Setiap komputer dengan sistem operasi Windows tentunya memiliki fitur atau mode sleep. Mode ini sangat membantu untuk mengemat listrik atau baterai untuk pengguna laptop. Biasanya mode ini akan langsung aktif dan telah diset selama 3 sampai 5 menit, tanpa aktivitas, maka komputer akan langsung dalam kondisi sleep.

Manfaat dari komputer dalam mode sleep, adalah mempercepat waktu untuk membuka komputer, tanpa harus melalui halaman booting lagi. Anda tidak perlu khawatir kalau Anda merasa komputer Anda masih bekerja terus. Karena, dalam mode sleep ini semua perangkat yang ada di dalam komputer akan berada dalam kondisi mati koq.

Namun terkadang, ada masalah saat komputer Windows ingin beralih ke mode sleep ini. Kalau ternyata komputer Windows Anda tidak bisa melakukan mode sleep. Maka artikel kali ini bisa untuk membantu Anda dalam mengatasi masalah tersebut.

Cara mengatasi mode sleep yang tidak berfungsi di Windows 7/8/10

Beberapa pengguna memang sering mengeluhkan masalah ini terjadi pada komputernya, khususnya untuk pengguna laptop, baik itu untuk Windows 7, 8 atau pun Windows 10 terbaru saat ini. Kalau Anda termasuk pengguna laptop yang mengalami masalah serupa, maka silahkan Anda mengikut beberapa cara di bawah ini untuk membantu.

  1. Coba Anda buka pengaturan Windows Power Plan, dan lakukan konfigurasi dengan benar, mulai dari waktu sleep, mode baterai atau pun saat proses pengisian baterai. Anda juga perlu melakukan pengecekan pada mode lanjutan (Advanced Power Options ) untuk pengaturan mode sleep tersebut.
  2. Cara yang kedua adalah dengan memastikan kalau driver komputer Anda sudah terupdate ke versi yang terbaru saat ini.
  3. Untuk cara yang ketiga ini adalah dengan menggunakan fitur Troubleshoot Windows. Silahkan Anda buka start menu Windows, lalu ketikkan troubleshooting pada kolom pencarian tersebut. Setelah hasil pencarian muncul, silahkan Anda klik Troubleshooting.

  • Pada halaman selanjutnya, silahkan Anda klik pada opsi View All yang ada pada panel sebelah kiri halaman Troubleshooting tersebut.

  • Pada halaman baru yang terbuka, silahkan Anda klik pada menu Power dari daftar yang muncul, untuk membuka halaman Power Troubleshooter .

  • Saat berada di dalam halaman Power Troubleshooter, Anda lanjut dengan mengklik opsi Next.

  • Cara ini pun nanatinya akan memulai proses pengecekan dan melakukan perbaikan secara otomatis.

  • Jika proses troubleshoot sudah selesai, maka silahkan Anda lanjut dengan mengklik tombol Close.

  • Anda pun harus melakukan restart pada komputer jika proses tersebut sudah selesai.

Akhir kata

Seperti itulah cara sederhana untuk memperbaiki masalah mode sleep di Windows 7, 8, dan 10 yang tidak berfungsi. Kalau Anda memiliki cara lain atau pertanyaan, jangan ragu untuk menuliskannya pada kolom komentar yang telah kami sediakan di bawah.

Semoga bisa membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY