Bagi Anda seorang gamer, pengguna VGA card tentunya adalah hal yang paling utama. Karena, VGA Card pada komputer itu bisa memberikan kualitas grafis yang lebih baik, serta mengurangi kinerja yang berlebihan pada processor dan RAM. Di mana, VGA Card sendiri memang sudah memiliki CPU dan juga RAM sendiri untuk mengolah grafis di komputer.

Akan tetapi, tidak semua VGA Card memiliki kinerja yang bagus tentunya. Karena, VGA Card ini memiliki tipe atau seri yang memang ditujukan untuk pengguna grafis high end, seperti gamer, editing atau desain grafis. Saat membeli atau merakit sebuah komputer, hal pertama yang ingin Anda ketahui itu pastinya adalah seri dari VGA yang akan Anda beli. Ini tentunya bisa Anda lihat langsung tipe dan serinya melalui fisik atau dusnya. Namun, kalau Anda membeli sebuah laptop, fisik dan juga fus VGA tersebut tentunya tidak ada. Karena, VGA tersebut sudah terpasang langsung di dalam laptop.

Untuk itu, pada artikel kali ini, Saya akan membagikan kepada Anda mengenai tips dan cara untuk mengetahui tips dan juga seri dari VGA yang ada pada laptop Windows 10 yang Anda gunakan.

Cara mengetahui merek dan seri VGA yang ada di laptop Windows 10

Untuk Anda para pengguna komputer yang sudah dalam tahap expert, tentunya akan lebih mudah dalam mencari tahu tipe dan seri VGA yang ada di dalam komputer. Akan tetapi, untuk orang yang masih awam dan ingin mencari tahu merek dan seri VGA yang ada di laptopnya tentu masih bingung caranya. Apalagi, kalau mereka ingin memainkan sebuah game atau melakukan editing, tentunya harus mencari tahu seberapa kuat performa dan hardware yang ada di dalam laptopnya itu.

Ada beberapa cara yang bisa Anda coba lakukan untuk mengecek merek dan seri VGA yang ada di dalam laptop Anda, yang bisa Anda simak selengkapnya di bawah ini.

1. DxDiag

DxDiag merupakan tool bawaan dari sistem operasi Windows yang bisa memberikan Anda semua informasi terkait VGA dan juga audio secara lengkap. Bahkan, di dalam DxDiag ini Anda juga bisa melihat spesifikasi dari komputer Anda, seperti CPU dan juga RAM. Untuk mengecek VGA melalui DxDiag Anda bisa melihat langkah-langkahnya di bawah ini:

  • Tekan tombol Win + R pada keyboard, lalu ketikkan dxdiag pada kolom RUN, dan tekan tombol Enter.
  • Setelah terbuka, maka Anda akan dihadapkan dengan tampilan dari spesifikasi sistem yang Anda gunakan.
  • Anda langsung saja mengklik tab Display, dan Anda pun akan langsung melihat detail dari VGA yang Anda gunakan tersebut.
  • Dari halaman ini, silahkan Anda catat merek dan seri VGA yang Anda gunakan, untuk mencari tahu update terbaru yang tersedia, jika Anda butuh untuk melakukan update.

2. Task Manager

Beberapa dari Anda mungkin belum tahu kalau ternyata Task Manager juga bisa menampilkan informasi mengenai merek dan seri dari VGA yang kita gunakan. Silahkan Anda buka Task Manager dengan mengklik kanan Taskbar, lalu pilih Task Manager, atau Anda bisa menekan tombol CTRL + Shift + Esc pada keyboard.

Setelah halaman Task Manager terbuka, silahkna Anda klik pada tab Performance, lalu klik lagi pada tab GPU. Di tab inilah Anda bisa melihat merek dan juga seri dari VGA yang Anda gunakan di laptop. Hanya saja, untuk laptop standar (Bukan gaming) biasanya tidak akan menampilkan merek dan seri VGA tersebut. Karena, umumnya laptop standar itu tidak dilengkapi dengan VGA sendiri.

3. Display Settings

Pada Windows 10 juga terdapat fitur yang bernama Display Settings, yang bisa Anda akses dengan mengklik kanan pada desktop, lalu klik pada Display Settings. Setelah berada di dalam halaman Display Settings tersebut, silahkan Anda lanjut scroll ke bawah dan klik pada Advance Display Settings. Nah, di dalam halaman inilah Anda bisa melihat informasi mengenai VGA yang Anda gunakan pada laptop.

Biasanya juga, VGA memiliki pengaturan atau Control Panel tersebut, yang bisa Anda akses dengan mengklik kanan pada desktop, seperti pada gambar di bawah ini.

Di dalam halaman Control Panel VGA tersebut, Anda bisa mengecek merek dan tipe dari VGA yang Anda gunakan pada laptop.

4. Device Manager

Cara selanjutnya untuk mengecek merek dan seri VGA yang ada di laptop Anda adalah melalui Device Manager. Silahkan Anda tekan tombol Win + X pada keyboard lalu pilih pada menu Device Manager. Setelah halaman Device Manager terbuka, silahkan Anda klik pada menu Display adapters, dan Anda akan melihat merek dan seri VGA yang ada di laptop Anda.

Biasanya, pada sebuah laptop akan terpasang 2 Display Adapter, yaitu sebagai berikut:

  • Intel(R) HD Graphics 630
  • NVIDIA GeForce 930MX.

Kalau di laptop Anda terpasang VGA nVidia, itu berarti VGA khusus yang bisa membantu kinerja grafis dari laptop. Tapi, kalau hanya terpasang 1 VGA saja, yaitu Intel, maka laptop Anda tidak akan memiliki performa baik saat digunakan bermain game atau editing.

Untuk melihat informasi lebih detail dari VGA tersebut, seperti seri atau update drivernya, maka Anda bisa mengklik kanan dan pilih Properties untuk masing-masing VGA tersebut.

5. Menggunakan software

Cara berikutnya yang bisa Anda lakukan untuk mengecek informasi lengkap mengenai merek dan seri dari VGA yang digunakan laptop Anda adalah menggunakan software pihak ketiga. Ada banyak sekali software untuk mengecek hardware yang tersedia secara gratis, yang salah satunya yang paling banyak digunakan itu adalah CPU-Z. Software ini sendiri tidak hanya menampilkan informasi VGA saja, tapi untuk semua hardware yang ada di dalam laptop Anda, seperti RAM, CPU, hardisk dan lainnya.

Bonus (BIOS)

Untuk yang terakhir ini, Anda bisa menggunakan BIOS untuk mengecek VGA yang ada di laptop Anda. Akan tetapi, BIOS yang bisa menampilkan merek dan seri VGA dengan lengkap itu biasanya yang sudah upgrade ke UEFI.

Akhir kata

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengecek informasi VGA yang ada di laptop Anda. Kalau Anda memiliki cara lain atau pertanyaan seputar artikel di atas, silahkan Anda tuliskan pada kolom komentar yang ada di bawah.

Semoga bisa membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY