, Bagi Anda pengguna perangkat komputer dengan platform sistem operasi Windows tentunya mengenal browser bawaan dari Windows yang bernama Internet Explorer, kan? Nah, pada Windows 10 saat ini, nama Internet Explorer tersebut sudah berubah menjadi Microsoft Edge. Microsoft Edge pada Windows 10 memang mendapatkan beberapa tambahan, mulai dari performa, tampilan, hingga fitur yang lebih baik dari Internet Explorer pada versi Windows sebelumnya.

Microsoft Edge saat ini dilengkapi dengan fitur yang sudah mendukung teknologi atau perkembangan website saat ini. Sehingga, akan lebih nyaman digunakan untuk Anda para pengguna Windows 10. Salah satu fitur yang membuat beberapa penggunanya cukup tertarik itu adalah autoplay video.

Cara mematikan autoplay video untuk website tertentu di Microsoft Edge

Pada artikel sebelumnya, Saya sudah membahas cukup banyak mengenai fitur autoplay video pada Microsoft Edge ini. Di mana fitur tersebut ternyata bisa dinon-aktifkan kalau memang aktif secara default. Namun, pembahasa Saya sebelumnya adalah dengan menon-aktifkan fitur tersebut untuk semua website.

Nah, bagaimana kalau Anda ternyata hanya ingin menon-aktifkan fitur tersebut untuk website tertentu saja?

Pihak Microsoft sendiri memang sudah menambahkan pengaturan lanjutan untuk menon-aktifkan atau mengaktifkan autoplay video pada website yang Anda inginkan saja. Langkah-langkah pengaturannya ini tidak jauh berbeda dengan artikel sebelumnya yang membahas tentang cara mematikan autoplay video untuk semua website di Edge. Untuk lebih jelas, silahkan Anda simak selengkapnya di bawah ini:

  • Silahkan buka jendela browser Microsoft Edge di komputer Anda.
  • Selanjutnya, silahkan Anda buka halaman website yang ingin Anda disable fitur autoplay video-nya tersebut. Tapi, kalau Anda ternyata mengaktifkan fitur blokir untuk autoplay video semua situs, dan ingin mengaktifkan fitur autoplay pada situs tertentu juga bisa menggunakan cara ini.
  • Pada kolom url browser Microsoft Edge tersebut, terdapat tanda atau ikon gembok pada bagian kiri alamat website. Silahkan Anda klik ikon gembok tersebut, lalu lihat pada opsi Media Autoplay.

  • Di bagian tersebut terdapat menu drop-down yang menampilkan opsi Allow, Limit dan Block. Kalau fitur autoplay dalam kondisi Block, maka silahkan Anda pilih Allow. Tapi, kalau kalau fitur autoplay dalam kondisi Allow, silahkan Anda Block.

Penutup

Nah, seperti itulah langkah-langkah mudah untuk mengaktifkan atau menon-aktifkan fitur autoplay video untuk website tertentu pada browser Microsoft Edge yang ada di Windows 10. Bagi Anda yang memang memiliki website sendiri dengan konten video di dalamnya, tentunya cara ini cukup berguna. Di mana Anda bisa memfokuskan autoplay video tersebut hanya untuk website Anda sendiri pada komputer kantor atau rumah Anda.

Nah, kalau ternyata Anda melakukan hal yang sama untuk beberapa website lainnya, maka Anda cukup mengikuti langkah-langkah di atas.

Selamat mencoba!

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY