Anda harus membersihkan Hardisk Windows Anda secara berkala, karena data yang diisi kedalam Hardisk semakin hari semakin besar, terutama jika Anda menggunakan solid-state drive (SSD), yang menawarkan kapasitas ruang Hardisk yang jauh lebih kecil daripada Hardisk cakram mekanik lama.

Jika Anda sedang benar-benar membutuhkan ruang kosong di Hardisk Anda, ada beberapa cara dan trik membersihkan Hardisk Windows dibawah ini, yaitu dengan menghapus seluruh file sampah yang memenuhi Hardisk Anda.

Gambar Pertama Cara Membersihkan Hardisk Windows Oleh Unik Segiempat

Membersihkan Hardisk Windows, caranya:

Membersihkan Hardisk Windows Pertama: Menjalankan Disk Cleanup

Window memiliki program bawaan khusus yang akan menghapus file temporary dan file tidak penting lainnya yang memenuhi Hardisk Anda. Untuk mengaksesnya, klik kanan pada Hardisk Anda yang terdapat pada Windows File Explorer (tekan tombol WIN + E untuk mengaksesnya) dan pilihlah Properties.

Klik pada tombol Disk Cleanup saat jendela Properties terbuka.

Gambar Kedua Cara Membersihkan Hardisk Windows Oleh Unik Segiempat

Pilihlah jenis file yang ingin Anda hapus, dan klik OK. Semua file yang bisa Anda pilih untuk dihapus adalah  fil temporary, file log, semua file yang ada di recycle bin, dan file tidak penting lainnya. Anda juga dapat menghapus file sistem, yang tidak muncul pada daftar disini. Klik pada tombol Clean up system files jika Anda juga ingin menghapus file sistem.

Gambar Ketiga Cara Membersihkan Hardisk Windows Oleh Unik Segiempat

Setelah itu, Anda bisa mengklik tombol More Options dan menggunakan tombol Clean up pada System Restore and Shadow Copies untuk menghapus data restore untuk sistem operasi Windows Anda. tombol ini akan menghapus semua data, kecuali restore point terbaru. Jadi, pastikan komputer Anda bekerja dengan baik sebelum Anda menggunakannya, karena cara ini akan menghapus semua restore point Anda, kecuali yang terbaru.

Gambar Keempat Cara Membersihkan Hardisk Windows Oleh Unik Segiempat

Membersihkan Hardisk Windows Kedua: Menghapus Program yang Menggunakan Kapasitas Hardisk Besar

Menghapus program akan membuat Anda dapat menggunakan ruang Hardisk lebih banyak. Dari opsi Control Panel, yaitu opsi Programs and Features, Anda bisa mengklik kolom Size untuk melihat seberapa banyak kapasitas Hardisk yang dibutuhkan oleh program yang terinstal pada komputer Anda.

Jika Anda tidak dapat melihat kolom tersebut, klik pada tombol Options pada sudut kanan atas daftar tersebut, dan pilihlah Details View. Ingat, kapasitas Hardisk yang digunakan disini tidak sealu akurat, karena ada beberapa program yang bahkan tidak mendaftarkan jumlah kapasitas Hardisk yang mereka gunakan. Jadi, bisa saja sebuah program menggunakan banyak kapasitas Hardisk, tetapi tidak mendaftarkan informasinya pada kolom Size.

Gambar Kelima Cara Membersihkan Hardisk Windows Oleh Unik Segiempat

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY