Salah satu komponen pada komputer yang bisa membuat Anda stres jika mengalami kerusakan itu adalah hardisk. Kerusakan pada hardisk ini bisa berdampak cukup parah terhadap PC dan laptop Anda. Pasalnya, proses loading sistem operasi dan program Anda pasti akan lebih lama. Selain itu, file-file yang tersimpan di dalamnya bisa saja hilang atau rusak.

Kerusakan yang paling sering terjadi pada hardisk di awalnya itu adalah bad sector. Untuk itu, dalam mencegah bad sector pada hardisk ini, Anda bisa mencoba beberapa cara berikut ini.

1. Selalu shutdown laptop untuk mematikannya

Saat PC atau laptop Anda hang, biasanya cara mematikannya dengan paksa yaitu dengan menekan tombol power dalam waktu yang lama. Hal itu sebaiknya jangan Anda lakukan, kalau memang Anda masih ingin hardisk Anda bertahan lebih lama. Hal ini bisa membuat perputaran pada hardisk menjadi tiba-tiba berhenti atau stuck, sehingga resiko kerusakan (bad sector) menjadi lebih besar.

2. Lakukan defrag dengan rutin

Defrag pada hardisk memang sangatlah membantu dalam membuat hardisk menjadi lebih sehat. Dengan melakukan defrag sector-sector yang ada di dalam hardisk itu akan menjadi lebih teratur dan juga merapat. Karena, saat Anda melakukan penyimpanan file seperti dokumen atau lainnya, maka file tersebut biasanya akan tersebar ke berbagai sector yang tidak menentu. Kalau seperti ini, maka file tersebut biasanya akan lebih lama terbuka. Bahkan resiko terburuknya kalau jarang didefrag dan hanya sering digunakan untuk menyimpan file, hardisk akan cepat rusak dan bad sector.

3. Membagi hardisk dalam bentuk partisi

Saat Anda melakukan proses penginstalan sistem operasi pada komputer Anda, maka pastikan Anda melakukan partisi terlebih dulu, khususnya untuk hardisk yang baru. Partisi ini sangatlah penting untuk pencegahan bad sector terhadap hardisk PC atau laptop. Jika Anda melakukan partisi tersebut, maka ini pun bisa membantuk Anda lebih mudah dalam memajemen file-file di dalam komputer Anda. Hindari pula hardisk Anda terlalu penuh, agar performanya tetap selalu terjaga dengan baik.

4. Jangan sampai mengalami benturan atau guncangan keras

Hardisk ini merupakan perangkat mekanis yang terdapat di dalam PC atau laptop. Maka dari itu, kalau hardisk Anda mengalami benturan atau pun guncangan yang cukup keras, itu akan membuatnya mudah rusak dikarenakan komponen di dalamnya itu terlepas dari posisinya. Sedangkan semua perangkat di dalam hardisk itu seharusnya terpasang pada posisinya dengan baik. Kalau sampai seperti ini, maka resiko kerusakan atau bad sector pada hardisk tentunya semakin besar.

5. Gunakanlah selalu antivirus

Untuk poin yang kelima ini sebenarnya masih 50:50 bagi Saya pribadi. Antivirus memang memiliki manfaat untuk mencegah virus masuk ke dalam komputer, di mana virus-virus tersebut bisa juga mengganggu sistem dan perangkat keras komputer Anda agar performanya menurun. Tapi, di lain sisi, antivirus ini terbilang cukup menguras performa dari komputer. Karena, memang antivirus itu akan selalu aktif dalam melakukan proses scanning, yang mana ini akan membuat hardisk tentunya akan bekerja juga. Tapi, untuk Anda yang masih awam dalam penggunaan komputer, sebaiknya Anda menggunakan antivirus untuk lebih amannya ya!

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY