Baru-baru ini Microsoft kembali mengeluarkan update Oktober untuk Windows 10 v1809. Beberapa update tersebut mendapatkan penambahan fitur yang cukup menarik pada Windows 10, yang salah satunya itu ada pada Microsoft Edge. Microsoft Edge ini adalah browser Windows 10 yang menjadi pengganti dari Internet Explorer pada versi Windows sebelumnya.

Fitur terbaru yang ditambahkan pada Microsoft Edge di Windows 10 ini adalah Autoplay Video saat membuka sebuah situs yang terdapat konten videonya. Fitur tersebut sebenarnya dilengkapi dengan disable dan enable autoplay, namun secara default fitur autoplay tersebut akan langsung aktif. Sehingga, bagi Anda yang memang cukup terganggu dengan autoplay video tersebut tentunya ingin mematikan (disable) fitur tersebut.

Cara mematikan autoplay video di Microsoft Edge Windows 10

Saat ini, video pada konten internet memang lebih banyak diminati dari pada cuma sekedar artikel dan gambar saja. Hal ini tentunya membuat para pemiliki website pun menambahkan beberapa video pada setiap artikelnya, entah itu video yang langsung dari server hostingnya atau pun cuma embed dari platform video streaming lainnya. Saat Anda membuka konten atau artikel tersebut menggunakan Microsoft Edge di Windows 10, maka video yang ada di dalam konten tersebut akan secara otomatis jalan.

Nah, bagi Anda yang memang merasa terganggu dengan adanya fitur tersebut, apalagi kalau kuota internet yang Anda gunakan memang sangat terbatas, tentunya Anda ingin mematikan fitur autoplay video tersebut. Di bawah ini Saya akan memberikan Anda beberapa langkah untuk mematikan fitur autoplay video di Microsoft Edge Windows 10 tersebut.

  • Silahkan Anda buka browser Microsoft Edge pada komputer Anda.
  • Selanjutnya, silahkan Anda klik pada ikon tiga titik (Elips) yang ada pada sudut kanan atas halaman Microsoft Edge, atau Anda bisa juga menekan tombol ALT + X pada keyboard sebagai shortcut untuk membuka menu Edge tersebut.
  • Kemudian, Anda pilih pada opsi Settings dari menu yang muncul.
  • Di menu Settings tersebut, silahkan Anda klik pada opsi Advanced.
  • Di sini Anda akan melihat opsi yang terkait dengan Media Autoplay.
  • Klik pada kotak drop-down untuk membuka opsi Allow, Limit, atau Block.
  • Nah, untuk mematikan (non-aktifkan) fitur autoplay video di browser Microsoft Edge untuk semua situs tersebut, silahkan Anda pilih opsi Block.

Penutup

Kini browser Microsoft Edge pada komputer Windows 10 Anda tidak akan lagi bisa memutar secara otomatis video yang ada pada semua website, tanpa terkecuali. Akan tetapi, beberapa website mungkin saja masih akan menjalankan autoplay video tersebut secara otomatis, karena memiliki fitur untuk disable pengaturan terhadap browser yang digunakan. Akan tetapi, dengan cara di atas tentunya bisa sedikit menghemat penggunaan kuota internet Anda.

Selamat mencoba!

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY