Masalah yang fatal pada sebuah komputer biasanya akan muncul saat Anda booting. Di mana, sistem operasi akan mulai meload semua file sistem dan juga software dari setiap driver hardware. Jika memang terdapat masalah pada file sistem atau driver, maka biasanya komputer tidak dapat lanjut ke Desktop atau akan memunculkan pesan error. Salah satu contoh masalah ini seperti fatal error C0000022.

Kode error C0000022 ini biasanya terjadi setelah Anda menerapkan update terbaru dari Windows. Yang berarti, ada masalah pada saat Anda melakukan update di sistem operasi Windows tersebut.

Cara mengatasi masalah fatal error C0000022 di Windows

Masalah ini memang kerap kali dialami oleh sistem operasi Windows 10. Pasalnya, sistem operasi terbaru besutan dari Microsoft ini memang sering mendapatkan update terbaru. Padahal, update yang diberikan oleh Microsoft tersebut bertujuan untuk memperbaiki setiap laporan masalah dari para pengguna, dan juga membawa beberapa tambahan fitur terbaru.

Akan tetapi, masalah fatal error C0000022 ini sendiri mungkin saja dipengaruhi oleh hal lain, misalnya, tidak kompatibel dengan software atau driver, hardware, dan lainnya. Untuk itu, buat Anda yang saat ini sedang mengalami masalah serupa pada komputer Windows 10 Anda, maka Anda bisa mencoba beberapa cara di bawah ini untuk bisa mengatasinya.

1. Lakukan perform full shutdown

Mungkin Anda bertanya-tanya, apa yang dimaksud dengan perform full shutdown ini. Perform full shutdown ini sebenarnya sama halnya dengan mematikan komputer seperti biasanya. Di samping itu pula, perform full shutdown ini tidak akan menggunakan fitur fast startup yang ada pada Windows 10. Jadi, komputer Anda nantinya pasti akan loading cukup lama saat masuk desktop.

Tetapi, kenapa harus melakukan perform full shutdown? Ini karena, setelah Anda melakukan update Windows 10, Anda hanya diharuskan untuk melakukan restart untuk melanjutkan proses penginstalan updatenya. Maka dari itu, untuk memperbaiki masalah tersebut, coba Anda lakukan perform full shutdown dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Buka Command Prompt (Admin), lalu ketikkan perintah shutdown /s /f /t 0, lalu akhiri dengan menekan tombol Enter.
  • Jika sudah, coba Anda nyalakan komputer Anda kembali, dan cek apakah masalah tersebut masih muncul atau sudah hilang.

2. Gunakan system restore

Cara kedua yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengakses fitur System Restore. Kalau komputer Anda memang sudah tidak bisa lagi masuk ke desktop Windows seperti biasanya, maka Anda bisa masuk ke Advance Options, lalu pilih pada opsi System Restore.

Anda juga bisa memilih safe mode, jika memang masih memungkinkan. Setelah Anda masuk ke dalam safe mode, maka silahkan Anda buka start menu dan ketikkan sysdm.cpl di kotak Mulai pencarian dan tekan tombol Enter. Pilih tab System Protection dan kemudian pilih tombol System Restore.

Setelah itu, silahkan Anda pilih titik system restore yang telah Anda buat sebelumnya. Kemudian, Anda tinggal mengikuti petunjuk selanjutnya untuk melanjutkan proses system restore ini. Jika sudah, Anda harus melakukan restart komputer, dan coba untuk booting ke Windows seperti biasanya.

3. Jalankan Automatic Startup Repair

Fitur ini bisa Anda akses pada halaman Advance Options, jika komputer Anda memang masih belum bisa masuk ke Destkop Windows. Pada halaman Advance Options tersebut, silahkan Anda pilih pada menu Automatic Repair. Dengan melakukan automatic repair ini, maka ini akan melakukan proses scanning sistem, perbaikan regedit, pengaturan konfigurasi dan tentunya melakukan perbaikan pada sistem secara otomatis.

4. Gunakan perintah DISM

DISM merupakan salah satu tool yang terdapat pada sistem operasi Windows. Fitur ini sendiri memang sangat membantu dalam mengatasi masalah pada sistem. Langkah-langkah dalam menggunakan tool DISM adalah sebagai berikut:

  • Silahkan Anda membuka halaman Command Prompt (Admin), lalu ketikkan perintah DISM.exe /online /get-packages, dan tekan tombol Enter untuk mengeksekusi perintah tersebut.
  • Perintah tersebut akan menampilkan semua daftar update Windows dari Microsoft yang telah terinstall pada komputer Anda.
  • Setelah itu, silahkan Anda cari paket update yang ingin hapus, dengan kode seperti berikut ini, package_for_KB976932~31bf3856ad364e35~amd64~~6.1.1.1. Copy nama paket tersebut.
  • Sekarang, masukkan perintah DISM.exe /online /remove-package /packagename:[nama dari paket update yang telah dicopy]. Dan, tekan tombol Enter.
  • Jika sudah, silahkan Anda restart komputer untuk menerapkan perubahannya.

5. Download update Windows secara manual

Kalau ini bukan fitur update, dan hanya berupa update kumulatif saja, maka Anda bisa mendownload dan menginstall update tersebut secara manual. Agar Anda bisa menemuka update mana yang gagal atau error, maka Anda bisa harus mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka Settings > Update & Security > View Update History.
  • Jika Anda sudah berada di dalam tersebut, silahkan Anda lihat paket update yang mana yang error atau gagal dengan memperhatikan status Failed di bawah nama paket update tersebut.
  • Kalau nama paketnya sudah ketemu, yang biasanya ditandai dengan kode KB di awalnya, maka silahkan Anda copy nama paket tersebut, lalu buka link Microsoft Update Center.
  • Di dalam halaman tersebut, silahkan Anda cari kode paket tersebut dan download.
  • Jika proses download sudah selesai, silahkan Anda lakukan install secara manual.

Akhir kata

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar bisa mengatasi masalah fatal error C0000022 pada komputer Windows 10 Anda. Kalau Anda memiliki cara lain yang lebih baik dan terbukti berhasil, atau pertanyaan seputar artikel ini, maka silahkan Anda tuliskan pada kolom komentar di bawah.

Semoga bisa membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY