Overclocking merupakan proses yang biasanya dilakukan untuk meningkatkan performa PC melalui peningkatan voltase dari chipset hingga ke batas maksimalnya. Proses ini tentunya memiliki resiko yang cukup besar saat dilakukan. Makanya, tidak sembarangan orang yang bisa melakukan proses overclocking ini. Saya sendiri, sudah pernah menerima resiko dari overclocking ini pada VGA Card Saya.

Karena, memang sudah ada software yang include pada driver VGA tersebut, makanya Saya mencoba menaikkan voltage dari VGA Card Saya, hingga VGA card tersebut sampai terbakar. Letak kesalahan Saya itu adalah, karena tidak ada sistem pendingin yang cukup (heatsink standar VGA card), serta penggunaan sehari-hari. Padahal, untuk peralatan yang dioverclock hanya bisa digunakan dalam waktu singkat saja, serta memerlukan pendingin yang ekstra bahkan ekstrim.

Nah, untuk Anda yang memang ingin mencoba menjadi overclocker yang pro, maka Anda harus mengetahui 10 peralatan penting yang digunakan oleh para overclocker pro berikut ini:

1. Nitrogen cair

Peralatan yang harus selalu ada saat par overclocker pro ingin memulai proses oveclocking PC itu adalah nitrogen cair. Nitrogen cair ini merupakan sebuah zat pendingin yang bisa membuat suhu suatu benda menjadi turun dengan sangat drastis. Bahkan digadang-gadang lebih dingin dari es. Fungsi dari nitrogen cair pada saat proses overclocking ini adalah untuk membuat perangkat menjadi lebih dingin, saat terjadi proses overclocking. Kenapa bukan air es saja? Nitrogen cair ini bisa mendinginkan suatu benda lebih cepat dan lebih dingin dari es, makanya penggunaan nitrogen cair saat overcloking lebih diutamakan. Bahkan, suhu yang bisa dicapai dengan menggunakan nitrogen cair saat overclocking di tingkatan tertinggi itu bisa sampai minus derajat celcius. Sehingga, terjadi pembekuan pada heatsink processor atau pun perangkat yang dioverclock lainnya.

2. Solder

Peralatan selanjutnay yang termasuk penting dan selalu ada saat proses overclocking adalah solder. Para overclocker yang sudah pro seperti dari tanah air yaitu Alva Jonathan, memanfaatkan sebuah solder untuk memodifikasi bagian hardware yang dianggap penting untuk menaikkan voltage. Agar perangkat tersebut bisa mencapai voltage yang lebih tinggi dari batasannya. Ini hanya bisa dilakukan oleh overclocker pro saja ya!

3. Bench Table

Istilah benchmark mungkin sudah tidak asing di telinga kalian. Tapi, kalau untuk bench table ini, apakah sudah biasa juga Anda dengarkan? Untuk overclocker pro, bench table ini semacam casing terbuka untuk meletakkan semua hardware PC. Dengan bench table maka proses pemasangan dan pelepasan hardware menjadi lebih mudah. Karena, memang ini semacam casing yang terbuka, tapi tetap memiliki standar peletakan posisi hardware masing-masing, seperti poin baut untuk motherboard, dan lainnya.

4. Power Meter, Thermal Sensor, Multimeter

3 peratalan ini juga sangat penting disiapkan dalam proses overclocking. Untuk Anda yang biasa berhubungan dengan listrik atau pun tegangan mungkin sudah mengenal dengan 3 peralatan di atas. Power meter merupakan peralatan yang bisa mengukur tegangan atau voltase dari power supply agar tidak melewati kapasitasnya saat proses overclocking. Thermal sensor ini digunakan untuk mengukur suhu dari processor, atau pun perangkat yang di-overclock lainnya. Sedangkan multimeter digunakan untuk mengukur tegangan atau daya pada kapasitas atau pun tegangan pada PC tersebut. Perangkat ini bisa mengukur lebih tepat dibandingkan dengan software yang di PC overclocking tersebut.

5. Thermos/Vacuum Flask

Penggunaan thermos atau vacuum flask ini juga sangat penting sebagai wadah penyimpanan dari nitrogen cair tersebut agar tidak menguap. Karena, nitrogen cair ini adalah zat yang sangat mudah menguap, makanya diperlukan dalam jumlah banyak (1 vacuum flask) saat Anda ingin menggunakannya untuk kebutuhan overclocking. Para overclocking ini biasanya menghabiskan sekitar 1 vacuum flask liquid nitrogen saat proses overcloking PC yang hampir setara dengan 1 galon air.

6. Kneaded Eraser/Art Eraser

Kalau Anda dulunyan mengenal yang namanya lilin permainan anak-anak, maka peralatan inilah yang juga digunakan saat proses overclocking. Penggunaan Art Eraser ini untuk melindungi bagian dari motherboard atau komponen kelistrikan lain pada PC overclocking dari cairan. Kneaded eraser ini ditempel pada bagian motherboard dan juga VGA secara merata.

7. Air Blower

Air blower ini merupakan peralatan yang memiliki fungsi seperti kipas, yang nantinya digunakan untuk membersihkan setiap sisa-sisa air atau cairan yang masih menempel pada komponen setelah selesai overclocking. Jadi, peralatan ini masuk dalam jajaran peralatan penting untuk digunakan saat overclocking juga.

8. Hairdryer

Untuk membantu proses pengeringan atau menghilangkan pembekuan dari efek nitrogen cair pada saat proses overclocking menggunakan nitrogen cair, maka penggunaan hairdryer pun dibutuhkan. Hairdryer ini pun biasanya disandingkan dengan air blower di atas saat proses overclocking telah selesai. Dengan haridryer, maka es yang membeku pada heatsink processor bisa dihilangkan. Tapi, biasanya hairdryer ini digunakan juga saat sedang dalam proses overclocking untuk membuat suhu naik, jika memang suhu yang terdapat pada heatsink sudah terlalu tinggi yang membuat processor tidak bisa bekerja dengan baik lagi.

9. Blow Torch

Nah, yang satu ini pasti akan cukup ekstrim dilihat saat proses overclocking. Pasalnya, penggunaan blow torch yang biasanya untuk membakar atau memanggang makanan ini ternyata salah satu peralatan penting digunakan oleh para overclocker pro saat proses overclocking. Para overclocker yang sudah pro lebih memilih menggunakan blow torch dibandingkan denagn hairdryer, karena memang proses pemanasannya lebih cepat dibandingkan dengan hairdryer. Sehingga, suhu yang sudah mencapai titik beku itu bisa cepat dipanaskan atau dinaikkan lagi.

10. Handuk

Yang terakhir adalah handuk, yang mana penggunaannya itu bisa membantu dalam menghilangkan sisa-sisa dari nitrogen yang sudah mencair tersebut agar tidak membasahi komponen penting di PC. Tapi, biasanya para overclocker pro lebih menggunakan tisu khusus yang lebih cepat menyerap air dan lebih tipis agar bisa masuk ke sela-sela komponen moterboard.

Nah, itulah 10 peralatan penting yang selalu disiapkan oleh para overclocker pro saat memulai proses overclocking.

LEAVE A REPLY