Tombol Alt Gr ini rata-rata bisa Anda lihat pada keyboard laptop. Di mana tombol ini sendiri berfungsi sebagai shortcut kunci mengaktifkan fitur-fitur atau simbol-simbol tertentu yang ada pada laptop dan lainnya. Tombol-tombol fitur tersebut biasanya tergabung dengan bagian tombol numerik di keyboard yang ditandai dengan ikon masing-masing.

Beberapa pengguna sendiri sempat mengeluhkan adanya tombol tersebut, karena terkadang salah menekan shortcut. Maka dari itu, Anda tentunya ingin mengetahui bagaimana cara untuk menonaktifkan dan aktifkan tombol tersebut sesuka hati kan?

Apa itu tombol Alt Gr yang ada pada keyboard

ALT Gr merupakan singkatan dari ALT GRAPH, yang bisa dengan mudah ditemukan pada keyboard internasional dan juga mendukung lokal pastinya, yaitu huruf normal, mata uang atau pun simbol khusus. Tombol tersebut memiliki fungsi yang bisa membantu Anda untuk berpindah atau mengaktifkan fitur dari laptop yang Anda inginkan.

Cara penggunaannya pun sangatlah mudah, sama seperti dengan menggunakan tombol shortcut pada umumnya. Misalnya saja, Anda ingin memunculkan karakter khusus pada keyboard, maka Anda cukup menekan tombol ALT Gr + tombol simbol yang ingin Anda tuliskan. Ini sama halnya dengan Anda menekan tombol Ctrl + Alt secara bersamaan untuk memunculkan simbol-simbol keyboard tertentu.

Tombol Alt Gr ini awalnya dibuat untuk membuat sebuah garis dan juga persegi panjang pada sistem operasi berbasis GUI. Tapi, dengan perkembangan jaman di saat ini, maka tombol ini pun sudah beralih fungsi untuk menghasilkan karakter altternatif.

Cara mengaktifkan atau menonaktifkan tombol Alt Gr

Beberapa dari Anda mungkin sedikit terganggu dengan tombol tersebut, apalagi yang sering salah dalam menekan tombol keyboard laptop. Maka dari itu, Anda bisa menonaktifkan atau mengaktifkannya kembali sesuai kebutuhan Anda.

  1. Cara untuk menonaktifkan atau mengaktifkan kembali tombol Alt Gr jika terdapat pada keyboard Anda, adalah dengan menekan tombol Shift + Ctrl secara bersamaan. Begitu pula kalau Anda ingin mengaktifkannya kembali, maka Anda cukup menekan tombol tersebut secara bersamaan sekali.
  2. Kalau pada keyboard Anda tidak terdapat tombol Alt Gr, maka Anda bisa menggunakan kombinasi tombol Ctlr + Alt. Menekan tombol tersebut memiliki fungsi yang sama dengan menekan tombol Alt Gr.
  3. Jika Anda memang sudah tidak ingin membuat tombol Alt Gr ini bekerja sama sekali, maka Anda bisa menonaktifkan tombol tersebut, dengan menghapus setiap karakter yang dihasilkannya. Cara ini membutuhkan bantuan dari tool khusus yang bernama Microsoft Keyboard Layout Creator.

Untuk menggunakan tool tersebut, maka silahkan Anda download dan install terlebih dulu di sini. Jika sudah, silahkan Anda langsung buka tool tersebut. Pada halaman awalnya, langsung saja Anda klik pada tab File > Load Keyboard yang sesuai. Pastikan pula Anda memilih tampilan letak keyboard yang sesuai.

Selanjutnya, adalah dengan memberikan tanda centang pada opsi Alt + Ctrl (Alt Gr). Setelah itu, maka semua tombol atau simbol karakter khusus pun akan bermunculan sesuai dengan letaknya di keyboard.

Sampai pada tahapan ini, Anda pun akan memiliki 2 opsi, yaitu:

  1. Hapus karakter yang memang tidak Anda butuhkan, atau Anda bisa juga menghapus semua karakter tersebut jika memang tidak dibutuhkan.
  2. Anda pun bisa mengganti karakter-karakter tersebut sesuai dengan keinginan Anda.

Untuk mulai menghapus atau menggantinya, maka silahkan Anda klik pada karakter di tampilan keyboard tersebut, hingga terbuka kotak untuk melakukan edit. Silahkan Anda hapus seperti biasanya atau mengetikkan karakter yang Anda inginkan sendiri.

Jika semua sudah selesai, maka silahkan Anda klik pada tombol File > Save as image. Kemudian, silahkan Anda buka lagi tab Project > Properties, tambahkan nama dan deskripsi. Lalu, klik lagi pada Project > Build DLL and Setup package.

Tahap selanjutnya, silahkan Anda buk folder temap untuk memilih menyimpan paket pengaturan tersebut. Tahap berikutnya adalah dengan mengklik dua kali untuk melakukan proses instalasi. Kemudian, lanjut menuju ke Settings > Time and Language > Language > click on the default language pack > options > add keyboard > pilih nama keyboard yang baru saja Anda buat tadi, lalu klik tombol Apply.

Nah, kini semua tombol atau simbol dari Alt Gr tersebut sudah menggunakan pengaturan Anda atau berganti dengan karakter dan simbol yang Anda inginkan. Kalau semua karakter dan simbolnya sudah Anda hapus, maka saat Anda menekan tombol Alt Gr dan tombol keyboard, maka tidak akan menampilkan karakter atau simbol baru lagi.

Masalah tombol Alt Gr tidak berfungsi

Berbeda dengan sebelumnya, di mana ingin mematikan atau menonaktifkan tombol Alt Gr tersebut. Di sini, adalah Anda ingin menggunakannya tapi ternyata mengalami masalah (tidak berfungsi). Cara untuk memperbaiki tombol Alt Gr tidak berfungsi itu adalah sebagai berikut:

1. Komputer Anda sedang dalam mode remote connection

Kalau memang komputer Anda sedang dalam mode tersebut, maka coba Anda matikan dulu remote connection (Remote Desktop Manager) tersebut.

2. Cek program lain yang menggunakan tombol Alt Gr

Kemungkinan lain yang menjadi penyebab masalah tombol Alt Gr tidak aktif adalah karena digunakan oleh program lain. Anda bisa dengan memulai program yang baru saja Anda pakai atau install. Atau Anda bisa juga langsung melakukan restart komputer untuk merefresh semua fitur atau fungsi di komputer Anda.

3. Kembali ke keyboard default

Mungkin Anda sebelumnya sempat melakukan berbagai pengaturan dengan keyboard komputer Anda. Untuk itu, silahkan Anda masuk kembali ke dalam menu pengaturan keyboard, lalu ubah menjadi keyboard default.

Semoga membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY