SSD merupakan media penyimpanan berteknologi terbaru untuk perangkat PC atau pun laptop. Keunggulan dari SSD dibandingkan dengan media penyimpanan sebelumnya, seperti hardisk itu adalah kecepatannya.

Nah, untuk Anda yang saat ini sedang merakit PC gaming, maka 4 pilihan SSD di bawah ini sebaiknya ada dalam daftar Anda.

1. Samsung 850 EVO 500 GB

Pilihan SSD terbaik pertama untuk bermain game adalah Samsung 850 EVO. SSD Samsung 850 EVO ini dibekali dengan teknologi 3D NAND, yang memiliki fitur lebih unggul dari SSD tipe lainnya. Selain itu pula, harga dari Samsung 850 EVO ini masih lebih murah dibanding SSD dari produsen pesaingna. Bahkan, produk SSD Samsung 860 EVO versi Pro yang satu rumah produksi sendiri masih belum bisa menyaingi kemampuan dari Samsung 850 EVO ini. Namun, salah satu hambatan dari Samsung 850 EVO ini terletak pada bagian interface SATA-nya yang memang belum terlalu bagus. Tapi, untuk urusan performa sendiri SSD ini tentunya yang terbaik. SSD Samsung 850 EVO tersedia dalam beberapa kapasitas, mulai dari 120GB, 250GB, 500GB, 1TB, 2TB, bahkan sudah ada yang 4TB.

2. Crucial’s MX300 525 GB

SSD berikutnya yang bisa menjadi alternatif pilihan lain untuk PC gaming Anda adalah Crucial’s MX300. Walaupun, memang Crucial’s MX300 ini masih sedikit lebih lambat dari yang di atas, tapi untuk urusan kapasitas setidaknya masih sedikit unggul juga. Selain itu pula, harga untuk Crucial’s MX300 ini sedikit lebih murah dibandingkan dengan Samsung 850 EVO 500GB di atas. Crucial’s MX300 ini pun memiliki versi M.2. Jadi, bagi Anda yang memang ingin sedikit menghemat budget untuk media penyimpanan, maka bisa memiliki Crucial’s MX300 ini sebagai alternatif kedua.

3. Intel SSD 760p 512 GB

Intel pun memiliki SSD terbaik yang cocok untuk PC gaming Anda, yaitu Intel SSD 760p. Perangkat Intel SSD 760p ini memiliki kecepatan read dan write yang cukup bagus, yaitu mencapai 3230/1625 MB/s. Sehingga, cukup menjadi kompetitor terbaik bagi perangkat SSD SATA lainnya. Yang lebih menggiurkan lagi, dengan berbekal performa yang cukup handal tersebut, Intel SSD 760p ini ternyata dibanderol dengan harga yang cukup murah juga. Sangat cocok untuk Anda yang lebih memilih menggunakan slot M.2 di bandingkan SATA.

4. Samsung 850 Pro 512 GB

Untuk perangkat SSD SATA terbaik dari yang di atas itu ada pada Samsung 850 Pro. SSD inilah yang paling pertama menggunakan teknologi SSD SATA V-NAND, sehingga sering juga disebut sebagai the fastest consumer SATA SSD. Dengan harga yang memang sedikit lebih mahal dari semua SSD di atas, tapi kepuasaan Anda dalam hal kecepatan PC gaming tentunya bisa terpuaskan. Hebatnya lagi, Samsung memberikan garansi hingga 10 tahun untuk produk Samsung 850 Pro ini loh! Itu berarti, SSD Samsung 850 Pro ini memiliki daya tahan yang lebih baik dibandingkan dengan SSD lainnya.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY