Laptop sangat bergantung dengan baterai sebagai bantuan daya untuk menjalankannya. Tanpa adanya baterai, laptop tentunya tidak bisa Anda bawa kemana-mana kalau ditujuan Anda tidak memiliki sumber listrik untuk adapternya. Hal ini tentunya sudah merubah fungsi atau kelebihan dari laptop yang dulunya bisa sangat membantu untuk dibawa kemana-mana, kini sudah seperti perangkat PC yang hanya bisa tetap di rumah saja.

Belum lagi laptop-laptop di jaman sekarang ini, di mana perangkat baterai yang dimilikinya sudah menggunakan system Non-Removable. Hal ini tentunya akan lebih menyulitkan lagi bagi Anda untuk bisa memperbaiki atau mengganti baterai, jika memang terjadi kerusakan secara fisik.

Memperbaiki masalah ‘Plugged in Not Charging’ di Windows

Beberapa pengguna laptop Windows 10 baru-baru ini mendapatkan masalah dengan proses pengisian daya. Di mana pada saat adapter charger terpasang ke laptop, tapi ternyata itu tidak mengisi daya pada baterai, yang ditandai dengan notifikasi pesan ‘Plugged in, Not Charging’ pada tray icon baterai. Hal ini tentunya membuat para pengguna menjadi bingung dan kesal. Apalagi kalau saat itu Anda sangat membutuhkan laptop tersebut untuk menyelesaikan pekerjaan atau tugas.

Untuk itu, pada artikel kali ini, bagi Anda yang mengalami masalah serupa, Saya akan memberikan beberapa cara untuk memperbaiki permasalahan tersebut. Cara-cara ini bahkan tidak memerlukan pembongkaran baterai laptop secara fisik. Tapi, kalau Anda masih termasuk pengguna awam, sebaiknya Anda ditemani atau dipandu oleh orang yang sudah berpengalaman. Karena, beberapa fitur yang akan kita gunakan memang terbilang rahasia.

Penyebab daya baterai laptop tidak terisi saat dicas

Hal yang paling umum menjadi penyebab laptop tidak mengisi saat dicas dengan pesan Plugged in Not Charging itu adalah bug pada system. Bug ini akan menghentikan proses pengisian daya pada baterai saat dicolokkan ke laptop. Selain itu, masalah ini juga bisa disebabkan oleh cara pengisian daya yang salah, yang mungkin disebabkan oleh kabel atau adapter yang rusak. Kalau untuk masalah kabel atau adapter maka pemecahan masalahnya adalah dengan mengganti adapter tersebut. Pastikan pula Anda membeli dan menggunakan adapter yang asli ya!

Tapi, sebelum Anda berkesimpulan itu disebabkan oleh kabel atau adapter, maka Anda bisa mencoba menyelesaikan masalah tersebut melalui perbaikan bug pada system dengan beberapa cara di bawah ini:

  1. Restart dan cabut baterai (Removable)

Untuk poin pertama ini hanya dikhususkan untuk para pengguna laptop dengan baterai yang bisa dilepas (removable). Langkah-langkah selengkapnya bisa Anda lihat di bawah:

  • Cabut terlebih dulu charger dari laptop Anda.
  • Setelah itu, matikan laptop Anda.
  • Jika laptop Anda sudah benar-benar off, maka lepaskan baterai dari laptop Anda. Anda sebaiknya meminta bantuan yang ahli untuk melepaskan baterai, kalau Anda memang masih awam dalam hal ini.
  • Setelah terlepas, diamkan dulu beberapa menit lalu pasang kembali baterai tersebut.
  • Nyalakan kembali laptop Anda dan pasang charger-nya.

Cara ini biasanya berhasil untuk laptop dengan baterai yang bisa dilepas dan pasang (Removable). Kalau Anda sudah melakukan cara ini, tapi masih melihat adanya masalah tersebut, maka Anda bisa lanjut ke tahap kedua di bawah.

  1. Install ulang driver baterai

Driver merupakan software yang menghubungkan antara hardware dengan system. Driver inilah yang memiliki fungsi untuk mengendalikan perangkat baterai pada laptop Anda agar bisa terhubung dengan fitur-fitur sistem operasi yang digunakan. Untuk melakukan install ulang pada driver baterai, maka Anda bisa mencoba beberapa cara berikut ini:

  • Tekan tombol Win + R pada keyboard Anda untuk membuka kolom RUN.
  • Setelah itu, ketikkan msc, dan tekan tombol Enter untuk membuka halaman Windows Device Manager.
  • Klik pada Batteries.

  • Kemudian, pada bagian bawahnya, Anda klik kanan pada Microsoft ACPI-Compliant Control Method Battery, lalu pilih opsi Uninstall.
  • Setelah selesai, matikan kembali laptop Anda.
  • Saat proses booting nantinya, Windows akan melakukan proses install driver baterai secara otomatis.

Cara ini biasany berhasil untuk masalah pada sistem. Tapi, kalau belum berhasil, maka Anda bisa mencoba cara berikutnya di bawah.

  1. Scan hardware change untuk driver baterai

Cara berikutnya yang bisa Anda lakukan di sini adalah dengan melakukan Scan Hardware Change untuk driver baterai laptop Anda. Proses ini dilakukan di dalam halaman Windows Device Manager seperti pada cara di atas. Langkah-langkah selengkapnya bisa Anda lihat di bawah:

  • Cabut dulu charger yang terpasang ke laptop Anda.
  • Setelah itu, tekan tombol Windows + X pada keyboard, lalu pilih Device Manager pada daftar menu yang muncul.
  • Klik pada Batteries.

  • Klik kanan pada kedua ospi yang muncul di bawahnya, dan pilih opsi Scan for hardware changes.
  • Jika proses scan sudah selesai, maka coba pasang kembali charger laptop Anda.

Kalau cara yang ketiga ini belum berhasil, maka coba cara yang terakhir berikut ini.

  1. Update driver baterai

Cara yang ini bisa dikatakan termasuk cara yang paling ampuh dalam mengatasi setiap masalah pada sistem komputer Anda. Karena, pada umumnya masalah seperti ini memang disebabkan oleh driver yang sudah out of date atau ketinggalan jaman, sehingga tidak kompatibel dengan sistem operasi.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk melakukan update driver Anda:

  • Cabut terlebih dulu charger dari laptop Anda.
  • Kemudian, tekan tombol Win + X pada keyboard, lalu pilih pada menu Device Manager dari daftar.
  • Klik Batteries untuk membuka daftar drivernya.
  • Lalu klik kanan pad Microsoft ACPI-Compliant Control Method Battery.

  • Kemudian, pilih pada opsi Update, lalu Install Update.

Ini merupakan cara melakukan update otomatis driver komputer Anda, yang tentunya bisa dilakukan untuk setiap driver di komputer Anda. Jika sudah selesai, maka pastikan untuk merestart komputer Anda. Setelah itu, silahkan Anda pasang kembali charger untuk mengecek apakah sudah bisa mengisi.

Akhir kata

Kalau memang Anda memiliki cara sendiri dalam menyelesaikan permasalahan tersebut, maka silahkan Anda tinggalkan di kolom komentar yang telah kami sediakan di bawah. Jangan lupa pula untuk membagikan artikel ini jika memang bisa membantu Anda menyelesaikannya.

Semoga membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY