Pada artikel sebelumnya Saya sudah menuliskan mengenai cara untuk mengaktifkan layanan FTP server di komputer dengan sistem operasi Windows 10, sehingga Anda pun bisa dengan mudah untuk mengakses file dengan menggunakan perangkat komputer jarak jauh. Akan tetapi, Anda pasti masih belum mengetahui seperti apa cara untuk bisa menambahkan user baru ke dalam FTP Server Windows 10 Anda kan? Nah, pada artikel kali ini, masalah tersebut akan Saya bahas untuk Anda yang belum mengetahuinya.

Cara menambahkan user baru untuk akses FTP Server di Windows 10

Setelah kita berhasil meng-host FTP Server, melakukan konfigurasi terhadap Firewall Windows 10, melakukan pengaturan pada server FTP tersebut untuk jaringan internet secara eksternal, dan lainnya, tentu Anda masih bertanya-tanya bagaimana cara untuk menambahkan user baru ke server FTP tersebut. Untuk proses penambahan akun tertentu ke server FTP ini, kita akan melalui 3 tahapan untuk proses pendaftaran ke konfigurasi server FTP tersebut. Maka dari itu, Anda harus benar-benar mengikuti langkah demi langkah berikut ini dengan cermat.

  1. Membuat beberapa akun FTP

Untuk bisa membuat membuat beberapa akun tertentu yang mendapatkan autentikasi untuk mengakses Server FTP tersebut, maka kita perlu melakukan beberapa pengaturan tambahan pada Windows 10. Untuk langkah-langkahnya silahkan Anda simak selengkapnya di bawah.

  • Silahkan Anda mulai dengan menekan tombol Win + I pada keyboard untuk membuka halaman Settings. Selanjutnya, silahkan Anda masuk ke Accounts > Family & other users.

  • Selanjutnya, pada panel bagian kanan, silahkan Anda scroll ke bawah untuk opsi Other Users, lalu klik pada menu opsi Add someone else to this PC.

  • Setelah muncul halaman pop up baru, maka silahkan Anda klik pada link biru yang bertuliskan I don’t have this person’s sign-in information.
  • Di halaman selanjutnya, silahkan Anda masukkan informasi user yang ingin Anda tambahkan, seperti user dan juga password yang nantinya harus Anda masukkan dua kali dengan password yang sama.

  • Pastikan password yang Anda masukkan itu sudah cukup aman, agar tidak ada orang jahil yang bisa merusak sistem FTP Server yang telah Anda buat tersebut.

Setelah proses pembuatan user ini selesai, silahkan Anda ikuti tahapan selanjutnya di bawah.

  1. Mengkonfigurasi pengaturan Server FTP untuk menambahkan user baru
  • Untuk tahapan kedua ini, silahkan Anda membuka folder yang berisikan file-file yang terlihat pada konfigurasi FTP tersebut. Selanjutnya, silahkan Anda klik kanan pada folder tersebut dan pilih opsi Properties.

  • Berikutnya, silahkan Anda arahkan ke tab Security, lalu klik pada tombol Edit.
  • Untuk layar berikutnya, silahkan Anda klik pada tombol Add.

  • Setelah muncul jendela kecil yang baru, yang bernama Select User or Group, silahkan Anda masukkan nama user yang telah Anda buat untuk ditambahkan ke FTP Server tersebut pada kolom yang bernama Enter the object name to select. Setelah itu, klik pada tombol Check Names.
  • Tahapan berikutnya, silahkan Anda pilih user yang muncul dari daftar yang sudah terisi dan klik tombol OK. Di tahapan ini, Anda pun akan di bawa ke layar baru yang berisikan informasi dari setiap user yang telah Anda buat sebelumnya pada tahapan pertama di atas.
  • Di halaman ini, silahkan Anda pilih user yang ingin tambahkan dan lakukan pengaturan ijin penggunaan dan akses, lalu klik tombol OK jika sudah selesai.
  1. Mempersiapkan peraturan untuk user tertentu pada Server FTP

Di tahapan ketiga ini, kita akan melakukan konfigurasi Server FTP yang disesuaikan dengan hak akses pada user baru tersebut.

  • Langkah pertama adalah dengan membuka start menu dan langsung saja Anda ketikkan Internet Information Services (IIS). Kemudian, klik pada aplikasi yang muncul sesuai dengan namanya tersebut.
  • Setelah terbuka, pada panel bagian kiri, silahkan Anda klik folder Sites, untuk melihat nama FTP Server yang telah Anda buat sebelumnya. Silahkan Anda klik pada FTP Server Anda tersebut.

  • Beralih ke panel sebelah kanan, Anda akan menemukan opsi yang bernama FTP Authorization Rules.
  • Silahkan Anda lanjut dengan mengklik kanan pada menu ikon tersebut, lalu klik pada tombol Add allow rules dari daftar.

  • Setelah muncul halaman baru, silahkan Anda lanjut dengan mengklik opsi Selected Users.
  • Selanjutnya, silahkan Anda masukkan informasi akun yang sudah Anda buat sebelumnya.
  • Lakukan pengaturan hak akses (perimissions) terhadap user tersebut, sehingga nantinya tidak akan dengan mudah mengutak-atik FTP Server yang telah Anda buat tersebut. Lalu, klik tombol OK jika sudah selesai.

Jika semua tahapan-tahapan di atas sudah Anda lakukan dengan benar atau sesuai, maka user yang telah Anda buat tersebut sudah bisa digunakan untuk mengakses FTP Server di komputer Windows 10 Anda, baik itu secara lokal atau pun global (Internet).

Fitur FTP Server ini biasanya digunakan oleh perkantoran untuk konfigurasi jaringan Intranet, yang menghubungkan antara kantor yang satu dengan kantor lainnya, tapi dengan akses dan user tertentu  saja.

Akhir kata

Itulah beberapa langkah yang bisa Anda coba lakukan untuk menambahkan user baru ke FTP Server Windows 10 yang telah Anda buat sebelumnya. Kalau Anda memiliki cara-cara lain yang lebih mudah atau pertanyaan seputar artikel di atas, silahkan Anda tuliskan pada kolom komentar yang telah kami siapkan di bawah.

Selamat mencoba dan semoga membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY