Pada artikel yang membahas mengenai cara mengaktifkan layanan FTP Server di Windows 10 sebelumnya, kita hanya mengaktifkan layanan FTP Server untuk jaringan lokal (LAN) saja. Tentunya ini tidak akan berfungsi jika Anda sedang berada jauh dari rumah, dan ingin mengakses file sudah dihosting di komputer melalui internet secara eksternal. Untuk itu, pada artikel kali ini Saya akan memberikan tutorial mengenai cara membuat FTP Server di Windows 10 secara global untuk jaringan Eksternal (private).

Cara membuat FTP Server online di komputer sendiri untuk jaringan eksternal

Untuk cara ini, Anda membutuhkan beberapa pengaturan tambahan dari artikel sebelumnya. Sehingga file yang telah Anda hosting tersebut sudah bisa diakses melalui internet, tapi tetap bersifat privasi. Seperti apa caranya? Silahkan Anda simak langkah-langkah singkatnya di bawah ini:

  • Langkah pertama yang perlu Anda lakukan di sini adalah dengan menekan tombol Windows + X, lalu memilih menu Command Prompt (Admin).
  • Setelah halaman Command Prompt (CMD) tersebut terbuka, Anda lanjut dengan mengetikkan perintah ipconfig, lalu tekan tombol Enter untuk mengeksekusinya. Perintah ini untuk mendapatkan detail informasi jaringan yang Anda gunakan.

  • Pada detail informasi jaringan tersebut, yang perlu Anda ketahui atau catat di sini hanyalah pada bagian Default Gateway saja, yang berisikan alamat IP dari gateway, yang merupakan IP server atau modem internet yang Anda gunakan.
  • Selanjutnya, silahkan Anda buka browser pada komputer Anda, lalu ketikkan alamat IP Default Gateway tersebut.
  • Masukkan user dan password dari router atau modem internet yang Anda gunakan untuk melakukan konfigurasi.

  • Tahap berikutnya, silahkan Anda klik pada opsi WAN atau NAT, lalu cari opsi Port Forwarding.
  • Di dalam halaman Port Forwarding tersebut, silahkan Anda konfigurasi beberapa pengaturan berikut ini:

Service Name : Silahkan Anda isi bebas sesuai keinginan Anda.
Port Range : Ketikkan angka 21 sebagai port yang akan digunakan.
Local IP : Silahkan Anda isi dengan alamat IP komputer Anda saat ini.
Local Port : Ketikkan lagi angka 21 sebagai port yang akan digunakan.
Protocol : Pilih TCP dari daftar sebagai protokol jaringan.

  • Jika semua pengaturan tersebut sudah selesai dan sesuai, maka Anda cukup klik tombol Save atau Add, dan klik juga tombol Apply Changes untuk menerapkan perubahan yang sudah Anda lakukan.

Akhir kata

Semua pengaturan di atas haruslah sesuai, sehingga komputer Windows 10 Anda pun kini bisa berfungsi sebagai FTP Server untuk menghost file-file yang ingin bagikan atau akses melalui internet secara privasi.

Selamat mencoba dan semoga bisa berhasil.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY