Berbicara mengenai dunia jaringan komputer atau lebih spesifik lagi ke internet, nama FTP tentunya sudah cukup familiar untuk telinga-telinga para pakar jaringan atau IT. FTP ini merupakan salah satu layer atau lapisan dalam sebuah jaringan. Biasanya, FTP ini dikaitkan dengan server yang merupakan singkatan dari File Transfer Protocol Server.

FTP Server ini merupakan server publik atau swasta yang bisa meng-host file yang bisa diakses secara lokal atau pun global. Website-website yang Anda akses seperti segiempat.com ini merupakan gabungan dari beberapa file yang dihost pada sebuah web server yang salah satu melalui metode FTP.

Pada artikel kali ini Saya tidak akan membahas panjang lebar penjelasan mengenai FTP tersebut. Karena, pembahasan mengenai dunia jaringan seperti ini, tentu tidak akan cukup untuk sebuah artikel saja. Di artikel kali ini Saya akan membahas mengenai cara mengaktifkan layanan FTP Server pada komputer Windows 10. Sehingga, Anda yang memang perlu untuk mengkases file di komputer baik secara lokal atau pun global bisa dengan mudah. Seperti apa caranya? Silahkan Anda ikuti tutorialnya di bawah ini.

Cara setting FTP Server pada Windows 10

Ada beberapa tahapan yang akan kita lalui untuk mengaktifkan FTP Server di Windows 10 yang bisa Anda simak selengkap di bawah:

  1. Mengkonfigurasi FTP Server pada Windows 10
  • Langkah pertama yang perlu Anda lakukan di sini adalah dengan membuka halaman Turn Windows Features On or Off, denga mencarinya pada kolom pencarian di Start Menu.
  • Setelah halaman tersebut terbuka, silahkan Anda scroll ke bawah hingga Internet Information Services. Lalu, Anda klik pada opsi tersebut hingga mendapatkan opsi FTP Server di bawahnya.

  • Berikan tanda centang untuk semua opsi yang muncul dan klik tombol OK.
  • Sekarang, Windows 10 Anda sudah mengaktifkan FTP Server dan siap untuk meng-host file-file di komputer Anda.
  • Sekarang, untuk melakukan konfigurasi pada FTP Server, silahkan Anda cari Internet Information Services (IIS) Manager pada kolom pencarian di Start Menu.
  • Di bawah label Connections, klik kanan pada opsi Sites, kemudian pilih Add FTP Sites.
  • Setelah itu, akan muncul halaman pop up, untuk memasukkan informasi mengenai FTP Hosting yang Anda buat ini.

  • Masukkan detailnya satu persatu, lalu klik tombol Next.

  • Selanjutnya, pada halaman Authentication and Authorization Information, silahkan Anda ikuti saja sesuai gambar di bawah ini atau tergantung dengan pengetahuan Anda. Dan, klik tombol Finish jika sudah selesai.

Kini komputer Windows 10 Anda sudah siap untuk menjadi FTP Server untuk hosting file. Selanjutnya adalah memberikan ijin koneksi untuk FTP Server ini, yang bisa Anda simak pada poin kedua di bawah.

  1. Konfigurasikan Windows Firewall agar koneksi FTP dapat lewat
  • Langkah pertama adalah dengan membuka halaman Windows Firewal yang bisa Anda cari melalui kolom pencarian di Start Menu atau Cortana Windows 10.
  • Setelah jendela Windows Firewall terbuka, silahkan Anda klik opsi Allow an app or feature through Windows Firewall, yang ada di panel sebelah kiri.
  • Di dalam halaman ini, silahkan Anda klik pada tombol Change Settings yang ada di bagian kanan atas tabel.

  • Selanjutnya, silahkan Anda cari opsi yang berlabel FTP Server, dan berikan centang untuk kolom Private dan Public. Lalu klik tombol OK jika sudah selesai.

Akhir kata

Sekarang komputer Windows 10 Anda sudah mengaktifkan fitur FTP Server pada jaringan lokal. Selanjutnya, Anda bisa melanjutkan membaca artikel yang berjudul pengaturan FTP Server untuk bisa diakses jaringan eksternal.

Selamat mencoba, dan semoga bisa membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY