Proses backup data pada komputer adalah hal yang penting untuk dilakukan. Apalagi untuk Anda yang memang memiliki banyak data penting di dalam komputer. Hal ini tentunya untuk bisa menghindarkan Anda dari kehilangan file saat komputer mengalami kerusakan, baik itu dari sistem atau pun hardwarenya yang bisa membuat data-data penting Anda jadi hilang.

Nah, untuk para pengguna komputer Windows, di bawah ini Saya memiliki 3 cara yang bisa Anda gunakan untuk membackup data di komputer. Seperti apa cara-cara tersebut? Silahkan simak selengkapnya di bawah.

Cara membackup data di komputer

  • Hardisk eksternal: Cara pertama yang paling banyak digunakan dan memang paling baik adalah dengan menggunakan hardisk eksternal. Kapasitas dari sebuah hardisk eksternal saat ini pun sudah cukup besar, sehingga Anda pun bisa menyimpan banyak file ke dalamnya. Windows sendiri pun sudah memiliki fitur otomatis untuk melakukan backup data dengan lebih mudah dan cepat, saat perangkat hardisk eksternal Anda terhubung ke komputer. Fitur backup otomatis pada Windows 7 bernama Windows backup, sedangkan untuk Windows 8 dan 10 itu menggunkaan File History. Dengan menggunakan fitur ini, maka Anda pun tidak perlu lagi repot-repot meng-copy file lalu memindahkannya ke dalam hardisk Anda.
  • Blueray/DVD/CD: Cara kedua ini bisa dikatakan cara yang lawas atau jadul utuk digunakan di jaman sekarang ini. Tapi, tidak sedikit juga para pengguna komputer masih menggunakan cara ini loh! Termasuk Saya sendiri. Kenapa? Menggunakan sebuah disk (Blueray/DVD/CD) tentunya akan jauh lebih aman untuk digunakan. Kerusakan yang bisa terjadi pun sangat sedikit kemungkinannya dibandingkan dengan hardisk eksternal atau lainnya. Anda pun cukup menjaga dan merawat tempat penyimpanan dan penggunaan dari disk tersebut. Hindari pula agar tidak mengalami goresan pada disk tersebut. Beberapa driver komputer atau pun penginstalan sistem operasi pun masih banyak yang menggunakan perangkat ini.
  • Cloud Storage: Di jaman sekarang ini, sistem penyimpanan online atau lebih dikenal dengan nama penyimpanan cloud (Cloud Storage). Metode ini memang sudah sangat populer saat ini. Pasalnya, Anda tidak membutuhkan lagi perangkat keras (hardware) untuk disimpan sendiri untuk data-data Anda. Karena, dengan cloud storage file-file Anda akan tersimpan pada media penyimpanan online, yang tentunya akan mempermudah Anda untuk mengakses file-file tersebut, saat Anda sudah terhubung ke internet. Terdapat banyak sekali layanan penyimpanan cloud yang bisa Anda manfaatkan saat ini, seperti Dropbox, Google Drive, Microsoft One Drive dan cloud stroge lainnya yang biasanya menjadi bawaan dari perangkat mobile saat ini. Media penyimpanan online seperti ini pun bisa Anda sinkronisasikan ke komputer (PC/Laptop), kemudian mengatur folder mana saja yang akan Anda simpan secara otomatis ke dalamnya.

Nah, itulah beberapa media penyimpanan yang bisa Anda manfaatkan untuk mem-backup data-data penting yang ada di dalam komputer Windows 10 Anda. Kalau Anda memiliki rekomendasi untuk media backup data lainnya, silahkan Anda tuliskan pada kolom komentar ya!

Loading...

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY