Semakin mudahnya ketersediaan akses layanan internet di jaman ini, tentunya akan memudah kita juga untuk membuka berbagai macam situs (website). Di dunia internet sendiri, ada berbagai macam situs yang memiliki konten berbeda-beda, mulai dari informasi kesehatan, teknologi, berita dunia, unik, bahkan hingga konten dewasa.

Nah, bagi Anda yang ingin menghindarkan si kecil dari konten-konten yang tidak layak (dewasa), maka Anda bisa memblokir situs tersebut dari browser Google Chrome yang umum digunakan, dengan cara sebagai berikut.

Cara pertama: Install ekstensi

Untuk Google Chrome sendiri, memang belum diberikan fitur bawaan untuk bisa memblokir situs tertentu. Untuk itu, Anda perlu menginstall ekstensi tambahan dari pihak ketiga, yang bernama Block Site, dan berikut cara penggunaannya:

  • Silahkan Anda install terlebih dulu ekstensi Block Site tersebut di komputer Anda, dengan mencarinya pada halaman pencarian Google. Jika sudah terinstall, maka Anda bisa langsung membuka satu website yang ingin Anda blokir dari Chrome, dengan mengklik kanan pada halaman website tersebut dan pilih opsi Block this site.

  • Setelah selesai, coba Anda reload atau membuka kembali situs tersebut, maka akan muncul pesan kalau situs ini sudah diblokir.

Add on Block Site ini pun dilengkapi dengan beberapa pengaturan tambahan, misalnya pada menu utamanya itu terdapat 3 menu yang bisa Anda konfigurasi, seperti:

  • Site list: Untuk bisa melihat situs apa saja yang sudah Anda blokir, di mana Anda bisa membuka blokir atau menambahkan lagi daftar situs yang ingin diblokir.
  • Adult Control: Fitur ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki anak di rumah dan sering menggunakan komputer, agar tidak membuka konten dewasa dengan memblokir setiap link yang mengandung konten atau kata tertentu yang mengarah ke hal-hal dewasa.
  • Settings: Pada menu ini sendiri terdapat banyak sekali pangaturan yang bisa Anda lakukan, yang salah satunya adalah durasi waktu blokir situs tersebut.

Cara kedua: Blokir melalui file Host Windows

Cara ini sebenarnya termasuk cara yang sudah sangat lama, apalagi untuk Anda yang memang sudah expert atau suka mengutak-atik Windows. File host memang merupakan salah satu opsi pada Windows yang bisa Anda edit untuk melakukan pemblokiran terhadap link atau alamat situs (IP) tertentu. Hebatnya lagi, efek dari penggunaan file host untuk memblokir suatu website ini tidak hanya pada satu browser saja, tapi untuk semua browser atau pun aplikasi yang bisa mengakses internet di komputer Anda.

Untuk cara kedua ini, sudah pernah kami tuliskan artikelnya yang berjudul “cara memblokir situs di komputer melalui file host“.

Penutup

Nah, itulah 2 cara yang bisa Anda gunakan untuk memblokir situs atau pun konten lainnya yang tidak wajar dari komputer Windows Anda, khususnya pengguna Google Chrome.

Selamat mencoba!

Loading...

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY