Kecepatan jaringan internet di tanah air saat ini sudah bisa dikatakan cukup mumpuni. Ini karena, jaringan 4G LTE dan juga provider lokal sudah mulai memperbaiki infrastruktur jaringannya. Kecepatan internet dengan menggunakan provider lokal yang menggunakan fiber optik bahkan sudah ada yang sampai 100Mbps. Itu berarti kecepatan download data yang akan Anda dapatkan secara real adalah sebesar 10MB perdetiknya.

Tapi, untuk membuat kecepatan internet Anda semakin lebih kencang lagi, maka Anda bisa mencoba menggunakan trik Saya ini. Trik ini adalah dengan mengedit DNS dengan menggunakan DNS gratisan yang langkah-langkannya itu bisa Anda lihat di bawah ini.

Hack DNS untuk mempecepat internet di Windows

  • Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan masuk pada halaman Control Panel di Windows Anda. Control Panel ini bisa Anda akses melalui menu Start Windows, atau pun bisa di dalam halaman Explorer Anda (untuk Windows 7 ke bawah). Bagi Anda yang memang suka mengutak atik Windows, pasti sudah sering sekali membuka halaman Control Panel ini kan?

trik-mempercepat-koneksi-internet-dengan-edit-dns-1-oleh-tekno-segiempat

  • Setelah Anda berada di dalam halaman Control Panel tersebut, silahkan Anda lanjut klik pada menu “Network and Internet”. Menu ini adalah menu untuk bisa melakukan pengaturan dasar dari jaringan LAN, Wifi, dan juga Internet untuk komputer Windows.

trik-mempercepat-koneksi-internet-dengan-edit-dns-2-oleh-tekno-segiempat

  • Selanjutnya, silahkan Anda klik lagi pada menu yang bernama “Network and Sharing Center”. Di dalam menu ini pengaturan jaringan sudah lebih difokuskan pada pengolahan protokol dan juga berbagi data (Sharing).

trik-mempercepat-koneksi-internet-dengan-edit-dns-3-oleh-tekno-segiempat

  • Di tahapan berikutnya, Anda klik lagi pada opsi yang bertuliskan “Local Area Connection” dan lanjut pada “Properties “. Di dalam jendela Properties ini Anda akan melihat dua opsi untuk pengaturan IP yaitu IPV6 dan juga IPV4. Kedua opsi ini adalah protokol untuk pengisian alamat IP dan juga DNS jaringan Anda nantinya.

trik-mempercepat-koneksi-internet-dengan-edit-dns-4-oleh-tekno-segiempat

  • Untuk Anda yang menggunakan alamat IPV4 yang biasanya digunakan saat ini, maka silahkan Anda klik dua kali pada opsi tersebut, lalu isi pada bagian alamat DNS-nya seperti yang ada di bawah ini:

trik-mempercepat-koneksi-internet-dengan-edit-dns-5-oleh-tekno-segiempat

Preferred DNS Server: 208.67.222.222
Alternate DNS server: 208.67.220.220

  • Untuk Anda yang menggunakan alamat IPV6, maka silahkan Anda klik 2 kali pada opsi tersebut, lalu isikan dengan alamat DNS seperti yang ada di bawah ini:

Preferred DNS server: 2620:0:ccc::2
Alternate DNS server: 2620:0:ccd::2

trik-mempercepat-koneksi-internet-dengan-edit-dns-6-oleh-tekno-segiempat

Nah, sampai pada tahap ini maka trik mempercepat koneksi internet di komputer sudah selesai. Untuk mencoba apakah internet Anda memang sudah cepat, maka silahkan Anda coba browsing, download, atau menonton video streaming. Pasti Anda akan merasakan kecepatan yang lebih baik dari sebelumnya kan? Tapi, menurut Saya kecepatan internet Indonesia saat ini sudah cukup lumayanlah. Sehingga tanpa harus menggunakan trik di atas pasti Anda sudah cukup puas.

Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY