Saat Anda melihat tombol Capslock pada keyboard PC atau laptop Anda, maka tentunya Anda sudah mengetahui kalau itu fungsinya untuk mengetik dengan menggunakan huruf kapital (Besar). Tombol capslock pada keyboard ini memang sangatlah membantu untuk mempermudah proses dalam membuat dokumen. Akan tetapi, sebagian pengguna komputer ternyata mengeluhkan dengan adanya tombol Capslock. Apalagi untuk para gamer yang sangat jarang mengetik atau membuat dokumen dengan huruf besar.

Terkadang, saat ingin menekan tombol Tab atau Shift kiri, memang tombol Capslock juga akan ikut tertekan atau malah salah tekan. Padahal, selain tombol Capslock ini, ada juga tombol Shift yang bisa membantu untuk mengubah huruf menjadi huruf besar. Hanya saja, Anda harus menekan dan menahan tombol Shift tersebut, sambil menekan tombol huruf yang ingin Anda ubah.

Cara mengaktifkan dan menonaktifkan tombol Capslock di Windows 10           

Untuk Anda para pengguna Windows 10, Saya akan mengajarkan kepada Anda, bagaimana cara untuk mengaktifkan dan menonaktifkan tombol Capslock tersebut, kalau Anda memang tidak membutuhkannya.

Sebelum kita memulai prosesnya, Saya sarankan untuk membuat Restore Point terlebih dulu. Ini gunakanya untuk menghindari kalau-kalau terjadi masalah saat Anda menjalankan proses ini.

1. Menggunakan Registry Editor (Regedit)

  • Silahkan Anda tekan tombol Win + R pada keyboard, lalu ketikkan regedit pada kolom RUN, dan tekan tombol Enter untuk membuka halaman Registry Editor.
  • Setelah, halaman regedit terbuka, silahkan Anda menuju ke halaman berikut:

HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\Keyboard Layout

  • Klik kanan pada halaman kosong di panel kanan, lalu pilih opsi New > Binary Value.
  • Berikan nama pada key yang baru Anda buat tersebut dengan nama Scancode Map.
  • Klik dua kali pada Scancode Map tersebut, lalu atur nilainya seperti berikut:

00,00,00,00,00,00,00,00,02,00,00,00,00,00,3A,00,00,00,00,00

  • Setelah itu, silahkan Anda tutup halaman regedit tersebut, dan restart komputer Anda.

Saat komputer Anda sudah kembali login, tombol Capslock pun tidak akan berfungsi (Nonaktif). Dan, untuk mengaktifkannya kembali, maka Anda cukup menghapus key Scancode Map yang Anda buat tersebut.

2. Menggunakan software KeyTweak

Kalau Anda memang masih bingung dengan pengguna regedit seperti di atas, maka Anda bisa menggunakan cara mudah dengan software yang bernama KeyTweak. Cara penggunaannya bisa Anda ikuti di bawah ini:

  • Silahkan Anda download terlebih dulu software KeyTweak di alamat url softpedia.com/get/System/OS-Enhancements/KeyTweak.shtml secara gratis.
  • Setelah Anda mendownload software tersebut, silahkan Anda langsung install software tersebut.
  • Saat softwarenya terbuka, Anda pun akan melihat tampilan keyboard virtual seperti biasa. Silahkan Anda pilih tombol Capslock dari tampilan keyboard tersebut. Kalau tampilannya pada komputer Anda hanya memperlihatkan angka, maka Anda cukup menyesuaikan titik letaknya saja, atau biasanya tombol Capslock ini akan ditandai dengan tombol angka 30 untuk beberapa komputer.
  • Jika sudah Anda pilih tombolnya, silahkan Anda klik pada tombol Disable Key untuk menonaktifkan tombol Capslock tersebut.
  • Kalau Anda ingin mengaktifkannya lagi, maka klik kembali tombol Capslock, dan pilih opsi Enable Key.
  • Pastikan Anda melakukan restart komputer jika sudah.

Dengan software ini, maka Anda bisa dengan mudah untuk menonaktifkan tombol apapun pada keyboard Anda. Sehingga, bisa lebih mudah untuk Anda utak-atik saat tombol-tombol tersebut tidak diperlukan lagi.

Semoga bisa membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY