Untuk Anda para pengguna sistem operasi Windows 10, maka Anda akan diperkenalkan dengan sebuah browser terbaru bawaannya yang bernama Microsoft Edge. Browser bawaan dari Microsoft ini menjadi pengganti dari Internet Explorer yang dulunya sangat terkenal pada versi sistem operasi Windows sebelumnya.

Untuk urusan tampilan dan fitur memang ada peningkatan yang cukup signifikan dibandingkan dengan Internet Explorer. Tapi, karena ini adalah browser terbaru, tentunya Anda membutuhkan beberapa trik untuk bisa menggunakan dengan baik. Salah satu trik yang akan Saya berikan di sini adalah menyimpan (Bookmark) semua tab yang terbuka secara bersamaan.

Bookmark tab di Microsoft Edge

Saat Anda membuka sebuah website seperti Segiempat.com ini, dan ternyata ada begitu banyak yang sedang Anda buka, tapi belum sempat membaca semua artikel-artikel terupdate di dalamnya, maka cara yang paling tepat untuk dilakukan adalah dengan melakukan Bookmark. Bagi Anda pengguna Microsoft Edge, maka ada dua cara yang bisa Anda lakukan untuk menyimpan atau bookmark tab tersebut.

Cara menyimpan semua tab di Edge sebagai Bookmark

Untuk mengetahui seperti apa dua cara tersebut, maak Anda bisa mengikutinya di bawah ini.

  1. Menyimpan tab yang sedang terbuka

Cara ini adalah cara biasa yang dilakukan untuk menyimpan tab yang sesuai dengan pilihan Anda. Sehingga, Anda tidak perlu lagi bingun membuka satu-persatu tab mana yang sudah Anda baca dan belum. Caraya pun sangatlah mudah, cukup dengan mengklik ikon bintang dengan label “Add to favorites or reading files”.

Dengan menggunakan cara ini, maka Anda bisa dengan mudah memilih tab yang ingin Anda simpan. Anda pun menyimpan halaman tersebut pada folder khusus yang sudah Anda siapkan. Untuk melihat isi dari Bookmark Anda tersebut, maka cukup menekan tombol Ctrl + I pada keyboard. Selanjutnya, silahkan Anda klik folder yang Anda gunakan untuk menyimpan semua Bookmark tersebut.

  1. Menyimpan semua tab Aside Feature di Bookmark

Pada Microsoft Edge ini juga terdapat fitur yang Set Tabs Aside yang bisa mempermudah Anda untuk membuka halaman yang sudah Anda buka sebelumnya (restore tabs). Fitur ini hanya muncul pada sistem operasi Windows 10 yang terupdate ya!

Silahkan Anda klik pada bagian kiri kolom url yang berlabel “Set these tabs aside” dengan ikon halaman bertanda panah kiri. Pada bagian sebelah Restore tab, silahkan Anda klik tiga titik vertikal, lalu pilih Add tabs to favorites.

Cara ini akan menambahkan sebuah folder dengan tanggal saat itu juga. Cara ini akan mempermudah untuk menyimpan semua tab yang sedang terbuka secara bersamaan. Di samping itu pula, featured image dari url yang Anda simpan tersebut akan ditampilkan, sehingga Anda nantinya akan lebih mudah memilih url yang ingin Anda buka.

Cara kedua ini memang lebih praktis untuk melakukan bookmark halaman. Akan tetapi, kalau Anda sedang terburu-buru, maka cara pertama bisa Anda gunakan.

Akhir kata

Itulah cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk melakukan bookmark menggunakan Microsoft Edge di Windows 10. Kalau Anda memiliki cara lain atau pertanyaan seputar artikel tersebut, maka silahkan Anda tuliskan pada kolom komentar di bawah.

Semoga membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY