USB merupakan salah satu perangkat pada komputer yang bisa menghubungkan antara media penyimpanan atau pun perangkat eksternal lainnya. USB ini mulai banyak digunakan kemunculan perangkat media penyimpanan eksternal yang portabel yang bernama flashdisk. Flashdisk sendiri memiliki kapasitas daya tampung yang bisa terbilang mencukupi untuk penyimpanan file dokumen.

Namun, tidak hanya sampai di situ saja fungsi dari port USB di komputer Windows ini. Di jaman sekarang ini perkembangan teknologi sudah membuat perangkat komputer menjadi lebih maju, sehingga semuanya pun sudah dipermudah. Kalau dulunya kita menggunakan perangkat Optical driver beserta CD/DVD untuk melakukan proses instalasi sistem operasi, kini hanya dengan perangkat flashdisk yang dicolokkan pada port USB, Anda bisa menginstall sistem operasi tersebut. Jadi, Anda tidak perlu lagi membawa kemana-mana CD/DVD Anda atau khawatir karena komputer tidak memiliki Optical Drive.

Memperbaiki masalah pada driver USB di Windows 10

Pada sistem operasi Windows 10, banyak pengguna temukan berbagai macam masalah. Salah satu masalah tersebut ada pada bagian drivernya. Masalah ini tentunya akan membuat Anda kesulitan dalam memasang perangkat USB lainnya ke komputer. Anda bisa mengecek masalah ini pada halaman Windows Device Manager, dengan menekan tombol Win + X pada keyboard, lalu pilih Device Manager. Lalu, cek pada bagian Universal Serial Bus Controllers. Kalau memang disitu terdapat keterangan Unknown USB Device yang memiliki ikon tanda seru berwarna kuning, maka itu berarti ada masalah pada driver USB Anda.

Penyebab dari masalah ini ada banyak, dan tentu saja langkah penanganannya sesuai dengan penyebabnya tersebut. Maka dari itu, Saya sudah menyiapkan beberapa cara yang pernah Saya coba untuk mengatasi masalah Unknows USB Device di Windows 10 tersebut.

  1. Melakuka pengaturan pada Power Options

Untuk langkah pertama, silahkan Anda bukan menu RUN, dengan menekan tombol Win + R pada keyboard. Jika kolom RUN tersebut sudah terbuka, silahkan Anda ketikkan powercfg.cpl dan tekan tombol Enter untuk membuka halaman Power Options tersebut.

Selanjutnya, Anda klik pada opsi Change Plan Settings untuk opsi yang telah Anda gunakan sebelumnya. Di sini Saya menggunakan Balance.

Setelah halaman Plan Settings tersebut terbuka, Anda klik lagi link yang bertuliskan Change advanced power settings.

Kini akan terbuka halaman Power Options yang baru dengan opsi yang lebih banyak dari sebelumnya. Anda cukup klik pada opsi yang bertuliskan USB Settings. Kemudian, silahkan Anda melakukan pengaturan pada USB selective suspend, dan ubah opsi pada On Battery dan Plugged in menjadi Disabled.

Terakhir, silahkan Anda klik tombol OK dan restart komputer Anda untuk menerapkan perubahan yang telah Anda lakukan tersebut.

  1. Update, rollback atau uninstall driver

Seperti yang telah Saya jelaskan pada awal artikel ini, di mana masalah pada USB ini bisa Anda cek pada drivernya. Untuk itu, Anda bisa membuka halaman Device Manager tersebut, dan cek pada bagian driver Universal Serial Bus Controllers yang berwarna kuning dengan tanda seru. Kalau memang ada driver yang memperlihatkan tanda atau ikon tersebut, maka silahkan Anda update, rollback atau disable saja.

Caranya itu cukup mudah. Silahkan Anda klik kanan pada driver yang bertanda kuning tersebut, lalu pilih pada opsi Update Driver Software.

Anda juga bisa melakukan rollback (mengembalikan versi) ke versi driver sebelumnya, dengan memilih Properties, lalu buka tab Driver dan klik tombol Roll Back Driver. Atau Anda bisa juga menghapus driver tersebut dengan memilih opsi Uninstall. Setelah itu, silahkan Anda restart komputer Anda, dan biarkan Windows 10 yang menginstall driver tersebut secara otomatis pada saat proses startup.

  1. Jalankan USB troubleshooter

Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan di sini adalah dengan menjalankan fitur Hardware Troubleshooter atau USB Troubleshooter pada Windows Anda. Fitur ini akan mempermudah Anda dalam memperbaiki masalah sistem atau pun driver secara otomatis. Sehingga, Anda pun tidak perlu repot-repot lagi melakukan percobaan sendiri secara acak.

  1. Matikan fitur Fast Startup

Fitur Fast Startup ini sendiri memang membuat Windows 10 menjadi lebih cepat untuk booting. Akan tetapi, terkadang fitur ini memang cukup mengganggu sistem sehingga menyebabkan masalah, yang kemungkinan juga menjadi penyebab pada driver USB Uknows Device tersebut.

Untuk mematikan fitur Fast Startup tersebut, silahkan Anda tekan tombol Win + R pada keyboard, lalu ketikkan Control untuk membuka halaman Control Panel. Selanjutnya, klik pada menu Hardware and Sound lalu klik lagi pada Power Options.

Pada panel yang ada di sebelah kiri, silahkan Anda lanjut dengan mengklik Choose what the power buttons do. Selanjutnya, silahkan Anda klik pada opsi Change settings that are currently unavailable.

Sampai pada tahapan ini, silahkan Anda hapus tanda centang pada opsi yang bertuliskan Turn on fast startup (Recommended). Setelah itu, silahkan Anda klik tombol Save Changes yang ada di bawah untuk menyimpan perubahan yang telah Anda lakukan. Agar pengaturan tersebut bisa diterapkan, silahkan Anda restart komputer Anda, lalu cek kembali apakah masalah ini sudah terselesaikan.

Akhir kata

Itulah beberapa cara yang bisa kami berikan untuk Anda dalam mengatasi masalah driver USB Unknown Device di Windows 10. Kalau Anda memiliki cara lain atau pertanyaan seputar artikel di atas, silahkan Anda tuliskan pada kolom komentar yang telah kami sediakan di bawah.

Semoga bisa membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY