Cara Melakukan Flush DNS Oleh SegiempatCara melakukan Flush DNS ini mungkin belum Anda ketahui. Kebanyakan komputer yang terhubung pada Internet melakukan apa yang disebut DNS caching. Artinya, nama Domain serta alamat web dari situs web yang Anda kunjungi disimpan dalam komputer Anda, sehingga ketika Anda mengunjungi situs tersebut lebih dari sekali, laman situs tersebut akan terisi lebih cepat karena telah di-cache.

Cara melakukan Flush DNS ini mungkin ingin Anda lakukan, untuk menghapus informasi cache. Ikuti cara-cara dibawah ini untuk melakukan Flush DNS pada Windows dan Macintosh.

 

Pada Windows

1. Klik tombol Start atau Anda bisa menekan tombol Windows untuk menampilkan menu Programs.

2. Klik kanan pada ikon berlabel ‘cmd’ yang ada pada menu Programs. Pilihlah opsi Run as administrator, dan klik Accept. Atau Anda bisa menekan kombinasi tombol WIN + R untuk menjalankan kotak dialog Run, dan mengetikkan cmd pada kotak yang muncul.

3. Ketikkan ipconfig /flushdns pada Command Prompt. Pastikan Anda memberikan sebuah spasi antara huruf ‘G’ dan garis miring. Tunggulah sampai pesan ‘Successfully flushed the DNS Resolver Cache’ muncul untuk menyelesaikan proses Flush DNS.

4. ketikkan exit dan tekan Enter untuk keluar dari Command Prompt.

 

Pada Macintosh

1. Klik pada menu Apple dan pilih Applications>Utilities, dan lalu klik Terminal.

2. Ketikkan perintah lookup –flushcache pada Terminal jika Anda menggunakan Mac OS X Tiger ataupun sistem operasi yang lebih lama. Pastikan Anda memberikan spasi antara huruf ‘P’ dan tanda garis. Tekan Enter untuk menyelesaikan proses Flush DNS.

3. Ketikkan perintah dscacheutil -flushcache pada Terminal jika Anda menggunakan Mac OS X Leopard ataupun sistem operasi yang terbaru. Pastikan Anda memberikan spasi antara huruf ‘L’ dan tanda garis. Tekan Enter untuk menyelesaikan proses Flush DNS.

 

Tips

Anda bisa secara permanen mematikan DNS caching pada Windows dengan menjalankan program yang bernama services.msc. Ketikkan services.msc pada kotak Run ataupun kotak Search, pada menu Start. Saat jendela program muncul, carilah DNS Client dan klik dua kali pada opsi tersebut. Klik Stop. Untuk mengaktifkan kembali DNS caching setelah Anda mematikannya, ulangi langkah diatas, dan lalu klik Start.

Jika Anda menggunakan Microsoft Windows, Anda bisa mematikan DNS caching sementara dengan menjalankan Command Prompt, dan mengetikkan perintah net stop dnscache pada jendela Command Prompt. Perintah ini akan menghentikan DNS caching sampai Anda melakukan reboot pada komputer Anda.

 

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY