Error Tcpip.sys merupakan salah satu masalah yang terbilang paling umum terjadi hingga menyebabkan sehingga menyebabkan Blue Screen of Death (BSOD). Tcpip.sys ini adalah file driver yang berkaitan dengan Transmission Control Protocol melalui Internet Protocol, di mana error tersebut akan terjadi jika file tersebut mengalami kerusakan atau terhapus. Untuk Anda yang sering berhubungan dengan dunia jaringan sudah pasti mengenai istilah TCP/IP ini.

Biasanya, error tersebut akan diikuti dengan beberapa keterangan sepergi berikut ini:

  • IRQL_NOT_LESS_EQUAL
  • KMODE_EXCEPTION_NOT_HANDLED
  • PAGE_FAULT_IN_NONPAGED_AREA

Cara memperbaiki Blue Screen Tcpip.sys

Rata-rata masalah error pada Windows hingga mengalami blue screen itu disebabkan oleh driver yang terhapus atau corrupt. Begitu pula halnya untuk error Tcpip.sys ini, di mana ini berkaitan dengan masalah jaringan, yang berarti ada masalah pada driver network atau jaringan di komputer Anda. Hilang atau rusaknya file driver tersebut pun bisa disebabkan oleh banyak hal, yang salah satunya itu adalah karena program anti-virus atau pun program pihak ketiga lainnya. Maka dari itu, Anda harus berhati-hati saat menginstall anti-virus atau program baru lainnya.

Bagi Anda yang mengalami masalah serupa, maka silahkan Anda ikuti beberapa cara di bawah ini untuk mengatasinya:

  1. Jalankan blue screen troubleshooter

  • Untuk membuka fitur blue screen troubleshooter tersebut, silahkan Anda tekan tombol Win + I pada keyboard untuk membuka menu Settings. Kemudian, silahkan Anda klik pada menu Update Security > Troubeshoot.
  • Setelah itu, silahkan Anda pilih Blue Screen Troubleshooter dari daftar yang muncul lalu jalankan.
  • Jika proses troubleshoot sudah selesai, silahkan Anda restart komputer Anda untuk menerapkan perubahan yang dilakukan.
  1. Reset pengaturan pada TCP/IP
  • Tekan tombol Win + X pada keyboard, lalu pilih pada menu Command Prompt (Admin).

  • Jika jendela Command Prompt (CMD) sudah terbuka, silahkan Anda ketikkan perintah netsh int ip, dan akhiri dengan menekan tombol Enter untuk mengeksekusi perintah tersebut.

  • Silahkan Anda restart komputer Anda jika sudah selesai.
  1. Update driver jaringan
  • Tekan tombol Win + X pada keyboard Anda, lalu pilih pada menu Device Manager.
  • Kemudian, silahkan Anda klik pada Network Adapter. Klik kanan pada nama driver jaringan Anda, lalu pilih pada opsi Update Driver. Silahkan Anda baca artikel Saya sebelumnya tentang, cara update driver komputer secara online.

  • Jika sudah, silahkan Anda restart komputer Anda.

Tapi, kalau masalah ini terjadi setelah Anda melakukan update driver, maka Anda harus menghapus driver baru tersebut, lalu install driver yang versi sebelumnya.

  1. Nonaktifkan anti-virus

Langkah terakhir adalah dengan menon-aktifkan antivirus yang terinstall. Karena, Saya pernah mendapatkan kasus seperti ini, di mana antivirus dari brand ternama merupakan salah satu penyebab dari masalah tersebut.

Akhir kata

Nah itulah beberapa cara yang bisa Anda coba lakukan untuk mengatasi masalah blue screen error tcpip.sys di Windows 10.

Semoga bisa membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY