Menggunakan koneksi jaringan WiFi memang lebih simpel dan fleksibel dibandingkan dengan jaringan kabel. Pasalnya, dengan menggunakan jaringan WiFi, Anda bisa berpindah-pindah tempat dalam area jangkauan WiFi tersebut. Berbeda dengan menggunakan kabel yang biasanya diperuntukan untuk pengguna yang hanya ingin berada pada satu tempat terus menerus, seperti pengguna PC.

Akan tetapi, banyak pengguna mengeluhkan mengenai penggunaan jaringan WiFi dibandingkan jaringan kabel. Salah satu keluhan dari pengguna WiFi itu adalah saat proses untuk terhubung, di mana sistem operasi melakukan pengecekan terhadap jaringan tersebut (Checking network requirements). Biasanya, masalah ini banyak dialami oleh para pengguna Windows 7 dan Windows 8. Akan tetapi, pada Windows 10 yang diklaim sudah dilakukan penyempurnaan stabilitas jaringan, ternyata banyak juga yang mengalaminya.

Mengatasi masalah Checking network requirements WiFi di Windows 10

Saat Anda mencoba terhubung ke jaringan WiFi, maka hanya ada dua hal yang bisa terjadi, yaitu error (tidak bisa terhubung) atau bisa terhubung. Sedangkan kalau terjadi error, seperti Checking network requirements biasanya terjadi jika sudah terlalu lama, tanpa ada kejelasan bisa terhubung atau tidak.

Yang menjadi peyebab dari masalah ini biasanya karena driver yang tidak update atau tidak kompatibel. Melakukan update driver biasanya bisa mengatasi masalah tersebut. Untuk itu, Anda perlu mengikuti beberapa langkah di bawah ini untuk mengatsinya:

1. Update / Instal ulang driver

Dari beberapa pemecahan masalah yang kami lakukan, salah satu cara terbaik yang bisa dilakukan untuk masalah seperti ini adalah melakukan update atau install kembali driver. Untuk langkah-langkahnya sendiri bisa Anda simak di bawah ini.

Update driver jaringan:

  • Tekan tombol Win + R untuk membuka menu Run, lalu dan ketikan devmgmt.msc. Tekan Enter untuk membuka Device Manager.
  • Klik pada Network Adapter, lalu klik kanan pada nama driver yang Anda gunakan, dan pilih opsi Update driver.
  • Setelah selesai, pastikan untuk me-restart komputer Anda.

Install kembali driver jaringan:

  • Buka kembali halaman Device Manager, dan masuk ke nama driver jaringan yang Anda gunakan, kemudian klik kanan pada nama driver tersebut.
  • Pilih pada opsi yang bertuliskan Uninstall device.
  • Setelah itu, silahkan Anda install kembali driver jaringan yang Anda gunakan.

2. Jalankan Network adapter troubleshooter

Cara ini pun terbilang cukup ampuh dalam mengatasi permasalahan jaringan pada sistem operasi Windows 10. Langkah-langkahnya bisa Anda ikuti di bawah ini:

  • Klik tombol Start dan pilih menu Settings > Update & Security > Troubleshoot.
  • Pilih Network adapter troubleshooter dari daftar, dan klik tombol Run troubleshoot.
  • Restart komputer Anda jika prosesnya sudah selesai.

Akhir kata

Itulah beberapa cara yang bisa Anda tempuh jika mendapatkan masalah Checking network requirements yang lama di Windows 10.

Semoga bisa membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY