Tips Mengamankan Jaringan Hotspot Wifi Sendiri 1 oleh tekno segiempatMemiliki jaringan internet atau hotspot sendiri di rumah pasti sangat menyenangkan. Apalagi jika kecepatan internet dari hotspot tersebut mencapai 10 Mbps atau realnya hanya 1 MBps saja. Pasti Anda akan bebas untuk mendownload film,  game, atau pun software yang cepat walaupun ukuran filenya mencapai gigabyte. Tapi, yang paling menjengkelkan jika pada saat Anda sedang mendownload, ada juga orang lain yang tiba-tiba menerobos jaringan hotspot Anda sendiri dan numpang untuk  online sambil mendownload. Nah, di bawah ini Saya memiliki tips untuk mengamankan jaringan internet Hotspot milik sendiri di rumah, yang bisa Anda simak di bawah ini:

1. Ganti password default

Pada setiap perangkat router Access Point (Hotspot) pasti memiliki password default yang memang telah diisikan oleh setiap provider yang ada. Password ini berguna untuk melakukan settingan awal untuk menu administrator. Karena, ini adalah password default tentunya akan sangat mudah untuk diketahui semua orang. Untuk itu, jika Anda telah membeli sebuah Access Point (Hotspot) tersebut, langsung saja Anda ubah password default agar tidak mudah untuk dibobol oleh orang lain. Pada umumnya untuk mengakses settingan dari access point tersebut, Anda harus membuka alamat IP 192.168.1.1 langsung pada browser Anda. Dan, silahkan ikuti menu-menu atau petunjuk untuk perubahan password default tersebut, sesuai dengan buku petunjuk perangkat Access Point tersebut.

2. Gunakan fitur MAC Address Filtering

Mac Address ini merupakan alamat dari perangkat jaringan yang paten dan tidak bisa diubah-ubah oleh pemiliki PC atau laptop, kecuali yang menggunakan NIC Card yang bisa dicopot. Tapi, jika Anda menggunakan port bawaan onboard, maka Mac Address yang ada sudah tidak dapat diubah lagi. Setiap perangkat access point (hotspot) memiliki pengaturan untuk memfilter alamat mac address ini. Melakukan filter ini digunakan agar setiap komputer yang ingin menggunakan koneksi hotspot Anda haruslah yang sudah didaftarkan Mac Address-nya.

3. Gunakan Enkripsi Router

Membobol sistem keamanan hotspot atau access point standar ini atau dikenal dengan WPA/WPE ini bisa dikatakan cukup mudah. Saya pun pernah menuliskan artike tentang hal tersebut, yang bisa Anda lihat dengan judul “Cara ampuh hack hotspot berpassword“. Nah, dengan adanya fitur yang bernama  Enkripsi Router pada setiap access point maka kemungkinan berhasil pada artikel yang telah Saya tulis tersebut akan turun menjadi 50% saja. Enkripsi WPA/WPE ini ada pada setiap menu konfigurasi awal perangkat hotspot.

4. Non-aktifkan Hotspot jika tidak digunakan

Ini adalah cara terakhir paling aman untuk mengamankan jaringan internet Wifi Anda di rumah yaitu dengan mematikannya segera setelah Anda selesai menggunakannya. Jika Anda mematikannya,  pasti secara otomatis semua orang yang berhasil menggunakan koneksi router Anda akan terputus.

Nah, itulah 4 cara paling mudah dan ampuh untuk mengamankan jaringan hotspot Anda  di rumah atau jika Anda memiliki cafe sendiri. Semoga cara di atas cukup membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY