift di keyboard tidak berfungsi. Semoga artikel di atas bisa bermanfaat.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY