Saat komputer Anda mengalami blue screen, hal pertama yang perlu Anda lakukan di sini adalah dengan melihat pesan atau kode errornya, kemudian mencatatnya. Salah satu pesan dan juga kode error dari blue screen yang banyak dikeluhkan oleh pengguna komputer Windows adalah ATTEMPTED_WRITE_TO_READONLY_MEMORY dengan kode error 0x000000BE.

Biasanya, masalah ini terjadi saat Anda baru saja menyalakan komputer dan mencoba booting ke Windows. Penyebab dari munculnya blue screen ini sendiri cukup banyak. Beberapa penyebab umum dari blue screen ini, adalah driver hardware, masalah dari hardware itu sendiri, atau kesalahan dalam BIOS komputer. Untuk memperbaiki masalah ini, kami akan memberikan beberapa langkah yang bisa Anda lakukan.

Cara memperbaiki ATTEMPTED_WRITE_TO_READONLY_MEMORY

File-file yang terkait dengan masalah ini, adalah iusb3hub.sys, ntkrnlpa exe atau vhdmp.sys, ntoskrnl.exe, ntfs.sys, dxgkrnl.sys, tcpip.sys, atikmdag.sys, dan win32k.sys. Semua itu adalah file-file yang terkait dengan driver hardware komputer. Jadi, jika Anda sudah bisa mengidentifikasi file driver yang menyebabkan Stop Error ini, melakukan update atau mengembalikannya tentunya masalah tersebut bisa teratasi.

Nah, langkah-langkah yang tepat untuk bisa memperbaiki setiap file-file tersebut, adalah dengan cara sebagai berikut:

  1. Update, rollback atau nonaktifkan Driver

Adanya masalah kompatibilitas antara sistem operasi Windows dengan driver menjadi penyebab masalah ini. Maka dari itu, Anda bisa mencoba melakukan update driver terlebih dulu. Kalau update tidak bisa menyelesaikan masalah, maka silahkan Anda kembalikan ke driver semula. Kalau itu masih belum bisa menyelesaikan masalah, maka silahkan Anda nonaktifkan saja driver tersebut.

  1. Jalankan Memory Diagnostics

Lakukan pengecekan pada memory komputer Anda dengan menjalankan fitur Memory Diagnostics. Cara mengakses fitur tersebut adalah dengan membukan menu RUN (Win +R), lalu ketikkan mdsched.exe, dan tekan Enter.

Saat halaman Memory Diagnostics ini muncul, maka Anda pun akan langsung disuguhkan dua opsi, yaitu:

  • Restart now and check for problems (Recommended)
  • Check for problems the next time I start my computer

Silhkan Anda pilih opsi pertama, dan komputer Anda pun akan restart untuk melakukan proses pengecekan memory tersebut. Kalau memang terdapat masalah, maka Windows akan langsung memperbaikinya.

  1. Update BIOS

Kemungkinan Anda baru saja telah melakukan update BIOS, atau hardware baru yang Anda pasang tersebut tidak kompatibel dengan BIOS Anda. Proses update BIOS ini sendiri memang terbilang cukup mudah, tapi resikonya yang sangat besar terhadap hardware komputer Anda. Maka dari itu, Anda sebaiknya meminta bantuan untuk yang sudah biasa atau ahli dalam melakukan update atau rollback BIOS tersebut.

  1. Blue screen troubleshooter

Dalam mengtasi masalah blue screen pada Windows, Microsoft telah menghadirkan fitur blue screen troubleshooter. Untuk menggunakan fitur ini, maka Anda bisa membaca artikel Saya sebelumnya yang berjudul, cara menjalankan blue screen troubleshooter di Windows 10.

Akhir kata

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah blue screen ATTEMPTED_WRITE_TO_READONLY_MEMORY di komputer Windows Anda. Kalau Anda memiliki cara lain atau pertanyaan seputar artikel di atas, silahkan Anda tuliskan pada kolom komentar di bawah.

Selamat mencoba!

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY