Windows merupakan salah satu sitem operasi yang sudah cukup lama beroperasi di dunia. Microsoft sebagai sumber dari penciptaan Windows ini juga selalu melakukan pengemabangan untuk versi Windows terbaru. Pengembangan versi Windows terbaru ini pun kini sudah mencapai ke Windows 8. Dan saat ini pun telah tersebar beberapa berita tentang kemunculan Windows 9.

Cara Backup Windows Dengan Ghost oleh segiempatPengembangan dari salah satu perusahaan software terbesar di dunia ini sebagai cara untuk dapat bersaing dengan beberapa vendor sistem operasi lainnya. Setiap sistem operasi sudah tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing – masing. Tapi, sepertinya Microsoft sebagai penemu sistem operasi Windows ini tentunya tidak perlu lagi khawatir akan persaingan di dunia sistem operasi ini. Pasalnya, namanya yang sudah cukup dikenal dimasyakat menjadi sistem pemasaran yang sudah tidak perlu lagi digembor-gemborkan.

Banyaknya pengguna sistem operasi berbasis Windows ini membuat para developer yang bekerja sama dengan Microsoft pun, selalu melakukan inovasi dan update terbaru untuk sistem operasi yang satu ini. Tapi, pada artikal kali ini Saya tidak akan membahas panjang lebar tentang sistem operasi Windows ini. Karena, pada artikel ini Saya akan berbagi tips tentang cara cepat menginstal ulang Windows komputer Anda dengan menggunakan Backup Windows Ghost.

Apa itu Ghost?

Ghost disini bukanlah hantu atau setan seperti yang sehari kita tonton diacara – acara TV lokal. Tapi, Ghost disini adalah sebuah ekstensi file arsip yang merupakan hasil backup dari partisi komputer. Nama program untuk menampilkan atau menghasilkan file Ghost ini adalah Northon Ghost. Untuk mengetahui cara penggunaan Aplikasi ini dalam membackup Windows komputer Anda adalah dengan mengikuti langkah-langkah dibawah ini:

  1. Sebaiknya memiliki satu CD yang bernama hiren’s Boot CD. Hiren’s Boot CD merupakan sebuah CD yang berisi beberapa program yang akan booting kekomputer Anda secara live atau portable. Jika, Anda belum memiliki Hiren’s Boot CD ini sebaiknya Anda download terlebih dahulu filenya dalam bentuk ISO.
  2. Setelah filenya Anda download dan kemudian diburning, Anda Cuma butuh mensetting BIOS Anda agar dapat booting melalui CD Drive. Setelah berhasil booting Anda tinggal memilih atau mencari program yang bernama Nothon Ghost. SIlahkan ikuti perintah bootingnya agar berhasil masuk ke program tersebut. Sebaiknya dipandu oleh orang berpengalaman jangan dipraktekkan sendiri. Karena, salah satu teman Saya pernah mencoba hal ini dan akibatnya semua data pada komputernya tersebut pun hilang.
  3. Setelah berhasil masuk ke program Hirens tersebut akan muncul sebuah layar berwarna silver dengan tombol “OK” ditengahnya, tekan saja tombol OK tersebut.
  4. Pilih Menu > Local > Partition > To Image untuk melangkah pada langkah selanjutnya.
  5. Klik drive tempat Anda menginstal Windows. Kemudian klik OK.
  6. Anda akan diarahkan ke pemilihan lokasi tempat penyimpanan drive windows Anda tersebut. Pada tahap ini Anda tinggal memilih tempat penyimpanan backup windows ghost Anda.
  7. Pada tahap ini Anda tinggal menunggu saja hingga proses backupnya selesai dan tinggal restart komputer Anda setelah prosesnya selesai.

* * * * *
Buku Formula Cinta

1 COMMENT

LEAVE A REPLY