Rata-rata flashdisk menggunakan port USB untuk bisa diakses di komputer. Tanpa adanya port USB tersebut, maka Anda tentu kerepotan untuk memindahkan data yang ada di dalam flashdisk. Hanya saja, tidak semua komputer membuka akses untuk port USB-nya tersebut. Misalnya saja, untuk komputer perkantoran, sekolah, atau pun pemerintahan. Itu ditujukan untuk keamanan dari komputer tersebut.

Kalau Anda memiliki komputer di rumah, baik itu laptop atau pun PC, dan tidak ingin ada orang lain yang bisa dengan bebas menancapkan flashdisk atau hardisk eksternal di port USB-nya, maka Anda bisa juga menonaktifkan port USB tersebut. Sehingga, data-data Anda di dalam komputer masih tetap aman digunakan. Yang menjadi masalah adalah, bagaimana kalau itu hanyalah keyboard atau mouse USB yang ingin terpasang? Apakah itu bisa terganggu juga?

Cara menonaktifkan port USB untuk flashdisk di Windows 10

Anda mungkin khawatir kalau data-data di dalam komputer Anda bisa diambil orang lain melalui port USB dengan menggunakan perangkat media penyimpanan eksternal. Untuk itu, Anda bisa memblokir penggunaan port USB tersebut, khusus untuk perangkat media penyimpanan eksternal, seperti hardisk eksternal atau pun flashdisk dengan cara sebagai berikut:

1. Melalui halaman Registry Editor (Regedit)

Beberapa perkantoran umumnya menggunakan cara ini untuk mematikan fitur port USB untuk penyimpanan eksternal. Ini bisa juga Anda lakukan dengan melakukan pengedetian di dalam halaman regedit, dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Klik logo Windows di sudut kiri bawah layar komputer Anda, lalu ketikkan regedit. Setelah muncul aplikasi Regedit.exe tersebut, silahkan Anda klik kanan, dan pilih opsi Run as administrator.
  • Saat berada di dalam halaman regedit tersebut, silahkan Anda menuju ke halaman folder berikut:

HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\USBSTOR

  • Pada jendela sebelah kanan, Anda klik dua kali pada opsi Start, lalu ubah pada Value Data menjadi angka 4, untuk mematikan port USB terhadap penyimpana eksternal. Anda bisa membuka hak akses tersebut kembali, dengan mengubah Value Data tersebut menjadi angka 3.

2. Nonaktifkan Port USB dari Device Manager

Kalau Anda masih bingung melalui cara regedit di atas maka Anda bisa melalui halaman Device Manager, yang cara-caranya bisa Anda simak di bawah ini:

  • Tekan tombol Win + X pada keyboard, lalu pilih Device Manager.
  • Setelah itu terbuka, silahkan Anda klik Universal Serial Bus Controllers.
  • Selanjutnya, klik kanan pada nama perangkat penyimpanan eksternal Anda, lalu pilih opsi Disable.

3. Uninstall Driver USB

Cara ketiga yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan uninstall pada driver USB Anda, melalui halaman Device Manager. Hanya saja, cara ini biasanya akan mematikan fungsi dari USB secara keseluruhan, baik itu untuk keyboard dan mouse USB yang Anda gunakan.

4. Gunakan software USB Drive Disabler/Enabler

Jika semua cara di atas masih membuat Anda bingung, maka Anda bisa mencoba dengan menggunakan software yang bernama USB Drive Disabler/Enabler. Anda bisa mencari software ini melalui halaman pencarian Google.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY