Pada versi sistem operasi Windows sebelum-sebelumnya, Anda cukup menekan tombol F8 terlebih dulu untuk bisa masuk ke dalam halaman Safe Mode. Untuk Anda yang memang sudah ahli dalam menggunakan komputer, khususnya sistem operasi Windows, pasti sudah mengenal dengan baik halaman safe mode ini, bukan?

Halaman safe mode ini memang sangatlah bermanfaat untuk melakukan troubleshooting (perbaikan) pada sistem komputer saat terjadi masalah. Di mana Anda pun bisa dengan mudah menjalankan sistem restore di halaman ini, untuk mengembalikan pengaturan Windows 10 Anda seperti semula atau sebelum muncul masalah.

Hanya saja pada Windows 10, untuk mengakses halaman safe mode ini sedikit berbeda dari versi Windows sebelumnya. Untuk Anda yang memang ingin mengakses halaman safe mode ini, maka Anda bisa mencoba 3 cara di bawah ini untuk mengaktifkan halaman safe mode tersebut:

1. Pengaturan pada msconfig

Di Windows 10 ini, fitur msconfig masih bisa Anda akses seperti biasanya. Di mana pada versi Windows 7 ke bawah, msconfig ini banyak diakses untuk menambah kinerja dari Windows Anda, dengan mematikan beberapa program yang berjalan pada saat startup. Akan tetapi, pada Windows 10, program yang berjalan pada startup tidak akan Anda temukan lagi pada msconfig, tapi tersedia pada salah satu tab di task manager.

Salah satu fungsi dari fitur msconfig di Windows 10 yang masih bisa Anda manfaatkan di sini adalah mempermudah untuk ke dalam safe mode. Mau tahu seperti pada cara menggunakan msconfig untuk bisa dengan mudah masuk ke dalam safe mode Windiows 10? Silahkan Anda simak langkah-langkah selengkapnya di bawah ini:

  • Silahkan Anda buka terlebih dulu menu RUN dengan cara menekan shortcut tombol “Windows + R” pada keyboard Anda, lalu ketikkan perintah msconfig dan tekan tombol Enter. Atau Anda bisa juga mengetikkannya pada Start Menu Windows 10.

  • Di dalam halaman System Configuration tersebut, silahkan Anda klik pada opsi Boot, lalu berikan tanda centang pada opsi Safe Mode (Minimal) kemudian klik pada tombol Apply.

  • Jika Anda sudah selesai menerapkan langkah tersebut, silahkan Anda restart komputer Anda untuk mendapatkan efek dari pengaturan tersebut.

Saat Windows Anda sudah mulai booting, maka Anda pun akan langsung diarahkan masuk secara otomatis ke dalam safe mode, tanpa harus menekan tombol apa pun lagi. Setelah Anda sudah selesai melakukan troubleshooting di Safe Mode tersebut, maka silahkan Anda login lagi ke dalam Windows seperti biasanya, dan ubah kembali pengaturannya seperti semula. Agar nantinya Anda tidak berulang-ulang masuk ke dalam safe mode.

2. Mengaktifkan safe mode (tombol F8) melalui CMD

Di Windows 10 sendiri, tombol F8 (safe mode) itu tidak aktif secara default. Padahal, pada versi Windows sebelum-sebelumnya, tombol F8 itu memang sudah sangat identik dengan akses safe mode. Di mana saat komputer sudah mulai menyala, maka tangan Anda pun harus dengan cepat menekan tombol F8 itu secara berulang-ulang sebelum masuk ke dalam menu logon.

Nah, pada Windows 10 ini, tombol F8 tersebut secara defaultnya itu ditiadakan untuk mempercepat proses booting Windows 10. Maka dari itu, untuk Anda yang memang sudah terbiasa menekan tombol F8 untuk masuk ke dalam safe mode haruslah mengaktifkannya secara manual terlebih dulu melalui perintah di Command Prompt (CMD), dengan langkah-langkah seperti di bawah ini:

  • Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan membuka halaman Command Prompt (CMD) dengan user Administrator. Caranya itu adalah dengan klik kanan pada aplikasi CMD, lalu pilih opsi Run as Administrator.
  • Jika halaman Command Prompt (CMD) tersebut sudah terbuka, silahkan Anda ketikkan perintah di bawah ini:

bcdedit /set {default} bootmenupolicy legacy

  • Setelah mengetikkan perintah tersebut, langsung tekan tombol Enter dan restart komputer Anda.
  • Untuk melihat hasilnya, cobalah tekan tombol Enter berulang-ulang sebelum masuk ke halaman logon, agar Anda bisa mengakses halaman safe mode tersebut.
  • Untuk mematikan atau menon-aktifkan fitur tersebut, maka Anda cukup mengetikkan perintah di bawah ini, di halaman CMD:

bcdedit /set {default} bootmenupolicy standard

Kalau Anda memang sudah terbiasa menggunakan tombol F8 untuk mengakses halaman safe mode, sebaiknya tetap mengaktifkan fitur tersebut. Agar mempermudah Anda nantinya untuk mengakses halama safe mode kalau ingin melakukan troubleshooting atau perbaikan terhadap Windows 10 Anda.

3. Tombol F4 untuk safe mode

Pada cara yang ketiga ini mungkin akan sedikit berbeda dari sebelum-sebelumnya. Kalau Anda memang sudah terbiasa mengenal safe mode dengan tombol F8, maka pada poin ketiga ini pasti akan terasa sedikit berbeda, karena harus menekan tombol F4 untuk masuk ke dalam safe mode.

Pengaturan untuk tombol F4 agar bisa mengakses safe mode di Windows 10 ini bisa Anda coba terapkan pada halaman Settings. Langkah-langkahnya itu bisa Anda lihat di bawah ini:

  • Langkah pertama yang harus Anda lakukan di sini adalah dengan membuka menu “Settings” yang ada di Start Menu Windows 10 Anda.

  • Jika halaman Settings tersebut sudah terbuka, Anda harus masuk lagi ke dalam halaman Update & Security, setelah itu menuju ke halaman Recovery, kemudian mengakses menu Advance Startup.
  • Nah, setelah Anda berada di dalam halaman Advance Mode Windows 10 ini, Anda pun akan melihat 3 meu pilihan, yaitu Continue, Troubleshoot, kemudian Turn off your PC. Untuk mengakses safe mode dengan mengaktifkan tombol F4, maka Anda klik opsi kedua atau Troubleshoot.

  • Di dalam halaman Troubleshoot tersebut Anda akan melihat beberapa pilihan menu lagi, mulai dari System Restore, System Image Recovery, Startu Repair, Command Prompt, Startup Settings, dan terakhir adalah Go back to the previous build. Untuk melanjutkan pengaturan safe mode, maka Anda cukup mengklik paa menu “Startup Settings”, agar Anda bisa mengatur perubahan pada saat startup Windows 10.

  • Pada halaman Startup Settings tersebut, Anda akan melihat berbagai macam pilihan. Tapi, Anda cukup fokus pada opsi atau pilihan nomor 4 (safe mode). Itu berarti Anda harus menekan tombol F4 untuk bisa masuk ke dalam safe mode. Setelah itu, silahkan Anda klik tombol Restart yang ada di bawah.

  • Saat komputer dalam mode booting, maka Anda pun nantinya akan di arahkan pada halaman dengan background berwarna biru, dengan berbagai pilihan. Silahkan Anda tekan tombol F4 untuk bisa masuk ke dalam safe mode, sesuai dengan daftar yang ditampilkan.

Nah, itulah 3 cara untuk bisa dengan mudah dan cepat masuk ke dalam safe mode Windows 10.

Kalau Anda memiliki pertanyaan atau tambahan seputar artikel ini, silahkan sampaikan pada kolom komentar ya!

* * * * *
Buku Formula Cinta

1 COMMENT

LEAVE A REPLY