High Definition Multimedia Interface atau biasa disingkat dengan nama HDMI merupakan sebuah port interface untuk audio dan juga video, yang biasanya digunakan pada monitor. Untuk Anda yang memang menggunakan monitor yang telah dilengkapi dengan sound, maka Anda tidak perlu lagi tambahan speaker untuk mendengarkan suara dari komputer.

Port HDMI tidak berfungsi

Terkadang masalah pada port HDMI memang terjadi untuk beberapa pengguna. Di mana ciri-cirinya itu, adalah tidak ada tampilan pada monitor, atau pun tidak mengeluarkan. Masalah pada port seperti ini memang cukup sulit untuk mendeteksinya. Namun, Anda bisa mencoba beberapa cara di bawah ini untuk perbaikannya.

Cara memperbaiki port HDMI yang tiba-tiba tidak berfungsi

Kalau Anda memang sebelumnya sudah membuat sistem restore, maka Anda bisa menggunakan fitur tersebut untuk mengembalikan semua seperti semula. Tapi, kalau Anda tidak pernah membuatnya, maka And bisa mencoba beberapa cara di bawah ini perbaikannya.

  1. Cek hardware

Kalau port HDMI yang Anda gunakan adalah VGA Card, maka Anda bisa mengecek VGA Card Anda tersebut. Anda bisa memindahkan port HDMI ke motherboard terlebih dulu untuk mencobanya. Selain itu, Anda juga perlu mengecek port HDMI yang ada pada monitor. Anda juga bisa mencoba mengganti kabel HDMI yang baru.

  1. Gunakan fitur troubleshoot Hardware & Video Playback

  • Silahkan Anda buka halaman Settings, dengan menekan tombol Win + i pada keyboard. Setelah itu, silahkan Anda masuk pada halaman Update & Security > Troubleshoot. Pilih pada opsi Video Playback.
  • Selanjutnya, silahkan Anda klik pada tombol yang bertuliskan Run the Troubleshooter.
  • Ikuti petunjuk yang muncu.

Anda pun bisa mencoba menjalankan fitur Hardware Troubleshooter.

  1. Update, Rollback, atau nonaktifkan Driver VGA

Karena ini berhubungan dengan port display, maka tentunya kita bisa fokus pada VGA. Untuk itu, Anda bisa mencoba melakukan update driver VGA, rollback atau pun menonaktifkan driver tersebut sementara.

Semua cara ini bisa Anda lakukan melalui halaman Device Manager. Anda bisa membaca artikelnya yang berjudul “cara update driver VGA di Windows 10”.

  1. Pengaturan pada monitor (TV)

Kalau ternyata pada perangkat komputer tidak ditemukan ada masalah, maka coba Anda cari tahu masalahnya pada settingan monitor atau TV Anda. Kemungkinan settingan pada monitor atau TV Anda ada yang tidak tepat. Anda bisa membaca buku panduan untuk settingan tersebut.

Kalau ternyata semua cara di atas tidak memberikan hasil terbaik maka Anda bisa mencoba solusi lain, yaitu dengan mengguakan kabel VGA. Tapi, pastikan dulu kalau port VGA pada komputer dan monitor sudah tersedia.

Akhir kata

Itulah beberapa cara yang bisa Anda coba untuk memperbaiki masalah port HDMI yang tidak berfungsi pada Windows 10.

Semoga bisa membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY